6 Universiti Swasta di Malaysia Terbaik dan Terkini

universiti swasta di Malaysia

Malaysia sebagai salah satu negara yang mengalami perkembangan pesat di Kawasan Asia Tenggara memiliki daya tarik tersendiri sebagai tempat untuk mengakses pendidikan tinggi di tingkat universitas. Berbagai macam program studi dan jenjang pendidikan dari universitas swasta dapat kamu temukan di Malaysia. Apakah kamu salah satu calon mahasiswa yang tertarik kuliah di universiti swasta di Malaysia? Jika iya, maka kamu harus menyimak artikel kali ini. Berikut adalah beberapa referensi universiti swasta terkemuka di Malaysia yang direkomendasikan.

1.       University of Wollongong

University of Wollongong adalah salah satu universitas terkenal dari Australia dengan menempati ranking 193 di QS Ranking 2022. Kampus ini juga membuka cabang di Malaysia. University of Wollongong (UOW) Malaysia terletak di wilayah Shah Alam dan Penang. UOW adalah universitas swasta pertama di Malaysia sehingga menjadikannya sebagai pionir dalam dunia perguruan tinggi swasta di sana. UOW Malaysia telah terkenal di dunia internasional sebagai kampus dengan sarana pendidikan modern yang mumpuni dan kredibel. Memiliki berbagai macam program jurusan mulai dari sarjana hingga pasca sarjana yang telah terjamin kualitasnya harus kamu pertimbangkan. Beberapa program yang menjadi unggulan University of Wollongong adalah Media & Communication, Bisnis, dan Hospitality Management.

2.       Heriot-Watt University

Heriot-Watt University adalah salah satu dari universitas terkemuka dari Inggris yang menempati posisi 270 di QS Ranking 2022. Memiliki sejarah yang panjang, Heriot-Watt University telah berdiri semenjak tahun 1821. Heriot-Watt memiliki lima kampus di seluruh dunia, di mana salah satu kampus tersebut berada di Putrajaya, Malaysia. Dengan total mahasiswa mencapai 27.000 orang dan lebih dari 100 instansi sebagai mitra di seluruh dunia, Heriot-Watt University memiliki integritas di dunia industri. Hal tersebut dibuktikan dengan fakta bahwa 90% dari lulusan Heriot-Watt mendapatkan pekerjaan penuh waktu dalam tempo 6 bulan setelah lulus. Tidak berhenti hanya di situ, Heriot-Watt University juga menawarkan beasiswa untuk mahasiswa mulai dari penanggungan biaya pendidikan sebesar 35% hingga bebas 100%.

3.       Taylor’s University

Taylor’s University juga merupakan salah satu kampus ternama di Negeri Jiran. Saat ini Taylor’s University menempati urutan nomor 8 sebagai universitas terbaik di Malaysia dan berada di ranking 332 untuk QS ranking 2022. Terletak di Negara bagian Selangor, Taylor’s University didukung dengan segenap fasilitas yang memadai dan modern. Universitas swasta yang telah berdiri semenjak tahun 2006 ini telah berhasil membuktikan kualitasnya dengan nilai tawar alumni terhadap dunia kerja yang menempati urutan keempat di Asia dalam hal employability. Kampus ini menyediakan program pendidikan mulai dari sarjana hingga pascasarjana. Taylor’s University menawarkan beberapa jurusan yang menjadi unggulan, seperti Perhotelan, Kedokteran, Ilmu Komputer, Arsitektur-Interior, dan Seni Kuliner.

setelah lulus kuliah - 6 Universiti Swasta di Malaysia Terbaik dan Terkini

4.       Multimedia University

Multimedia University adalah salah satu universitas swasta di Malaysia yang juga terkenal akan employability yang dimilikinya. Berada di posisi 12 untuk tingkat nasional. Multimedia University tidak hanya sebatas menyediakan pendidikan berbasis pada dunia ilmu komputer dan sistem informasi saja, namun juga memiliki beberapa jurusan lain yang tidak kalah bagusnya seperti Seni Sinematik, Desain Multimedia, Keamanan Teknologi, dan Bioinformatika. Kampus yang dibuka oleh Multimedia University berjumlah tiga cabang, yaitu di Melaka, Selangor, dan Johor. Untuk menjamin kualitas mahasiswanya agar matang dan siap untuk terjun di dunia kerja, beberapa fakultas di kampus ini tidak menggunakan ujian sebagai penentu kelulusan, namun digantikan dengan modul pembelajaran yang berfokus pada pemahaman dalam ranah praktis.

5.       Sunway University

Sunway University memiliki rating bintang empat dari QS Stars Rating System, menjadikannya salah satu universitas swasta teratas di Malaysia. Memiliki kampus yang terletak di Selangor, Johor Bahru, Ipoh, dan Kuching, Sunway University terkenal atas profesionalitasnya dalam ilmu akuntansi dan actuarial courses, manajemen bisnis, ekonomi finansial, studi bisnis internasional, dan pemasaran. Program yang ditawarkan mulai dari pendidikan sarjana hingga pendidikan pascasarjana tersedia dengan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi.  Berdiri semenjak tahun 1987, semua program studi yang ditawarkan oleh Sunway University telah memenuhi standar akreditasi sesuai dengan sistem kualitas dan regulasi di Malaysia.

6.       INTI University

Inti adalah salah satu universitas swasta terkemuka di Malaysia yang memiliki kemitraan dengan berbagai stakeholder di seluruh penjuru dunia guna menunjang proses pendidikannya. Kemitraan jangka panjang yang telah terjalin yaitu dengan berbagai universitas di Inggris, Amerika Serikat, dan Australia. Hal ini menjadi faktor utama banyaknya calon mahasiswa yang ingin mengenyam pendidikan di INTI University. Universitas ini memiliki program unggulan diantaranya di bidang bisnis, teknologi informasi, ilmu komputer, dan media masa. Di samping itu, masih ada program-program lain yang dapat dijadikan alternatif seperti seni kreatif, desain, kesehatan, farmasi, dan travel yang tentu saja memiliki kualitas yang terjamin dan siap untuk terjun di dunia kerja profesional.

Demikian beberapa universiti swasta di Malaysia yang dapat Kamu jadikan referensi untuk menempuh jenjang pendidikan lanjutan sebagai batu pijakan dalam dunia karir yang Kamu bangun di masa mendatang. Untuk mendukung semua aktivitas kamu selama kuliah di Malaysia, gunakanlah aplikasi Qelola. Selain mudah menerima uang dari Indonesia, kamu juga akan lebih mudah mengakses fasilitas pendukung pembelajaran. Salah satunya adalah fitur membeli pulsa selama di Malaysia. Download aplikasi Qelola dengan mengunjungi link ini.

Tags: , , , ,