5 Pertimbangan dalam Memilih Jurusan Kuliah di Malaysia

Memilih Jurusan Kuliah

Mengenyam pendidikan di luar negeri masih menjadi impian banyak siswa di Indonesia. Tak perlu terlalu jauh hingga ke negeri di Eropa, nyatanya Malaysia juga memiliki banyak kampus ternama dan berkualitas. Namun demikian, ada kalanya calon mahasiswa ini kebingungan dalam memilih jurusan kuliah yang diinginkan. Dari sekian banyak pilihan, pertimbangan yang matang wajib dilakukan agar tidak salah pilih.

Dalam melakukan pertimbangan, tentu calon mahasiswa ini memerlukan bantuan orang yang lebih dewasa agar hasilnya lebih baik. Nah, untuk Anda yang tengah mendampingi calon mahasiswa yang ingin kuliah di Malaysia, Anda bisa membantu dengan beberapa hal berikut ini.

Pertama, Tentukan Universitasnya

Untitled design599 - 5 Pertimbangan dalam Memilih Jurusan Kuliah di Malaysia

Dari sekian banyak universitas dan perguruan tinggi yang ada di Malaysia, Anda bisa memberikan beberapa rekomendasi kampus yang memiliki kelebihan masing-masing. Tentu saja, hal ini dengan melihat potensi si calon mahasiswa, sehingga kampus yang dipilihnya nanti bisa benar-benar mengakomodir keinginan belajar dari calon mahasiswa tersebut.

Terdapat kampus yang menawarkan keunggulan pada bidang pengembangan dan riset ilmiah, ada juga kampus yang berfokus pada kemampuan praktis mahasiswanya, hingga kampus yang memiliki kelebihan pada relasi dan jaringan alumni. Semua memiliki kelebihan masing-masing dan bisa jadi bahan pertimbangan yang baik.

Setelah Kampus, Lanjutkan dengan Jurusan atau Peminatan

Untitled design598 - 5 Pertimbangan dalam Memilih Jurusan Kuliah di Malaysia

Penting untuk mengetahui peminatan dan jurusan apa yang diinginkan oleh calon mahasiswa. Pasalnya, setelah masuk nanti calon mahasiswa harus menjalani masa perkuliahan yang tidak sebentar, jadi harus benar-benar dipastikan agar jurusan dan peminatan yang diambil cocok dengan apa potensi yang dimiliki.

Beberapa jurusan hanya ada di satu universitas, sementara universitas lain memiliki jurusan unggulannya sendiri. Dengan mengakses situs resmi dari masing-masing kampus yang akan dijadikan pilihan, Anda bisa mendapatkan bahan pertimbangan yang sangat baik. Jadi nantinya Anda dapat membantu menyediakan pilihan yang solutif untuk si calon mahasiswa ini.

Waktu Perkuliahan

Untitled design597 - 5 Pertimbangan dalam Memilih Jurusan Kuliah di Malaysia

Masing-masing kampus dan jurusan memiliki jangka waktu kuliah yang berbeda. Untuk program Strata 1 sendiri, idealnya dapat diselesaikan dalam waktu 3 hingga 5 tahun. Pemilihan kampus dan jurusan menjadi sangat krusial ketika dipertimbangkan dengan jangka waktu perkuliahan yang harus ditempuh.

Idealnya semakin cepat kuliah diselesaikan maka semakin cepat pula si calon mahasiswa ini melangkah ke jenjang selanjutnya. Meski demikian, kuliah dalam waktu yang lama juga tidak berarti buruk, sebab banyak pula kesempatan yang didapatkan ketika seorang mahasiswa aktif di kampus dan mengikuti berbagai kegiatan pengembangan diri.

Relasi Alumni dan Jenjang Karir

Untitled design596 - 5 Pertimbangan dalam Memilih Jurusan Kuliah di Malaysia

Salah satu keunggulan dari kampus yang ada di seluruh dunia adalah relasi alumni dan jaringan karir yang luas. Dengan dua hal ini, mahasiswa yang lulus dari kampus tersebut memiliki kelebihan karena berasal dari almamater yang sama. Sedikit atau banyak, di dunia kerja hal ini berpengaruh pada jenjang karir yang akan dijalani.

Usahakan memilih kampus atau universitas yang sudah memiliki banyak alumni di jajaran top pekerjaan. Selain memudahkan mahasiswa yang nantinya lulus dari kampus tersebut, hal ini juga bisa jadi bukti nyata bahwa pendidikan yang ada di dalam institusi itu berkualitas karena dapat menghasilkan lulusan yang kompeten dan mempu menduduki jabatan penting.

Biaya Kuliah, Biaya Hidup

Untitled design595 - 5 Pertimbangan dalam Memilih Jurusan Kuliah di Malaysia

Kuliah di Malaysia, memberikan banyak keuntungan untuk calon mahasiswa dan orang tua, mungkin dalam hal ini Anda. Keuntungan paling jelas yang bisa didapat tentu adalah dekatnya jarak antara Indonesia dan Malaysia, sehingga dapat sewaktu-waktu pulang untuk mengurus berbagai keperluan.

Selanjutnya, adalah kemiripan budaya yang ada pada masyarakat Indonesia dan masyarakat Malaysia. Mengingat kedua bangsa ini memiliki nenek moyang yang sama, yakni bangsa Melayu, maka kebudayaan dan adat yang dimiliki juga tak jauh berbeda. Masa orientasi calon mahasiswa bisa berjalan dengan lebih baik, sehingga ia bisa lebih cepat fokus pada proses pembelajarannya.

Terakhir, yang tidak boleh dilewatkan, adalah keuntungan bahwa biaya hidup yang diperlukan di Malaysia tidak berbeda jauh dengan biaya hidup di kota besar Indonesia. Pada kampus-kampus terbaik, biaya kuliahnya juga tergolong ekonomis karena mendapatkan subsidi dari pemerintah.

Baca Juga: Kira-Kira Berapa Biaya Kuliah di Malaysia Sampai Lulus?

Memilih jurusan kuliah memang bukan hal mudah yang dapat dilakukan dengan instan. Pertimbangan yang matang, materi yang cukup, serta kemampuan melihat peluang dengan jeli, diperlukan agar mendapatkan jurusan dan kampus yang benar-benar sesuai dengan potensi dan minat calon mahasiswa.

Dalam membantu memilih jurusan kuliah, setiap variabel di atas harus benar-benar diperhatikan agar mendapatkan hasil yang maksimal. Satu lagi kelebihan jika berkuliah di Malaysia, adalah ketika mendapatkan pekerjaan, Anda tak perlu repot mencari layanan remitansi yang dapat diandalkan. Dengan biaya administrasi sangat rendah dan real-time transfer, Qelola dapat menjadi partner terbaik pekerja di Malaysia untuk mengirimkan uang. Untuk persiapan di masa depan, Anda bisa mengunduh aplikasi Qelola di sini dan mengulik fitur-fitur yang ditawarkannya terlebih dahulu. Semoga mendapatkan tempat kuliah yang cocok ya!

 

 

Tags: , , , , , , , , , ,