Sedang Tren, Ketahui Informasi Ini Jika Ingin Berinvestasi NFT

nft

Seiring berjalannya waktu, kemajuan teknologi dan informasi semakin berkembang pesat. Tidak hanya dalam bidang teknologi, kemunculan jenis aset investasi pun kian beragam. Salah satunya yang kini sedang ramai jadi bahan perbincangan adalah investasi NFT. Hadirnya aset investasi ini telah banyak menarik perhatian dari berbagai kalangan masyarakat di Indonesia seperti Investor besar, kolektor seni, penggemar game dan sebagainya. Sebenarnya apa sih NFT itu? Mungkin sebagian dari kamu masih belum mengenal aset investasi ini, baik dari arti, cara kerja, hingga risikonya. Simak informasi lengkap mengenai NFT berikut ini.

Mengenal NFT (Non Fungible Token)

nft 3 700x500 - Sedang Tren, Ketahui Informasi Ini Jika Ingin Berinvestasi NFT

NFT sendiri terdiri dari kata Fungible dan Token, arti dari Fungible yaitu sebuah kemampuan pada aset untuk dilakukan penukaran dengan aset serupa yang memiliki nilai yang sama. Sementara, token dapat diartikan sebagai aset digital yang bisa digunakan untuk mewakili barang, layanan, hingga berbagai benda yang memiliki nilai. Contoh aset digital NFT bisa berupa lukisan, seni musik, video pendek hingga item dalam sebuah game.

Fungsi dari NFT hampir sama dengan sertifikat keaslian yang secara eksklusif dimiliki oleh seseorang pada dunia nyata. Pada aset tersebut akan terlihat informasi tentang siapa pemilik awal, pemilik akhir, hingga penerbit token atau aset digital tersebut. Aset ini memiliki keunikan yang berbeda dengan Bitcoin atau aset kripto yang lain karena setiap NFT memiliki nilai yang berbeda-beda sesuai dengan nilai dari pembeli. Serta tidak menutup kemungkinan pembeli dapat memiliki item aslinya.

Cara Kerja NFT

Hal pertama yang harus kita pahami terlebih dahulu yaitu NFT merupakan bagian dari blockchain. Sehingga pembeli investasi ini nantinya bisa melakukan verifikasi bahwa ia merupakan pemilik tunggal dari aset yang ia beli. Jika sudah dibayar, maka tidak ada yang dapat membatalkan hak kepemilikan atas aset digital yang dipegang oleh pembeli. Untuk sistem jual belinya harus melalui proses minting. Minting merupakan proses pengubahan file digital menjadi koleksi kripto atau aset dalam blockchain. Selanjutnya proses tersebut memerlukan marketplace sebagai pihak ketiga atau agen minting seperti OpenSea, Mintable, Theta Drop dan MakersPlace.

Kenapa Membeli NFT di Tahun 2022?

nft 2 700x500 - Sedang Tren, Ketahui Informasi Ini Jika Ingin Berinvestasi NFT

Saat ini NFT menjadi salah satu jenis aset digital yang paling populer di pasar. Tetapi tidak menutup kemungkinan investasi dan jual beli aset ini masih cukup berisiko karena pasar yang masih baru. Namun, ada beberapa alasan aset digital ini bisa kamu beli di tahun 2022 yaitu sifatnya yang tidak memiliki nilai tukar serta sedang naik daun sehingga dengan strategi yang tepat dapat menghasilkan keuntungan besar.

Baca Juga: 9 Berkas Lamaran Kerja Pendukung yang Perlu Dipersiapkan

Adanya investasi NFT merupakan sebuah potensi ekonomi digital dengan harapan bisa berlaku untuk banyak orang. Apalagi sebagai pembuat konten, kegiatan membuat dan menjual aset digital adalah langkah yang masuk akal. Namun, ketika ada calon pembeli sebagai barang koleksi maka nilai NFT  tersebut menjadi tidak pasti dan berfluktuasi berdasarkan permintaan dari pemilik karya. Tidak ada aturan baku untuk menentukan barang koleksi mana yang harganya meningkat dan mana yang tidak. Yang pasti jika kamu menyukai seni, musik atau senang mengoleksi sesuatu, mencoba investasi ini sangat tepat dengan tetap memperhatikan pembuat, keunikan dan riwayat dari aset tersebut.

Semoga dari informasi diatas, kamu sudah lebih paham mengenai investasi NFT. Selain merencanakan jenis investasi apa yang akan kamu coba, jangan lupa untuk tetap mengelola keuangan kamu dengan aplikasi Qelola. Nikmati berbagai fitur yang tersedia serta kemudahan dalam bertransaksi. Segera unduh aplikasi Qelola melalui Google Playstore di smartphone-mu segera!

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,