Stop Kebiasaan Hidup Boros Mulai Sekarang!

hidup boros 1 scaled - Stop Kebiasaan Hidup Boros Mulai Sekarang!

Saat ini, semakin banyak bentuk gaya hidup boros yang dilakukan masyarakat secara sadar maupun tidak. Adanya tren belanja online menjadi salah satu faktornya, misalnya dengan belanja online membuat kita tertarik untuk membeli barang yang sedang diskon namun tidak sedang membutuhkan barang tersebut. Keputusan ini malah membuat pengeluaran kita semakin banyak dan menjadi boros. Padahal pengeluaran tersebut bisa saja kita alihkan menjadi dana darurat atau tabungan untuk masa depan.

Kali ini Qelola akan memberitahumu bagaimana cara untuk hemat dan nggak terjebak lagi dengan kebiasaan boros, simak selengkapnya hanya disini.

Cermat menyusun anggaran

hidup boros 2 700x467 - Stop Kebiasaan Hidup Boros Mulai Sekarang!

Tujuan dari menyusun anggaran adalah agar keuangan kamu jadi lebih seimbang dan tepat penggunaannya. Jika tepat penggunaannya, maka dana yang terpakai akan mudah mencapai tujuan finansialmu. Rumus yang bisa kamu gunakan saat menyusun anggaran keuangan yaitu 50% untuk kebutuhan utama, 30% kebutuhan pribadi dan 20% tabungan.

Belanja sesuai kebutuhan, bukan keinginan

hidup boros 3 700x467 - Stop Kebiasaan Hidup Boros Mulai Sekarang!

Pastikan jika kamu ingin membeli suatu barang memang sedang dibutuhkan atau tidak. Apalagi jika kita masih memiliki barang tersebut dengan kondisi dan fungsinya masih baik. Jangan semata-mata membeli barang hanya karena sedang trend atau keinginan yang tidak terencana sebelumnya.

Baca Juga : Yuk, intip tips-tips masuk perguruan tinggi ke Malaysia!

Cari penghasilan tambahan

young asian businesswomen using mobile phone receiving purchase order checking product stock work home office 700x394 - Stop Kebiasaan Hidup Boros Mulai Sekarang!

Walaupun sudah memiliki gaji bulanan, tidak ada salahnya untuk mencari penghasilan tambahan. Penghasilan tambahan bisa berguna untuk tabungan di masa depan. Banyak cara untuk memperoleh pendapatan tambahan dengan menjadi freelance, reseller, tutor online atau membuka bisnis sendiri.

Mulai rajin menabung

hidup boros 4 700x467 - Stop Kebiasaan Hidup Boros Mulai Sekarang!

Segera mulai kebiasaan menabung untuk persiapan masa depan kamu. Tidak perlu langsung nominal yang banyak, cukup 20% dari pendapatan kamu sisihkan untuk tabungan. Dengan ini kamu bisa segera mencapai tujuan finansialmu.

Mumpung masih di awal tahun, yuk mari mulai memliki resolusi untuk tidak boros dan berhemat dalam urusan keuangan. Namun, untuk urusan dalam mengelola keuangan tetap percayakan pada aplikasi Qelola ya. Tersedia banyak fitur yang bisa kamu manfaatkan untuk keperluan transaksi keuanganmu. Segera unduh Qelola melalui Google Playstore di smartphone-mu dan nikmati berbagai kemudahannya.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,