Kuliah Murah di Luar Negeri? Malaysia Bisa Jadi Opsi

Kuliah Murah Di Luar Negeri

Di antara Anda yang membaca artikel ini, apakah Anda setuju jika kuliah tak sekedar mencari ilmu namun juga mencari pengalaman hidup dan melebarkan jaringan pertemanan? Nyatanya, kuliah secara praktis tidak sekedar belajar hal akademis saja. Beberapa perihal di atas juga adalah hal berharga yang didapatkan ketika masa kuliah. Terlebih jika Anda bisa mengakses kuliah murah di luar negeri, tentu pengalaman yang didapatkan akan semakin banyak bukan?

Ketika wacana kuliah murah di luar negeri muncul, untuk calon mahasiswa Indonesia seperti Anda misalnya, negara yang paling masuk akal mungkin adalah Malaysia. Malaysia dikenal sebagai negara tetangga yang cukup ramah pada pelajar asal Indonesia. Selain budaya dan tradisi yang cukup mirip, biaya kuliah di Malaysia juga cukup terjangkau dan sangat sepadan dengan kualitas pendidikannya.

Selain biaya kuliah yang terjangkau, jika ditotal dari Anda masuk hingga menyelesaikan masa studi, ada beberapa variabel lain yang dapat membuat wacana kuliah murah di luar negeri Anda tercapai jika Anda memilih kuliah di Malaysia. Apa saja variabel tersebut?

Biaya Hidup yang Tidak Berbeda Jauh

Untitled design340 - Kuliah Murah di Luar Negeri? Malaysia Bisa Jadi Opsi

Sebagai seorang mahasiswa, sudah selayaknya Anda memikirkan secara detail mengenai biaya hidup selama di Malaysia. Biaya hidup ini terdiri dari biaya tempat tinggal, biaya makan, hingga biaya hiburan. Setiap biaya ini harus diperhitungkan secara detail agar Anda memiliki perencanaan keuangan yang baik selama Anda berkuliah.

Perencanaan yang baik dapat membuat pengeluaran yang Anda lakukan ketika nanti kuliah di Malaysia menjadi lebih efektif. Tidak perlu ada pengeluaran yang tidak direncanakan yang dapat membuat kondisi finansial goyah. Pengelolaan uang kiriman dari orang tua bisa dilakukan seefektif mungkin, jadi Anda masih memiliki sisa uang untuk menabung.

Mungkin jika dilihat secara sederhana, biaya hidup di Malaysia akan lebih tinggi daripada di Indonesia. Namun dengan standar pendapatan yang ada di negara tersebut, biaya hidup ini jadi tidak terlalu berbeda jauh. Artinya, biaya hidup yang mungkin agak tinggi diimbangi dengan kesempatan mencari pendapatan untuk mencukupi kebutuhan.

Kesempatan Kerja Sampingan untuk Mahasiswa

Untitled design339 - Kuliah Murah di Luar Negeri? Malaysia Bisa Jadi Opsi

Nah, kuliah murah di luar negeri dapat didukung pula dengan kesempatan mendapatkan pekerjaan sampingan ketika Anda menjadi mahasiswa. Di Malaysia sendiri, mahasiswa bisa mendapatkan pekerjaan yang cukup layak, sehingga dapat menambah pundi-pundi uang yang Anda gunakan untuk mencukupi kebutuhan hidup.

Kesempatan kuliah di Malaysia juga dapat Anda manfaatkan untuk mencari pengalaman bekerja di negara tersebut. Memang tidak semua pekerjaan bisa dicoba ketika Anda menjadi mahasiswa, namun demikian, pemasukan yang didapatkan akan cukup lumayan menambah uang jajan. Otomatis biaya kuliah dan hidup Anda akan bisa mendapat suntikan dana segar dari pendapatan pekerjaan sambilan ini.

Tiket Pulang-Pergi Terjangkau

Untitled design338 - Kuliah Murah di Luar Negeri? Malaysia Bisa Jadi Opsi

Tidak bisa dipungkiri selama Anda menjalankan masa studi di Malaysia ada kalanya Anda juga ingin pulang ke rumah untuk sekedar melepas rindu bukan? Biaya perjalanan ini juga harus turut dimasukkan dalam rencana pengeluaran yang Anda miliki. Bayangkan, jika Anda kuliah di Eropa, biaya untuk membeli tiket pesawat tentu akan cukup mahal jika dibandingkan dengan biaya tiket pesawat dari Malaysia ke Indonesia.

Tiket pesawat dari dan ke Malaysia untuk setiap perjalanan pulang atau pergi akan menjadi sangat terjangkau jika dibandingkan dengan tiket dari negara di Eropa. Jadi Anda mungkin tak perlu risau jika sewaktu-waktu Anda perlu pulang ke Indonesia karena biaya yang dikeluarkan juga masih masuk akal dan bisa diusahakan dengan mencari pemasukan tambahan tanpa mengganggu proses studi yang Anda jalani.

Iklim yang Sama dengan Indonesia

Untitled design341 - Kuliah Murah di Luar Negeri? Malaysia Bisa Jadi Opsi

Bagaimana hal ini bisa berpengaruh pada agenda kuliah murah di luar negeri Anda? Bukannya iklim tidak ada kaitannya dengan pengeluaran pendidikan atau biaya hidup? Well, di sini mungkin Anda perlu sedikit cermat. Ketika Anda kuliah di negara dengan 4 musim, maka Anda akan memerlukan pakaian musim dingin, yang tentu saja, harus didapatkan dengan mengeluarkan biaya khusus.

Di Malaysia, karena iklimnya sama dengan Indonesia, Anda tak perlu mengalokasikan pos pengeluaran khusus untuk pakaian sesuai musim. Anda tinggal membawa pakaian yang Anda miliki di rumah, karena suhu udara dan hawa yang ada di Malaysia tak berbeda dengan di Indonesia. Satu pos lagi tidak perlu dianggarkan karena kesamaan iklim, cukup signifikan bukan?

Baca Juga: PPI Malaysia, Organisasi Mahasiswa Indonesia di Malaysia

Kuliah murah di luar negeri memang bisa terwujud selama Anda mau berusaha untuk cermat dalam mencari informasi dan melakukan perencanaan keuangan yang ketat. Di Malaysia sendiri biaya kuliah dan hidup yang terjangkau juga menjadi poin utama, itulah mengapa negara ini adalah salah satu tujuan kuliah calon mahasiswa Indonesia. Nah, ketika Anda sudah lulus dan mendapatkan pekerjaan di sana nanti, jangan lupa kirimkan sebagian penghasilan Anda untuk membantu keperluan keluarga di rumah. Gunakan layanan Qelola yang handal, efektif, dan ekonomis untuk urusan ini. Unduh aplikasinya di sini, dan nikmati setiap fiturnya!

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,