Cermat Dalam Berinvestasi, Waspada dan Kenali Investasi Bodong

investasi bodong 1 scaled - Cermat Dalam Berinvestasi, Waspada dan Kenali Investasi Bodong

Di era ini banyak sekali orang yang ingin memulai investasi untuk tabungan masa depan agar bisa mencapai hidup sejahtera. Keinginan masyarakat yang tinggi, membuat banyak platform untuk investasi menawarkan produknya. Namun, tidak semua platform investasi tersebut legal di mata hukum negara. Banyak investasi bodong merajalela dan memanfaatkan keinginan pasar yang tinggi.

Investasi bodong beraksi secara online maupun offline. Untuk itu, patut untuk waspada dan mengenali ciri-ciri investasi bodong agar kita tidak mudah tertipu dan terjerumus ke dalamnya. Biasanya oknum investasi bodong akan menawarkan keuntungan yang besar dan menggiurkan, sehingga calon korban akan semakin tertarik dan melakukan investasi tanpa berpikir panjang. Mereka akan menyasar orang-orang yang memiliki informasi minim terkait investasi. Agar lebih jelas, ketahui pengertian investasi dan ciri-ciri modus investasi bodong berikut ini.

Pengertian investasi

investasi bodong 2 700x468 - Cermat Dalam Berinvestasi, Waspada dan Kenali Investasi Bodong

Secara umum, investasi adalah sebuah kegiatan menghimpun dana ataupun aset dalam jangka waktu tertentu. Investasi sendiri memiliki tujuan yaitu untuk mendapat keuntungan. Kegiatan investasi selalu melibatkan dua pihak, yaitu pihak investor yang memiliki dana atau perusahaan dan pihak pengelola yang akan mengelola dana investor guna mendapatkan sebuah keuntungan. 

Modus investasi bodong

  • Menawarkan keuntungan tinggiinvestasi bodong 3 700x467 - Cermat Dalam Berinvestasi, Waspada dan Kenali Investasi Bodong

Untuk kamu yang ingin memulai investasi, jangan mudah tergiur dengan perusahaan investasi yang menawarkan keuntungan besar. Perlu untuk diketahui bahwa prinsip investasi adalah high risk, high return. Artinya, semakin besar untungnya, maka semakin besar pula risikonya. Prinsip ini sangat sering dilupakan, padahal hal ini merupakan dasar untuk memulai investasi.

  • Keuntungan tinggi dalam waktu yang singkat

Mendapatkan keuntungan dari investasi tidak bisa cepat dan dalam kurun waktu yang singkat. Akan tetapi berbeda dengan investasi bodong, biasanya mereka akan menawarkan keuntungan yang tinggi dalam waktu yang singkat. So, jangan mudah tergiur ya Sobat Qelola!

Baca Juga : 5 Langkah Untuk Mempercepat Pengumpulan Dana Pensiun

  • Keuntungan akan macet

Pada awal investasi, biasanya kamu akan mendapatkan keuntungan yang sesuai dengan apa yang ditawarkan di awal. Namun, hal tersebut tidak akan berlangsung lama, karena para pelaku akan memberikan berbagai alasan terkait keuntungan yang macet. Kemudian pada akhirnya banyak pelaku yang hilang dan membawa semua dana yang sudah terkumpul.

  • Diminta untuk mencari calon investasi baruinvestasi bodong 4 700x446 - Cermat Dalam Berinvestasi, Waspada dan Kenali Investasi Bodong

Setelah kamu sudah bergabung ke dalam investasi bodong, biasanya pimpinan atau pihak yang mengelola investasi tersebut akan menugaskan kamu untuk mencari investor baru. Kemudian jika berhasil mendapatkan calon investor baru, kamu akan mendapatkan sejumlah bonus.

  • Perusahaan tidak jelas

Investasi bodong biasanya berasal dari perusahaan yang tidak jelas rekam jejaknya ataupun asal usulnya. Hal ini berarti mereka tidak memiliki kredibilitas dalam mengelola dana investasi. Perusahaan investasi bodong juga tidak terdaftar di OJK. Oleh karena itu, kamu harus teliti dan waspada dalam memilih perusahaan investasi.

  • Produk tidak jelas

Perusahaan investasi bodong tidak pernah menjelaskan secara detail produk apa yang mereka tawarkan. Bahkan ada beberapa kasus yang terjadi dimana para investor tidak mengetahui produk apa yang mereka beli. Para investor ini hanya menyetorkan sejumlah uang sesuai dengan harga produknya. Hal tersebut terjadi karena para investor hanya menginginkan keuntungan tinggi yang akan mereka peroleh, jadi mereka sering mengabaikan produk apa yang telah mereka beli.

Itulah beberapa penjelasan mengenai investasi bodong yang perlu kamu ketahui. Bijak dan cermatlah sebelum berinvestasi, agar kamu tidak terjerumus ke dalam penipuan investasi yang berujung pada kerugian. Pelajari dan pahami apa itu investasi serta cara melakukannya, penting untuk tidak tergiur dengan keuntungan tinggi dalam waktu yang singkat. Setelah berinvestasi, tidak lupa untuk tetap mengatur keuanganmu dengan aplikasi Qelola. Segera unduh melalui Google Playstore di smartphone-mu dan nikmati berbagai fitur yang tersedia.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,