Mengenal Pentingnya Konsulat Indonesia dan Lokasinya di Malaysia

Konsulat Indonesia

Konsulat Indonesia turut hadir di negara Malaysia. Sedangkan konsulat ini lebih kecil dibandingkan kedutaan. Selain itu, tugas dari konsulat juga tidak sebanyak kedutaan. Berbagai kegiatan dalam hubungan antarnegara dan antarbangsa merupakan hubungan diplomasi. Hubungan diplomasi adalah usaha memelihara hubungan antaranegara. Itulah mengapa ada Konsulat Indonesia dan Kedutaan RI di berbagai negara.

Diplomasi secara formal dilakukan oleh korps perwakilan diplomatik ataupun korps perwakilan konsuler. Adapun korps perwakilan diplomatik dipimpin oleh seorang Duta Besar dan perwakilan konsuler dipimpin oleh seorang Konsul Jenderal. Konsulat merupakan kantor diplomatik dari suatu negara lain. Biasanya kantor konsulat terletak di kota-kota besar.

Dilansir dari laman resmi Kementerian Luar Negeri RI, Pemerintah Indonesia saat ini telah memiliki sebanyak 132 perwakilan yang terdiri dari 95 Kedutaan Besar, 3 Perutusan Tetap untuk PBB di New York dan Jenewa. Adapula Perutusan Tetap untuk ASEAN di Jakarta. 30 Konsulat Jenderal dan 4 Konsulat Republik Indonesia. Indonesia juga telah mengangkat 64 Konsul kehormatan.

Tugas Umum

Apabila tidak ada kedutaan besar maka kantor konsulat berada di ibu kota negara. Kedutaan lebih besar dan tugasnya lebih penting daripada konsulat. Kedutaan ini merupakan salah satu misi diplomatik permanen dan berada di ibu kota negara. Pada dasarnya, tugas konsulat  hampir sama dengan kedutaan. Hanya saja area kerja Konsulat Indonesia hanya pada penanganan hubungan konsuler atau hubungan antarmanusia dan hubungan ekonomi.

Konsulat tidak termasuk menjalankan tugas hubungan politik. Salah satunya ada konsulat Indonesia di Malaysia yang akan membantu keperluan Warga Negara Indonesia (WNI) di Malaysia. Tugas umumnya mengurus migran, turis, ekspatriat, membantu hubungan perdagangan dan lainnya. Pada artikel ini akan dibahas tentang fungsi penting Konsulat Indonesia yang berada di Malaysia.

Konsulat Indonesia di Malaysia

Perwakilan Indonesia di luar negeri tidak hanya sekadar urusan negara saja. Namun, WNI termasuk Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau Tenaga Kerja Indonesia (TKI) penting mengetahui Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI), Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) dan Konsulat Republik Indonesia (KRI) yang berada di suatu negara.

Bagi WNI yang tinggal di luar negeri contohnya Malaysia, mereka mungkin saja mengalami suatu kendala seperti izin tinggal, mengurus surat, dan lainnya. Selain itu, dalam perjalanan di luar negeri bisa saja mengalami kemalangan yang tidak terduga seperti kesulitan di imigrasi, kehilangan barang berharga, konflik, kecelakaan, bencana alam atau masalah lainnya. WNI yang berada di luar negeri bisa mendapatkan bantuan dari perwakilan Indonesia di berbagai negara tersebut baik KBRI atau KJRI.

Perwakilan RI di suatu negara merupakan garda depan Indonesia yang bertugas untuk memperjuangkan kepentingan WNI serta melindungi mereka. Tidak hanya pada negara penerima tetapi juga dapat diperjuangkan pada organisasi internasional. Intinya, perwakilan RI baik KBRI, KJRI, KRI adalah kantor cabang Indonesia yang tersebar di berbagai negara.

Kantor perwakilan RI itu menjadi tempat bekerjanya para diplomat Indonesia dalam menjalankan misi di luar negeri. Berikut adalah daftar Konsulat Indonesia yang berada di Malaysia. Jika PMI atau TKI mengalami sesuatu dapat menghubungi kontak yang tersedia.

konsulat indonesia di malaysia 700x466 - Mengenal Pentingnya Konsulat Indonesia dan Lokasinya di Malaysia

Sumber: nkriku.com

  • Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Kuching, Sarawak, Malaysia

Consul General : Yonny Tri Prayitno

Alamat : No. 21, Lot 16557, Block 11, MTLD, Jalan Stutong, 93350, Kuching, Sarawak, Malaysia

Telepon : (+60-82) 460734 / 461734

Fax : (+60-82) 456734

Email : kuching.kjri@kemlu.go.id​

Website : https://kemlu.go.id/kuching/id​

  • Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Penang

Consul General : Bambang Suharto

Alamat : 467, Jalan Burma, Pulau Pinang 10350, Malaysia (P.O.BOX 502)

Telepon : (604) 226-7412 / 227-4686

Fax : –

Email : penang.kjri@kemlu.go.id

Website : https://kemlu.go.id/penang/id​

  • Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Johor Bahru

Consul General : Sunarko

Alamat : No.46, Jl. Taat, Off Jalan Tun Abdul Razak 80100 Johor Bahru, Malaysia

Telepon: (+60 7) 2274188 / 2213241

Fax : (+60 7) 2213246 / 2274288

Email : johorbahru.kjri@kemlu.go.id

Website : https://kemlu.go.id/johorbahru/id​

  • Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Kota Kinabalu, Sabah

Consul General : Krishna Djelani, M. A.

Alamat : Lorong Kemajuan, Karamunsing, 88000 Kota Kinabalu, Sabah Peti Surat 11596, 88817 Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia

Telepon : (60-88) 218-600 / 219-110

Fax : (60-88) 215-170 / 253935 / 240017

Email : kotakinabalu.kjri@kemlu.go.id​

Website : https://kemlu.go.id/kotakinabalu/id​

  • Konsulat Republik Indonesia di Tawau​​

Consul General : Sulistijo Djati Ismojo, S. H., LL. M.

Alamat : TB 690-693 (LOT 5-8) Lorong Megah Jaya 10, Jalan Tiku KM 8, 91000 Tawau, Sabah-Malaysia.​​

Telepon : +60 89 752969, 772052

Fax  : +60 89 763859

Email : tawau.kri@kemlu.go.id

Website : https://kemlu.go.id/tawau/id

Demikianlah informasi tentang Konsulat Indonesia di Malaysia. Para TKI yang mengalami berbagai kesulitan atau masalah dapat menghubungi kontak yang tersedia. Contohnya jika ada masalah soal izin tinggal, izin kerja, dan lainnya.

Sementara itu, soal urusan traksaksi keuangan di Malaysia para TKI dapat mengandalkan aplikasi Qelola. Aplikasi ini merupakan e-wallet yang memudahkan transaksi keuangan seperti membayar tagihan listrik, air, BPJS, hingga beli pulsa. TKI juga dapat mengirim uang (transfer) dengan mudah lewat aplikasi Qelola. Segera unduh aplikasi Qelola di Play Store atau klik di sini. Kamu juga bisa mendapatkan berbagai informasi tentang Wisata, TKI, Keuangan, Kesehatan serta Pendidikan di website resmi Qelola.

Tags: , , , , , ,