9 Berkas Lamaran Kerja Pendukung yang Perlu Dipersiapkan

berkas lamaran kerja

Saat Anda hendak melamar pekerjaan, pemberi kerja atau perusahaan mungkin menginginkan lebih banyak informasi pelamar kerja daripada salinan resume dan surat lamaran kerja. Perusahaan berhak meminta beberapa berkas lamaran kerja lainnya sebagai dokumentasi pendukung untuk melengkapi lamaran kerja. Simak berkas lamaran kerja apa saja yang perlu dipersiapkan berikut uraian lengkapnya seperti dilansir dari The Balance Careers, Senin (18/10/2021).

Apa itu Berkas Lamaran Kerja?

Berkas lamaran kerja sebagai dokumen pendukung untuk lamaran pekerjaan dapat termasuk resume, cover letter, transkrip pendidikan, writing samples, portofolio, sertifikat, surat rekomendasi, dan dokumentasi lainnya yang spesifik sesuai pekerjaan yang dilamar.

Informasi yang diperlukan pemberi kerja bervariasi tergantung pada pekerjaan dan persyaratan perekrutan oleh pemberi kerja. Umumnya, pemberi kerja akan menentukan dokumen mana yang mereka ingin Anda sertakan sebagai berkas lamaran kerja yang lengkap.

Jika tidak, jangan ragu untuk bertanya kepada hiring manager atau perwakilan HRD tentang jenis apa saja berkas lamaran kerja yang akan dikirim. Pastikan untuk mengikuti semua instruksi mereka berkaitan apa saja yang harus dikirim dan bagaimana cara mengirimnya.

Mengapa Perusahaan Meminta Berkas Lamaran Kerja Pendukung?

Dokumen lamaran kerja yang sesuai akan membantu perusahaan dalam menyeleksi lamaran kerja yang masuk. Dokumen resume dan surat lamaran kerja, pada dasarnya cukup memberikan semua informasi pelamar kerja. Namun dokumen lain mungkin diperlukan untuk menentukan peserta wawancara.

Daftar Berkas Lamaran Kerja

job 700x467 - 9 Berkas Lamaran Kerja Pendukung yang Perlu Dipersiapkan

Sumber: pexels.com/cottonbro

Berikut ini adalah daftar berkas lamaran pekerjaan yang mungkin perlu Anda sertakan bersama dengan aplikasi pekerjaan:

1. Resume

Dokumen pertama adalah resume atau curriculum vitae (daftar riwayat hidup) menjadi kunci penting untuk lamaran kerja. Curriculum vitae berisi detail kontak serta keterampilan, pengalaman, dan pendidikan yang paling relevan dengan pekerjaan.

2. Cover Letter (Surat Lamaran)

Surat lamaran yang ditulis dengan baik menjelaskan alasan tepat agar Anda dipekerjakan dalam posisi tertentu. 

3. Reference List

Sebuah daftar referensi biasanya berisi satu hingga lima orang seperti supervisor atau kolega Anda yang dapat menjamin keterampilan dan gaya kerja Anda yang memungkinkan untuk diminta oleh pemberi kerja untuk Anda kirimkan selama proses perekrutan. Pastikan untuk menghubungi daftar referensi Anda bahwa Anda sedang mencari pekerjaan.

4. Letters of Recommendation

Surat rekomendasi menjelaskan kualifikasi dan keterampilan pelamar kerja yang berkaitan dengan pekerjaan atau pendidikan. Surat rekomendasi ini biasanya berasal dari perusahaan, kolega, klien, atau lembaga pendidikan. Bersisi kualitas dan kemampuan yang membuat pelamar kerja cocok untuk posisi tertentu dalam pekerjaan.

5. Transcript

Sertakan transkrip dan bukti ijazah pendidikan dalam bentuk salinan atau dokumen asli. Transkrip ini sebagai informasi penting bagi perusahaan untuk mengetahui latar belakang pendidikan calon pelamar kerja.

6. Portofolio

Dokumen yang berisi karya atau hasil pekerjaanmu dalam bidang yang hendak Anda lamar untuk menunjukkan skill Anda.

7. Writing Sample (essay, article, atau lainnya)

Sampel menulis memuat contoh dari keterampilan menulis Anda yang jadi acuan dalam penerimaan kerja. Terkadang, perusahaan dapat meminta contoh tulisan tertentu.

8. Employment Certificate

Pemberi kerja akan lebih senang jika pelamar pekerjaan memiliki pengalaman kerja yang sama di tempat lain. Hal ini menunjukkan pelamar sudah berpengalaman dalam menerapkan ilmu dan skill-nya dalam tim kerja.

9. Certifications

Sertifikasi adalah kredensial seorang individu untuk memverifikasi legitimasi dan kompetensi untuk melakukan pekerjaan. Sertifikasi menyatakan bahwa Anda adalah profesional yang siap memenuhi serangkaian kriteria khusus. 

Persiapkan Berkas Lamaran Kerja dengan Baik

Itu beberapa berkas lamaran kerja yang bisa jadi pendukung untuk lamaran pekerjaan. Kuncinya adalah Anda harus membuktikan kelayakan Anda untuk bekerja di sebuah pekerjaan. Caranya dengan menyertakan berkas lamaran kerja yang relevan dalam proses perekrutan.

Dokumen umum lainnya seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Keterangan Catatan Kriminal (SKCK) dari Kepolisian, dan Surat Keterangan Sehat dari dokter. Untuk perusahaan di luar negeri, pelamar juga menyertakan dokumen seperti paspor, visa kerja, dan lainnya.

 

Untuk mendapatkan informasi penting terkait dunia dan karir pekerjaan, terus ikuti Qelola untuk mempersiapkan karir pekerjaan Anda yang cemerlang. Qelola juga menyediakan aplikasi keuangan yang efektif membantu segala urusan pembayaran yang mudah dan simpel bagi para pekerja dan calon pekerja Indonesia khususnya yang bekerja di Malaysia. Yuk segera rasakan manfaat dan kemudahan dalam bertransaksi hanya dengan download dan install aplikasi Qelola.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,