Yuk, intip tips-tips masuk perguruan tinggi ke Malaysia!

Kuliah di Malaysia

Malaysia merupakan negara yang memiliki sistem pendidikan yang baik dan terkemuka di Asia. Banyak perguruan tinggi yang terkenal di negara ini, seperti Universiti Malaya, Universiti Kebangsaan Malaysia, dan Universiti Putra Malaysia. Selain pendidikannya yang cukup menjanjikan, secara jarak Indonesia dan Malaysia cukup dekat, budayanya yang tidak terlalu jauh berbeda dan biaya hidupnya yang tidak semahal di negara bagian Eropa membuat banyak pelajar yang tertarik untuk kuliah di Malaysia.

Ujian masuk perguruan tinggi di luar negeri, terutama di negara-negara Asia seperti Malaysia, biasanya terdiri dari beberapa tahap. Masuk perguruan tinggi di Malaysia memerlukan persiapan yang matang, karena proses seleksi yang cukup ketat. Namun, dengan beberapa tips yang tepat, calon mahasiswa dapat meningkatkan peluang masuk ke perguruan tinggi idaman mereka. Berikut tips-tips kuliah di luar negeri, khususnya di Malaysia:

Pahami syarat dan ketentuan oleh universitas

Setiap universitas di Malaysia memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda dalam proses ujian masuk. Pastikan untuk membaca dengan seksama syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh universitas yang dipilih dan memenuhi persyaratan yang diperlukan.

Lakukan riset tentang program studi dan universitas pilihan

Sebelum mendaftar, pastikan untuk melakukan riset tentang program studi dan universitas yang kamu incar. Carilah informasi sebanyak mungkin tentang kurikulum, fasilitas, dan reputasi universitas untuk memastikan bahwa program studi dan universitas tersebut sesuai dengan keinginan dan harapan kalian.

Persiapkan diri dengan baik untuk ujian bahasa Inggris dan Akademik

kuliah 2 700x467 - Yuk, intip tips-tips masuk perguruan tinggi ke Malaysia!

Ujian bahasa Inggris seperti IELTS atau TOEFL perlu untuk menentukan kemampuan bahasa Inggris calon mahasiswa. Persiapkan diri dengan baik dengan berlatih soal-soal yang sesuai atau mengikuti kelas bahasa Inggris dan ujian akademik seperti STPM (Sijil Tinggi Persekolahan Malaysia) atau program matrikulasi untuk menentukan kemampuan akademik calon mahasiswa. Persiapkan diri dengan baik dengan belajar dan berlatih soal-soal yang sesuai.

Berkonsultasi dengan orang yang berpengalaman

Jika kalian memiliki pertanyaan atau kesulitan dalam proses ujian masuk perguruan tinggi di Malaysia, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan orang yang berpengalaman seperti konselor sekolah atau konselor pendidikan di universitas yang dipilih.

Baca Juga : Magang di Jepang Bergaji Tinggi, Ini Faktanya!

Persiapkan dokumen 

Pastikan untuk mempersiapkan dokumen seperti ijazah, transkrip nilai, dan surat keterangan sehat. Selanjutnya,  siapkan dokumen untuk pendaftaran kuliah dan perjalanan, seperti paspor, visa, dan bukti dana. Kalian wajib memahami segala syarat dan ketentuan dari universitas. Persiapkan dokumen yang persyaratannya dan ikuti petunjuk dari universitas dengan baik.

Jangan ragu untuk berkontak dengan universitas

Jika kalian memiliki pertanyaan atau kesulitan dalam proses ujian masuk, jangan ragu untuk menghubungi universitas yang dipilih. Pihak universitas akan dengan senang hati memberikan informasi dan bantuan yang diperlukan. Jika kalian merasa kesulitan dalam proses pendaftaran atau persiapan ujian, jangan ragu untuk mencari bantuan dari orang yang tepat seperti konselor, dosen, atau orang yang berpengalaman di bidang ini.

Mempelajari budaya dan Bahasa

kuliah 3 700x467 - Yuk, intip tips-tips masuk perguruan tinggi ke Malaysia!

Sebelum berangkat ke Malaysia belajarlah tentang budaya dan Bahasa setempat. . Ini akan membantu kalian dalam beradaptasi dengan lingkungan baru dan membuat interaksi dengan orang lokal lebih mudah. Dan belajar tata krama serta sopan santun di negara orang. 

Itulah beberapa tips yang mungkin dapat bermanfaat untuk kalian. Bagi kalian calon mahasiswa atau kalian ingin kuliah di luar negeri atau Malaysia harus mempersiapkan persiapan kalian dengan matang. Gunakan aplikasi Qelola untuk menemani kegiatan finansial kalian selama di Malaysia. Qelola dapat membantu kalian dalam transaksi kirim uang, beli voucher pulsa, token listrik dan lain sebagainya. Aplikasi Qelola juga dilengkapi dengan fitur keamanan yang canggih, sehingga kalian dapat merasa tenang saat menggunakannya. Jadi, tunggu apa lagi? Unduh Qelola sekarang dan nikmati kemudahan transfer uang tanpa batas!

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,