Mengikuti Kursus Bahasa Inggris, Ini 4 Pertimbangannya

Kursus Bahasa Inggris

Mempelajari dan menguasai bahasa Inggris adalah salah satu poin tambah yang bisa Anda miliki di dunia kerja. Terlebih di era global seperti sekarang ini, dimana Anda bisa mendapatkan kesempatan kerja di berbagai belahan dunia, maka menguasai bahasa Inggris nampaknya harus dilakukan demi menunjang kelancaran bekerja. Anda bisa mencoba ikut dalam kursus bahasa Inggris untuk mengasah kemampuan ini.

Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Kursus tidak hanya diperuntukkan bagi anak-anak saja namun juga orang dewasa. Terlebih kursus kemampuan seperti bahasa, banyak diminati oleh golongan pekerja guna meningkatkan value diri dan membuka kesempatan baru yang lebih baik.

Namun demikian, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa pertimbangan berikut ini sebelum memutuskan akan turut dalam kursus bahasa Inggris.

Seberapa Jauh Kemampuan Saat Ini?

Untitled design1098 - Mengikuti Kursus Bahasa Inggris, Ini 4 Pertimbangannya

Hal pertama yang mungkin harus dilakukan sebelum mengikuti kursus bahasa Inggris adalah memastikan sejauh mana kemampuan Anda saat ini. Biasanya ketika Anda datang ke tempat kursus bahasa, akan diadakan tes screening guna mengetahui seberapa kemampuan bahasa yang Anda punya. Baru setelah hasilnya keluar Anda akan diberikan pilihan kelas yang sesuai dengan kemampuan Anda.

Secara umum, lembaga pendidikan atau kursus bahasa Inggris akan membagi level kemampuan menjadi 9, mulai dari 1 atau beginner, hingga 9 atau very advanced. Tak perlu malu ketika hasil tes keluar menunjukkan kemampuan Anda masih tidak tinggi, karena itulah tujuan dari kursus, meningkatkan kemampuan bahasa Inggris yang Anda miliki.

Speaking, Writing, Reading, dan Listening

Untitled design1097 - Mengikuti Kursus Bahasa Inggris, Ini 4 Pertimbangannya

Setelah mengetahui berada di level mana kemampuan Anda saat ini, lanjutkan dengan memilih program yang akan diikuti. Kemampuan bahasa Inggris dibagi menjadi empat, seperti yang tertulis dalam sub judul di atas. Anda bisa memilih satu kelas tertentu untuk fokus mendalami kemampuan tersebut. Sah-sah saja jika Anda ingin mengambil lebih banyak kelas, namun pastikan Anda tahu konsekuensinya.

Misalnya Anda ingin meningkatkan kemampuan di bidang bercakap-cakap, Anda bisa mengambil kelas Conversation dari level terendah hingga level tertinggi. Di sini Anda akan dikhususkan belajar mengenai tata cara percakapan bahasa Inggris, etika, pemilihan kata, hingga gestur dan bahasa tubuh lain. Kemampuan ini sangat baik untuk menunjang skill presentasi Anda di depan klien atau atasan.

Waktu yang Dimiliki

Untitled design1095 - Mengikuti Kursus Bahasa Inggris, Ini 4 Pertimbangannya

Belajar sambil bekerja tentu tidak boleh melupakan pertimbangan waktu yang dimiliki. Sebagian besar waktu yang Anda miliki akan dihabiskan untuk menyelesaikan pekerjaan yang menjadi tanggung jawab. Seperti yang dibahas pada poin sebelumnya, konsekuensi ketika Anda mengambil lebih dari satu kelas maka Anda harus mengalokasikan lebih banyak waktu untuk hadir di kelas tersebut.

Apakah ini memungkinkan? Tentu keputusannya kembali pada Anda. Namun demikian satu hal yang perlu diingat, berapapun kelas yang Anda ambil pastikan Anda bisa belajar dengan optimal. Jangan hanya mengejar jumlah kelas yang diambil, namun fokus pada peningkatan kemampuan yang Anda punya. Tubuh juga memerlukan waktu istirahat agar tetap sehat dan dapat menyerap ilmu yang dipelajari.

Lakukan pertimbangan matang akan hal ini karena ini juga akan berpengaruh pada besarnya biaya yang diperlukan. Sama dengan alokasi waktu, semakin banyak kelas yang Anda ikuti akan semakin banyak pula biaya yang harus dikeluarkan. Sangat disayangkan jika Anda membayar banyak kelas dan justru hasil yang didapatkan kurang maksimal. One thing at a time, mungkin akan cocok jika diterapkan pada hal ini.

Biaya yang Diperlukan untuk Kursus Bahasa Inggris

Untitled design1096 - Mengikuti Kursus Bahasa Inggris, Ini 4 Pertimbangannya

Terakhir, adalah pertimbangan soal biaya yang harus dialokasikan untuk urusan ini. Kursus bahasa Inggris, terlebih untuk Anda yang sudah bekerja, biasanya akan relatif mahal. Penting untuk memiliki target dan merencanakan skema belajar efektif agar kelas yang Anda ikuti benar-benar memberikan dampak signifikan pada kemampuan berbahasa Inggris yang Anda miliki.

Alokasi uang yang diperlukan tidak boleh disepelekan karena akan berpengaruh langsung pada kondisi keuangan Anda secara umum. Pastikan program yang Anda ikuti di kursus bahasa Inggris memberikan value yang sebanding dengan biayanya. Jangan sampai Anda melakukan pemborosan dengan mengikuti banyak kelas dan menyia-nyiakannya.

Baca Juga : Miliki Sertifikat TOEIC untuk Bekerja dan Kuliah di Luar Negeri

Konsistensi dan perencanaan yang matang akan jadi kunci sukses Anda ketika belajar bahasa Inggris di tempat kursus. Tanpa mengesampingkan niat dan persistensi, dua hal yang pertama disebutkan benar-benar diperlukan agar hal apapun yang Anda lakukan membawa hasil seperti yang diharapkan.

Mengikuti kursus bahasa Inggris untuk meningkatkan kualitas diri adalah hal yang baik dan bisa membawa keuntungan dalam jangka panjang. Dari segi karir maupun peningkatan nilai diri, hal ini benar-benar baik karena kemampuan berbahasa adalah satu kemampuan yang permanen dimiliki seseorang. Tentu, untuk Anda yang tengah bekerja di luar negeri, jangan lupa bahwa ada keluarga di Indonesia yang senantiasa menunggu kiriman bulanan. Untuk melancarkan urusan ini, Anda bisa menggunakan layanan Qelola. Layanan remitansi yang satu ini benar-benar bisa membantu mengirimkan uang dengan cepat, murah, dan efektif. Unduh aplikasinya di sini!

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,