Ini Dia 5 Kampus Terbaik di Negara Sakura Jepang!

Kampus Jepang

Pendidikan di Jepang terkenal dengan tingkat prestasinya yang tinggi, yang bisa tercapai melalui sistem yang ketat dan terstruktur. Sistem pendidikan di Jepang terdiri dari pendidikan dasar, menengah dan tinggi. Pendidikan dasar di Jepang terdiri dari sekolah dasar (shougakkou) dan sekolah menengah pertama (chugakkou). Sekolah dasar berlangsung selama 6 tahun, sedangkan sekolah menengah pertama berlangsung selama 3 tahun.

Setelah menyelesaikan sekolah menengah pertama, siswa di Jepang dapat mendaftar ke sekolah menengah atas (koukou) yang berlangsung selama 3 tahun. Setelah lulus dari sekolah menengah atas, siswa di Jepang dapat mendaftar ke perguruan tinggi. Perguruan tinggi di Jepang terdiri dari perguruan tinggi negeri dan swasta, serta universitas dan institut teknologi. 

Siswa di Jepang juga dapat mendaftar ke program studi di luar negeri melalui pertukaran pelajar.Pendidikan di Jepang juga terkenal dengan tingkat tekanannya yang tinggi, yang disebabkan oleh sistem yang ketat dan persaingan yang kuat untuk masuk ke perguruan tinggi terbaik. Namun, pendidikan di Jepang juga dianggap memberikan peluang yang sama bagi semua siswa untuk meraih kesuksesan, terlepas dari latar belakang sosial dan ekonomi mereka. Berikut adalah lima kampus terbaik di Jepang :

Universitas Tokyo 

kampus 2 1 700x466 - Ini Dia 5 Kampus Terbaik di Negara Sakura Jepang!

Sumber : https://www.dreamstime.com/tokyo-university-photo-winter-off-season-few-students-there-tokyo-university-library-image119063842

Universitas Tokyo Merupakan universitas terbaik di Jepang dan salah satu universitas terbaik di dunia. Kampus ini terkenal dengan program-programnya di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, serta memiliki fasilitas penelitian yang luar biasa. Universitas Tokyo memiiki 5 kampus di Hongo, Komaba, Kashiwa, Shirokane dan Nakano. Terdapat 10 fakultas dengan total 28.000 mahasiswa, dan sekitar 2.100 mahasiswa adalah pelajar asing. Fakultas yang paling terkenal di Universitas Tokyo yaitu Fakultas hukum dan sastra.

Universitas Kyoto

Kampus 3 - Ini Dia 5 Kampus Terbaik di Negara Sakura Jepang!

Sumber : https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/5/53/Kyoto_University.jpg

Universitas Kyoto adalah universitas negeri di Kyoto, Jepang. Terdapat 10 fakultas, 17 sekolah pascasarjana, 13 institut riset, serta 29 pusat riset dan Pendidikan. Ciri khas dari universitas ini adalah tradisi akademik yang menghargai semangat kebebasan dan kemerdekaan akademik. Kampus ini terkenal dengan program-programnya di bidang ilmu sosial dan budaya, serta merupakan salah satu universitas tertua di Jepang. Kampus ini memiliki kebun botani yang terkenal di dunia dan telah menghasilkan 5 penerima Penghargaan Nobel dalam bidang fisika teori, kimia dan biologi molekuler. 

Universitas Osaka

kampus 4 - Ini Dia 5 Kampus Terbaik di Negara Sakura Jepang!

Sumber : https://www.easyuni.co.id/media/institution/photo/2015/11/12/url.jpg.600x400_q85.jpg

Universitas Osaka berdiri pada tahun 1869 dan memiliki 4 kampus di Suita, Toyonaka, Mino dan Nakanoshima dan terdapat 11 fakultas. Kampus ini terkenal dengan program-programnya di bidang teknologi dan ilmu pengetahuan, serta merupakan salah satu universitas terbesar di Jepang. Di tempat ini juga memiliki beberapa fasilitas penelitian terkemuka di dunia.

Baca Juga : Yuk, Intip Keseruan Perayaan Natal di Jepang!

Universitas Hokkaido

kampus 5 700x394 - Ini Dia 5 Kampus Terbaik di Negara Sakura Jepang!

Sumber : https://a.travel-assets.com/findyours-php/viewfinder/images/res40/459000/459219-Hokkaido-University.jpg

Universitas Hokkaido adalah universitas riset publik yang berlokasi di Sapporo, Jepang. Didirikan pada tahun 1876 sebagai Sapporo Agricultural College, dan merupakan lembaga pendidikan tinggi modern pertama di pulau Hokkaido di utara Jepang. Kampus ini menawarkan program sarjana dan pascasarjana dalam berbagai bidang, termasuk ilmu alam, teknik, kedokteran, pertanian, humaniora, dan ilmu sosial. Selain itu, universitas ini juga memiliki beberapa sekolah pascasarjana, termasuk Sekolah Pascasarjana Kedokteran, Sekolah Pascasarjana Teknik dan Sekolah Pascasarjana Ilmu Lingkungan. Kampus ini terkenal dengan program-programnya di bidang ilmu alam, serta memiliki fasilitas penelitian yang luar biasa di bidang ilmu alam dan teknologi.

Universitas Tohoku

kampus 6 700x342 - Ini Dia 5 Kampus Terbaik di Negara Sakura Jepang!

Sumber : https://aseanphe.org/wp-content/uploads/2022/10/tohoku_university_ranked_number_one_in_japan_t.jpg

Universitas Tohoku adalah universitas riset publik yang berlokasi di Sendai, Prefektur Miyagi, Jepang. Didirikan pada tahun 1907 sebagai Imperial University ketiga, dan dianggap sebagai salah satu universitas paling bergengsi di Jepang. Kampus ini memiliki penekanan kuat pada penelitian, dan merupakan rumah bagi beberapa lembaga dan pusat penelitian terkenal di dunia. Universitas Tohoku memiliki beberapa faktus dan sekolah pascasarjana yaitu Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Kedokteran, Sekolah Pascasarjana Teknik, dan Sekolah Pascasarjana Pertanian. Terdapat program sarjana dan pascasarjana dalam berbagai bidang, termasuk ilmu alam, teknik, kedokteran, hukum, ekonomi, dan pertanian. Selain itu, universitas ini memiliki beberapa institut dan pusat penelitian, termasuk Institut Pengembangan, Penuaan dan Kanker, Institut Penelitian Multidisiplin untuk Bahan Canggih, dan Pusat Penelitian Sains dan Teknologi Neutron. Kampus ini juga menjadi rumah bagi beberapa lembaga penelitian, termasuk Institut Ilmu Fluida dan Institut Ilmu Material.

Berikut daftar-daftar kampus terbaik di Jepang yang mungkin kalian minati. Bagi kalian calon mahasiswa atau kalian ingin kuliah di luar negeri kalian bisa menjadikan Jepang sebagai wishlist kalian! Gunakan aplikasi Qelola untuk menemani kegiatan kalian di Jepang. Qelola dapat membantu kalian dalam transaksi kirim uang, beli voucher pulsa, token listrik dan lain sebagainya. Aplikasi Qelola juga dilengkapi dengan fitur keamanan yang canggih, sehingga kalian dapat merasa tenang saat menggunakannya. Jadi, tunggu apa lagi? Unduh Qelola sekarang dan nikmati kemudahan transfer uang tanpa batas!

 

Tags: , , , , , , , , , , , ,