Ketahui Manfaat Media Sosial untuk Bisnis Kamu

manfaat media sosial 1 - Ketahui Manfaat Media Sosial untuk Bisnis Kamu

Apakah kamu baru memiliki keinginan untuk mulai berbisnis atau sudah mempunyai bisnis sendiri? Jika iya, kamu harus memikirkan bagaimana cara membangun hubungan dengan calon konsumen. Nah, untuk bisa membangun hubungan tersebut, kita membutuhkan sebuah perantara misalnya media sosial. Media sosial umumnya dirancang untuk memudahkan seseorang dalam bersosialisasi dan berkomunikasi dengan orang lain. Namun, fungsi media sosial saat ini mulai merambah juga ke dunia bisnis. Bahkan beberapa platform media sosial mulai menyediakan fitur khusus untuk bisnis, seperti facebook, Instagram dan Tiktok. Begitu banyak media sosial yang tersedia, tentunya ini peluang yang bagus untuk mengembangkan bisnismu. Kira-kira apa saja ya manfaat media sosial untuk dunia bisnis? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

Menemukan pelanggan lebih cepat

manfaat media sosial 2 700x435 - Ketahui Manfaat Media Sosial untuk Bisnis Kamu

Beberapa media sosial memiliki fitur pencarian yang bisa mempermudah orang yang sedang mencari barang atau jasa tertentu.Dengan fitur ini, kita sebagai pemilik bisnis atau jasa dapat menghimpun calon pelanggan lebih cepat dan mudah. Selanjutnya, ada fitur hashtag yang bisa berguna untuk memberitahu pelanggan letak lokasi toko kamu atau jenis-jenis barang yang tersedia di toko kamu.

Memberi feedback kepada pelanggan lebih cepat

Media sosial bisa menjadi salah satu alat untuk membangun ketertarikan dengan pelanggan. Melalui media sosial, pelanggan bisa berkomunikasi secara langsung terkait produk atau jasa yang kamu sediakan. Selanjutnya, kamu sebagai pemilik toko atau jasa bisa memberi feedback kepada pelanggan secara langsung dan lebih interaktif.

Baca Juga : Asal Mula Serta Sejarah Mata Uang Jepang Yen!

Menganalisa kompetitor

Dari sosial media, kamu juga bisa mendapatkan berbagai informasi dari kompetitor atau pesaing. Setelah mendapatkan informasi, kamu bisa menganalisanya sehingga bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan kompetitor untuk meningkatkan strategi pemasaran. Mulailah untuk melihat bagaimana cara kompetitor memasarkan produknya agar kamu lebih mudah untuk menyusun strategi dan rencana pemasaran. 

Branding

manfaat media sosial 3 700x467 - Ketahui Manfaat Media Sosial untuk Bisnis Kamu

Pengertian branding adalah aktivitas pencitraan yang dilakukan agar sebuah merek terlihat berbeda dari merek lain. Sebagai pengusaha, kamu perlu membuat konten yang menarik di media sosial dan juga membuat katalog produk yang unik di mata pelanggan agar bisa menarik perhatian pelanggan.

Tingkatkan pengunjung website

Perlu kamu ingat, jika semakin banyak pengunjung website, maka semakin besar peluang produk atau jasamu dibeli. Sosial media bisa membantu meningkatkan pengunjung website yang akan berdampak positif terhadap website ranking pada halaman Google. Apalagi jika kamu memiliki konten yang menarik dalam website, tentunya akan meningkatkan traffic ke website yang berdampak positif terhadap SEO. Jangan lupa untuk menambahkan link website di setiap postingan sosial media bisnis kamu.

Melakukan promosi dengan biaya terjangkau

Melalui media sosial, melakukan promosi untuk produk atau jasamu akan lebih murah dan mudah. Hanya dengan modal koneksi internet dan kemampuan marketing yang baik, kamu bisa memanfaat media sosial sebagai media promosi bisnis secara cuma-cuma. Dengan media sosial bisa menjangkau calon pelanggan dengan lebih luas dan cepat tanpa mengeluarkan banyak biaya.

Begitu banyak manfaat dari media sosial yang bisa kamu rasakan sebagai pemilik bisnis atau jasa. Dari mempermudah untuk menjangkau pelanggan baru hingga biaya promosi lebih murah. Namun, untuk urusan dalam mengelola keuangan tetap percayakan pada aplikasi Qelola ya. Tersedia banyak fitur yang bisa kamu manfaatkan untuk keperluan transaksi keuanganmu. Mulai dari kirim uang ke Malaysia dari Indonesia, bayar tagihan PDAM, beli token listrik dan lain-lain. Segera unduh Qelola melalui Google Playstore di smartphone-mu dan nikmati berbagai kemudahannya.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,