20 Daftar Ranking Universiti Terbaik di Malaysia

ranking universiti di malaysia

Sebagai salah satu negara tetangga Indonesia di kawasan ASEAN, Malaysia memiliki kredibilitas dalam dunia pendidikan yang tidak perlu diragukan lagi. Malaysia memiliki banyak universitas dengan level yang tidak kalah dengan negara-negara berkembang lainnya di seluruh penjuru dunia. Berikut adalah 20 daftar ranking universiti di Malaysia berdasarkan QS ranking 2022. Pastikan kamu memilih kampus yang terbaik untuk kamu.

1.       Universiti Malaya

Universiti Malaya (UM) adalah universitas terbaik di Malaysia, dan menduduki ranking 65 di kancah global. Universiti Malaya adalah universitas tertua di Malaysia yang telah berdiri semenjak tahun 1949. Terletak di Kuala Lumpur, Universiti Malaya telah menjadi incaran mahasiswa dari pelbagai penjuru dunia, khususnya untuk program pascasarjana yang ditawarkan.

2.       Universiti Putra Malaysia

Universiti Putra Malaysia menempati posisi kedua di tingkat nasional dan 143 untuk tingkat global. Berawal sebagai universitas pertanian, UPM berfokus dalam hal penelitian dan pendidikan dalam bidang pertanian dan kehutanan. Namun lambat laun universitas ini berkembang menjadi institusi pendidikan yang komprehensif dalam berbagai bidang keilmuan.

3.       Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM)

Salah satu universitas negeri yang terkenal dari Malaysia adalah Universiti Kebangsaan Malaysia. Saat ini universitas tersebut menempati ranking 3 di tingkat nasional dan 144 untuk tingkat internasional. Memiliki kampus utama di Kuala Lumpur, universitas ini menawarkan berbagai macam program studi unggulan mulai dari jenjang sarjana dan pascasarjana.

4.       Universiti Sains Malaysia (USM)

Berada di urutan 147 di tingkat internasional, Universiti Sains Malaysia (USM) adalah salah satu universitas terbaik di Malaysia. USM memiliki kampus utama yang terletak di Georgetown, Penang dengan dua kampus tambahan yang berfokus pada ilmu teknik dan kesehatan di wilayah barat dan timur semenanjung Malaka.

5.       Universiti Teknologi Malaysia

Universiti Teknologi Malaysia adalah universitas yang berfokus pada bidang ilmu teknik yang saat ini menduduki ranking 191 di tingkat internasional. Universiti Teknologi Malaysia memiliki dua kampus utama yang terletak di di Kuala Lumpur dan Johor Bahru. Universitas ini menawarkan program pendidikan mulai dari jenjang sarjana hingga pascasarjana pada bidang ilmu spesifikasi teknik dan teknologi.

6.       Taylor’s University

Taylor’s University adalah salah satu kampus ternama di Malaysia. Saat ini Taylor’s University menempati ranking 332 untuk QS ranking 2022. Terletak di Negara bagian Selangor, Taylor’s University menawarkan beberapa jurusan yang menjadi unggulan, seperti Perhotelan, Kedokteran, Ilmu Komputer, Arsitektur-Interior, dan Seni Kuliner.

7.       UCSI University

UCSI University adalah universitas yang terletak di Kuala Lumpur, Terengganu, dan Serawak yang berfokus dalam bidang perobatan, farmasi, keperawatan, teknik, arsitektur, musik, multimedia, dan pendidikan. Saat ini UCSI University menempati ranking 7 untuk tingkat nasional Malaysia dan ranking 347 di tingkat internasional bersaing dengan segenap universitas lainnya dari seluruh penjuru dunia.

8.       Universiti Teknologi PETRONAS (UTP)

Universiti Teknologi Petronas atau UTP adalah universitas terkemuka di Malaysia dengan ranking 414 di tingkat internasional. UTP telah berdiri semenjak tahun 1997 yang merupakan institusi di bawah naungan PETRONAS, perusahaan pengolahan minyak dan gas milik Malaysia. Berfokus pada bidang ilmu perindustrian, UTP memiliki program- program unggulan di bidang teknik, ilmu alam, dan teknologi untuk semua jenjang pendidikan yang tersedia.

9.       Universiti Utara Malaysia

Universiti Utara Malaysia berlokasi di Sintok, Kedah, Malaysia. Berdiri semenjak tahun 1984, Universiti Utara Malaysia menduduki peringkat 511-520 di tingkat global. Semenjak berdiri, Universiti Utara Malaysia adalah berfokus dalam bidang ilmu manajemen. UUM menyediakan berbagai macam program unggulan di berbagai jenjang pendidikan yang tidak perlu lagi dipertanyakan kualitasnya.

10.   Management and Science University

Management and Science University berada di urutan kesepuluh untuk tingkat nasional di Malaysia dan berada di urutan 551-560 untuk tingkat internasional. MSU sebagai salah satu universitas tersohor di Malaysia telah berhasil menorehkan prestasi untuk membuktikan kualitas dan kredibilitasnya dengan mendapatkan gelar ‘Excellent State University’ di sistem penilaian universitas nasional Malaysia sebanyak dua kali.

kuliah 1 - 20 Daftar Ranking Universiti Terbaik di Malaysia

11.   International Islamic University Malaysia (IIUM)

International Islamic University Malaysia terletak di negara bagian Selangor. Berdiri semenjak tahun 1983, IIUM universitas yang berkamuskan syariat islam dalam setiap aspek pendidikannya. IIUM memiliki 14 fakultas yang menawarkan pelbagai macam program pendidikan mulai dari jenjang sarjana hingga doktor. International Islamic University Malaysia saat ini menempati ranking 601-650 di tingkat internasional.

12.   Universiti Teknologi MARA (UiTM)

Universiti Teknologi MARA berdiri semenjak tahun 1956 dan saat ini menempati posisi 651-700 di tingkat internasional. Berlokasi di Shah Alam, Malaysia, UiTM berfokus dalam bidang ilmu alam dan teknologi, bisnis dan manajemen, serta ilmu pengetahuan sosial dan humaniora. Jenjang pendidikan yang ditawarkan mulai dari sarjana hingga jenjang doktor.

13.   Sunway University

Sunway University memiliki ranking 13 di tingkat nasional dari QS ranking 2022, menjadikannya salah satu universitas swasta teratas di Malaysia. Memiliki kampus yang terletak di Selangor, Johor Bahru, Ipoh, dan Kucing, Sunway University terkenal atas profesionalitasnya dalam ilmu akuntansi dan actuarial courses, manajemen bisnis, ekonomi finansial, studi bisnis internasional, dan pemasaran.

14.   Universiti Tenaga Nasional (UNITEN)

Universiti Tenaga Nasional adalah salah satu universitas swasta pertama yang berdiri di Malaysia pada tahun 1976. Universitas yang dimiliki oleh perusahaan Tenaga Nasional Berhad ini kini menempati ranking 701-750 di tingkat internasional. UNITEN berfokus dalam program pendidikan di ranah teknik, teknologi informasi, dan bisnis dengan dua kampus utama yang terletak di Putrajaya dan Muadzam Shah.

15.   Universiti Malaysia Pahang

Universiti Malaysia Pahang didirikan oleh pemerintah Malaysia pada tahun 2002 dengan fokus utama sebagai universitas teknik dan teknologi. UMP terletak di sebelah timur negara bagian Pahang, saat ini menduduki ranking 751-800 di kancah dunia pendidikan internasional. UMP menawarkan berbagai macam program pendidikan di ranah bidang teknik dan teknologi yang menghasilkan sumber daya manusia kompeten dan terampil.

16.   Multimedia University (MMU)

Multimedia University menempati ranking 801-1.000 dalam skala internasional. Hal tersebut tercapai dengan 20 tahun pengalaman dalam dunia pendidikan sektor teknik, listrik, elektronik, bisnis, managemen, dan ilmu komputer dengan beragam inovasinya. MMU adalah satu dari tujuh universitas yang telah berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Premier Digital Tech University yang diberikan oleh Kementerian MDEC.

17.   Universiti Malaysia Sarawak (UNIMAS)

Universitas Malaysia Sarawak terletak di kota Samarahan, Serawak, Malaysia. UNIMAS menempati ranking 801-1.000 di tingkat internasional serta mendapat penghargaan prestisius dari HSBC Singapura, yaitu Internasional Foundation of Science. UNIMAS dengan segenap prestasi dan pencapaiannya menawarkan program pendidikan yang kompetitif dan kompeten guna mencetak lulusan yang terampil dan siap terjun dalam dunia kerja.

18.   Universiti Tunku Abdul Rahman (UTAR)

Didirikan pada tahun 2002, Universiti Tunku Abdul Rahman memiliki 2 kampus yang berada di Perak dan Selangor. Saat ini UTAR menempati ranking 801-1.000 di level internasional. UTAR memiliki 74 program sarjana, 31 program pascasarjana, dan 12 doktoral program yang tentu saja memiliki kredibilitas dan kualitas yang tak perlu dipertanyakan lagi.

19.   Universiti Malaysia Perlis

Universiti Malaysia Perlis adalah universitas negeri milik Malaysia yang telah berdiri semenjak tahun 2001. UMP berhasil menduduki posisi 19 di tingkat nasional Malaysia dan berada di ranking 801-1.000 untuk level global. Bertempat di Perlis, Malaysia, Universiti Malaysia Perlis berfokus pada bidang teknik, teknologi, dan bisnis.

20.   Universiti Malaysia Sabah

Universitas negeri terakhir di daftar ini adalah Universiti Malaysia Sabah yang berlokasi di Kota Kinabalu, Sabah. Universiti Malaysia Sabah berdiri semenjak tahun 1994 dengan berfokus dalam bidang sains dan teknologi, teknik dan teknologi informasi, kehutanan, ilmu pangan dan nutrisi, bisnis dan ekonomi, ilmu sosial, dan psikologi. Universiti Malaysia Sabah saat ini menempati ranking 801-1.000 di tingkat internasional.

Demikian daftar 20 ranking universiti di Malaysia yang terbaik dengan beragam program pendidikan di berbagai jenjang yang dapat kamu jadikan referensi dalam menentukan tempat untuk menimba ilmu. Untuk mendukung semua aktivitas kamu selama kuliah di Malaysia, gunakanlah aplikasi Qelola. Selain mudah menerima uang dari Indonesia, kamu juga akan lebih mudah mengakses fasilitas pendukung pembelajaran. Salah satunya adalah fitur membeli pulsa selama di Malaysia. Download aplikasi Qelola dengan mengunjungi link ini.

Tags: , , , ,