5 Langkah Untuk Mempercepat Pengumpulan Dana Pensiun

dana pensiun

Mungkin Sahabat Qelola sering mendengar istilah “Life begin at forty” yang berarti kehidupan dimulai saat berusia 40 tahun. Ketika berada di usia 40-an tahun, seseorang biasanya tengah menikmati puncak karier, sudah berkeluarga dan memiliki anak-anak yang beranjak remaja, serta memiliki kondisi finansial yang relatif stabil. Namun, tidak sedikit kalangan yang baru sempat memikirkan persiapan dana menghadapi masa pensiun di usia ini. Dalam perspektif perencanaan keuangan yang baik, kebutuhan dana pensiun idealnya sudah bisa dicicil sejak usia muda. Walaupun masa ini masih dinilai terlalu jauh untuk disiapkan, masih banyak orang yang menunda keseriusan mengumpulkan dana pensiun. Padahal, bila dana pensiun tidak dilakukan sejak dini, maka terbuka risiko gagalnya mewujudkan masa pensiun sejahtera.

Jika kamu sudah memasuki kelompok usia berkepala empat dan masih memiliki tabungan dengan jumlah yang jauh dari memadai, tidak perlu khawatir. Dengan menyadari kebutuhan dana pensiun saat ini, paling tidak membuat kamu semakin semangat dan berupaya keras untuk mengumpulkan dana pensiun. Ada beberapa hal yang bisa kamu tempuh untuk menambah kebutuhan dana pensiun lebih cepat walau kini usia sudah berkepala empat, berikut ini caranya :

1. Pastikan posisi finansial kamu

pensiun 2 700x467 - 5 Langkah Untuk Mempercepat Pengumpulan Dana Pensiun

Langkah pertama sebelum menjalankan upaya pengumpulan dana pensiun lebih cepat adalah mengetahui posisi finansial kamu sendiri. Buatlah data neraca keuangan pribadi kamu, lalu ketahui nilai total aset yang kamu miliki serta nilai total kewajiban yang masih jadi tanggungan kamu.

2. Turunkan gaya hidup

pensiun 3 700x467 - 5 Langkah Untuk Mempercepat Pengumpulan Dana Pensiun

Dengan menurunkan gaya hidup bisa membantu kamu menyisihkan penghasilan lebih banyak untuk ditabung di dana pensiun. Tidak perlu ragu, menurunkan gaya hidup bukan berarti kamu mengubah drastis semua kebiasaan yang sudah kamu jalankan selama ini. Cara mudah bisa kamu terapkan di kehidupan sehari-hari, misalnya mengurangi frekuensi nongkrong di cafe. Hal ini bisa membantu kamu berhemat cukup besar lho.

3. Jajaki bisnis

pensiun 5 700x394 - 5 Langkah Untuk Mempercepat Pengumpulan Dana Pensiun

Siapa bilang di usia berkepala empat tidak memiliki kesempatan untuk mengubah arah hidup dengan menjajaki passion baru. Banting setir menjadi pebisnis akan sah-sah saja. Bisnis mungkin tidak mudah dan memiliki tantangan yang tidak sedikit. Namun, kamu tentu sadar bahwa dengan berbisnis, kamu berpeluang pertumbuhan pendapatan lebih cepat ketimbang hanya menjadi karyawan biasa selamanya. Bisnis sampingan juga bisa jadi pilihan jika ingin memiliki bisnis di tengah status sebagai karyawan.

Baca Juga : Sedang Tren, Ketahui Informasi Ini Jika Ingin Berinvestasi NFT

4. Menambah investasi

Usia 40-an tahun berarti masa pensiun kamu kemungkinan akan datang sekitar 15 tahun lagi. Bila kamu hanya berkutat mengumpulkannya melalui produk tabungan bank, kamu akan kesulitan mengejar laju inflasi yang menggerus nilai uang kamu. Cobalah mulai mengalokasikan dana tabungan kamu ke produk investasi. Dengan berinvestasi, maka peluang untuk mengembangkan dana jauh di atas laju inflasi.

5. Memundurkan waktu pensiun

pensiun 4 700x467 - 5 Langkah Untuk Mempercepat Pengumpulan Dana Pensiun

Jika empat langkah di atas ternyata masih belum mampu mendukung target kecukupan dana pensiun, masih ada jalan yang bisa kamu tempuh. Yaitu, memundurkan target usia pensiun kamu. Dengan memundurkan target usia pensiun, kamu bisa lebih optimal mengumpulkan dana pensiun hingga tercapai nilai yang memadai sesuai kebutuhanmu.

Dengan niat kuat serta konsistensi, dana pensiun kamu bisa capai meski baru mulai merancangnya di usia 40 tahun. Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali memulai mengumpulkannya dari sekarang. Untuk urusan kebutuhan finansial, kamu bisa serahkan pada aplikasi Qelola hanya dari smartphone-mu! Caranya semudah usapan jari, dari kirim uang THR dari Malaysia ke saudara atau keluarga di Indonesia hingga beli voucher pulsa dan bayar BPJS dari rumah aja. So, tunggu apalagi, segera unduh aplikasi Qelola dari Google Playstore sekarang juga!

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,