Memilih Jurusan Kuliah di Malaysia Tanpa Ribet, Ini Tipsnya!

memilih jurusan kuliah malaysia

Memilih adalah suatu proses yang membuat banyak orang akhirnya muncul keraguan dan tidak percaya diri. Salah satu yang membuat kamu merasakan hal tersebut adalah ketika proses memilih jurusan kuliah. Menempuh pendidikan perguruan tinggi memang tidak sembarangan pilih. Hal ini karena menjadi gerbang bagaimana masa depanmu nanti. Ada banyak faktor mengapa kamu memilih jurusan kuliah tertentu.

Salah satu yang menjadi faktor adalah keinginan orang tua kamu. Kamu biasanya akan mendengar banyak hal terkait harapan orang tua untuk masa depanmu. Tapi, kamu sendiri saat ini masih bingung akan mengambil pilihan jurusan apa? Terlebih jika kamu ingin melanjutkan pendidikan perguruan tinggi di luar negeri. Ada banyak hal yang harus kamu persiapkan. Apa saja? Simak tips berikut!

Kenali Potensi Diri

potensi pexels 700x467 - Memilih Jurusan Kuliah di Malaysia Tanpa Ribet, Ini Tipsnya!

sumber: Pexels.com

Memilih jurusan kuliah sama halnya dengan memilih hal-hal yang kamu suka. Untuk itu, kamu harus tahu hal-hal terkait minat dan bakat yang sesuai dengan dirimu. Kamu bisa melakukan konsultasi dengan guru atau orang lain yang tahu tentang kamu. Bisa juga dengan melakukan tes minat bakat dari lembaga tertentu yang menyediakan ketika kamu benar-benar tidak mengerti. Usahakan untuk selalu memilih jurusan berdasarkan hal yang kamu suka dan kamu mampu karena kamu yang akan menjalani segala proses pendidikannya.

Riset Kampus

kampus pexels 700x467 - Memilih Jurusan Kuliah di Malaysia Tanpa Ribet, Ini Tipsnya!

sumber: Pexels.com

Persoalan memilih jurusan kuliah belum berhenti karena kamu harus memilih dan melakukan riset kampus mana yang akan kamu tuju. Lakukan riset pada kampus terkait jurusan apa saja yang mereka miliki, berapa besaran biaya, dan fasilitas apa yang kamu dapat selama menempuh pendidikan. Semakin lengkap informasi yang kamu peroleh maka semakin jelas kamu bisa memilih apa yang kamu mau. Jika kamu memilih untuk bersekolah ke luar negeri, maka kamu juga harus memperhitungkan besaran biaya selama menempuh pendidikan. Jangan lupa pula untuk melihat prestasi kampus, status akreditasi, status ranking, prestasi alumni dan lembaga yang bekerja sama dengan kampus. Hal ini penting agar kamu bisa mendapatkan fasilitas terbaik selama belajar.

Program Beasiswa

beasiswa pexels 700x467 - Memilih Jurusan Kuliah di Malaysia Tanpa Ribet, Ini Tipsnya!

sumber: Pexels.com

Bersekolah ke luar negeri tentu menjadi dambaan banyak orang tak terkecuali kamu. Namun, biaya yang tinggi untuk hidup dan bersekolah menjadi kendala banyak orang. Untuk itu, usahakan untuk bisa mencari program beasiswa yang sesuai dengan jurusan dan kampus yang kamu tuju. Beasiswa memungkinkan kamu untuk bisa mendapatkan support secara finansial yang berguna untuk membantu keadaan keuangan kamu selama berada di luar negeri. Semakin banyak beasiswa yang ada pada kampus yang kamu pilih, maka peluang kamu bersekolah disana semakin besar.

Konsultasi

konsultasi pexels 700x467 - Memilih Jurusan Kuliah di Malaysia Tanpa Ribet, Ini Tipsnya!

sumber: Pexels.com

Memilih jurusan kuliah memang menjadi hal yang perlu kamu pikirkan secara matang. Cobalah untuk melakukan diskusi atau konsultasi terkait peluang karir dari jurusan yang kamu ambil. Bisa juga bertanya terkait perkembangan jurusan, apakah masih relevan dengan kondisi zaman sekarang. Hal ini karena kamu memiliki konsekuensi pada setiap keputusan nantinya. Dengarkan pendapat orang-orang yang memiliki kapasitas tertentu agar kamu bisa mengerti sudut pandang dan pengetahuan baru. Kamu bisa bertanya pada psikolog pendidikan atau seseorang yang telah bekerja dalam bidang yang menjadi peminatanmu.

Kata Hati

kata hati pexels 700x467 - Memilih Jurusan Kuliah di Malaysia Tanpa Ribet, Ini Tipsnya!

sumber: Pexels.com

Zaman sekarang, sudah banyak informasi beredar dan mudah untuk menemukan. Jadi, pencarian informasi terkait memilih jurusan kuliah nanti bisa kamu amati hanya dari internet. Praktiknya ketika kelas berlangsung, kamu yang akan menjalani. Oleh karena itu, dengarkan kata hatimu ketika memilih jurusan kuliah nanti. Apa yang membuatmu tertarik dan senang dengan hal yang kamu pilih tersebut. Ingat, selalu ada konsekuensi pada setiap hal yang kamu pilih. Cobalah untuk mempertimbangkan banyak hal dan dari banyak sudut bagaimana prospek dan peluang kerja jurusanmu di masa mendatang.

Mengapa Malaysia?

Negara Malaysia menjadi salah satu negara tujuan pendidikan untuk jenjang S1 maupun S2. Banyak orang Indonesia memilih untuk bisa mengenyam pendidikan kesini. Ada beberapa hal alasan mengapa banyak orang akhirnya memilih untuk bersekolah dan memilih jurusan kuliah ke kampus-kampus yang ada di Malaysia, apa saja?

Universitas Berkualitas

universitas pexels 700x467 - Memilih Jurusan Kuliah di Malaysia Tanpa Ribet, Ini Tipsnya!

sumber: Pexels.com

Malaysia memiliki universitas unggulan dan masuk kedalam kategori universitas terbaik di dunia. Selain itu, akreditasi dan reputasi universitas di negara ini juga cukup baik sehingga kamu tak perlu ragu untuk melanjutkan pendidikan. Banyaknya tawaran jurusan yang ada membuat kamu bisa mengembangkan wawasan dengan program-program yang telah dirancang. Tak hanya itu, beberapa jurusan bahkan belum ada di Indonesia.

Biaya Lebih Murah

biaya pexels 1 700x467 - Memilih Jurusan Kuliah di Malaysia Tanpa Ribet, Ini Tipsnya!

sumber: Pexels.com

Bersekolah di Malaysia kamu akan merasakan biaya pendidikan dan biaya hidup yang lebih murah dibandingkan dengan negara kawasan Eropa, Australia dan Amerika. Hal ini akan lebih murah lagi ketika kamu berhasil masuk ke perguruan tinggi negeri yang ada di negara ini. Tak hanya biaya pendidikan yang lebih murah, biaya hidup juga tidak jauh berbeda dari kota-kota besar yang ada di Indonesia. Terlebih kamu yang berasal dari Jakarta dengan biaya hidup tinggi. Selain itu untuk tempat tinggal, ada beberapa perguruan tinggi di Malaysia yang memberikan layanan fasilitas asrama kampus.

Manfaatkan aplikasi Qelola untuk melakukan transaksi pembayaran selama berada di Malaysia dan kamu bisa menikmati layanan kirim uang keluar negeri tanpa tambahan biaya. Cara mendapatkannya? Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi Qelola secara gratis di Google Play Store. Setelah itu, tinggal menikmati beragam fasilitasnya yang memudahkan kebutuhan finansialmu. Kunjungi website Qelola karena informasi didalamnya terbukti akurat dan resmi untuk kebutuhanmu belajar terkait TKI, kesehatan, pendidikan, wisata, cara dan tips mengelola keuangan.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,