Ingin Kerja di Malaysia? Intip Jenis Pekerjaan dengan Gaji Tinggi

jenis pekerjaan dengan gaji tinggi

Mencari pekerjaan memang bukan perkara yang mudah untuk dilakukan bagi sebagian besar orang. Apakah Anda termasuk salah satu di antaranya? Banyaknya jumlah mahasiswa atau pelajar yang lulus dari sekolah ataupun universitas yang tidak sebanding dengan jumlah lowongan pekerjaan yang disediakan sering kali menyebabkan banyak pengangguran. Selain alasan tersebut, ternyata yang menjadi salah satu faktor kenapa masih ada sebagian orang yang sulit mendapatkan pekerjaan adalah karena memiliki standar yang terlalu tinggi. Misalnya dalam hal nominal gaji, jenis pekerjaan, lingkungan kerja, dan lain sebagainya. Nah, bagi Anda yang ingin bekerja di luar negeri Anda wajib simak ulasan penting berikut ini.

Baca juga: Sebelum Bekerja di Luar Negeri, Ketahui 6 Hal Penting Ini!

Tips Memilih Pekerjaan yang Tepat

jenis pekerjaan 1 - Ingin Kerja di Malaysia? Intip Jenis Pekerjaan dengan Gaji Tinggi

Cara memilih pekerjaan yang tepat sangat penting untuk dilakukan oleh semua orang, termasuk Anda. Pasalnya jika Anda memilih pekerjaan yang tidak sesuai dengan minat atau kemampuan, maka besar kemungkinan Anda tidak dapat bekerja secara optimal. Bahkan ada banyak orang yang menjadi frustasi dalam bekerja karena melakukan kesalahan dalam cara memilih pekerjaan. Agar hal tersebut tidak terjadi pada Anda, maka ikuti tips memilih pekerjaan yang tepat seperti berikut ini:

  1. Cara memilih pekerjaan yang harus Anda lakukan pertama kalinya adalah mengenali kekuatan dan kemampuan diri Anda sendiri. Jika Anda menjalani suatu pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan Anda, maka Anda akan menjalani pekerjaan tersebut dengan menyenangkan.
  2. Mengetahui tipe kepribadian diri Anda sendiri. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk mengetahui jenis lingkungan kerja yang paling sesuai untuk digeluti.
  3. Cara memilih pekerjaan yang tepat selanjutnya adalah melakukan tes karir. Biasanya tes karir ini mengharuskan Anda untuk menjawab sejumlah pertanyaan dengan batas waktu tertentu. Tujuannya adalah untuk menilai kemampuan dan kekuatan diri Anda untuk kemudian disesuaikan dengan pilihan pekerjaan yang cocok.
  4. Bekerja sebagai anak magang. Tujuannya adalah agar Anda dapat merasakan seperti apa dunia kerja yang sebenarnya. Dari pengalaman tersebut, Anda dapat menilai apakah Anda memang cocok untuk menjalani pekerjaan seperti itu. Di sisi lain, magang merupakan cara yang cukup efektif untuk membangun koneksi dengan para profesional dan mendapatkan rujukan kerja.

Pekerjaan Bergaji Besar di Malaysia

jenis pekerjaan 2 - Ingin Kerja di Malaysia? Intip Jenis Pekerjaan dengan Gaji Tinggi

Memang ada banyak hal yang menjadi pertimbangan bagi seseorang dalam memilih jenis pekerjaan yang akan digelutinya. Biasanya orang akan mempertimbangkan nominal gaji, lingkungan pekerjaan, tujuan karir, hingga fasilitas yang didapat selama bekerja. Jika nominal gaji menjadi salah satu faktor penting bagi Anda dalam mencari pekerjaan, berikut ini ada daftar jenis pekerjaan dengan gaji tertinggi di Malaysia yang perlu Anda ketahui. Dilansir dari Salary Explorer, inilah 10 jenis pekerjaan dengan gaji tertinggi di Malaysia:

  1. Pakar bedah, bidang kesehatan, dan pengobatan mendapatkan gaji bulanan RM70.000.
  2. Ketua pegawai keuangan, bidang keuangan mendapatkan gaji bulanan RM70.000.
  3. Pengarah pemasaran, bidang pemasaran mendapatkan gaji bulanan RM55.000.
  4. Pembantu penyelidikan klinikal, bidang farmasi dan bioteknologi mendapatkan gaji bulanan RM52.917.
  5. Broker harta tanah, bidang penjualan mendapatkan gaji bulanan RM50.000.
  6. Pengarah pengurusan risiko, bidang asuransi mendapatkan gaji bulanan RM40.111.
  7. Pengarah strategi, bidang perniagaan mendapatkan gaji bulanan RM30.000.
  8. Juru terbang, bidang penerbangan mendapatkan gaji bulanan RM29.375.
  9. Pengarah pengkhidmatan perundangan, bidang perundangan mendapatkan gaji bulanan RM29.083.
  10. Pengurus operasi elektrik dan gas, bidang minyak dan gas mendapatkan gaji bulanan RM27.000.

Mengetahui Standar Gaji

jenis pekerjaan 3 - Ingin Kerja di Malaysia? Intip Jenis Pekerjaan dengan Gaji Tinggi

Mungkin Anda baru pertama kalinya bekerja, atau Anda berniat untuk resign dan pindah kerja demi mendapatkan gaji yang lebih tinggi? Lalu Anda merasa bingung, berapa sebenarnya standar gaji yang seharusnya diterima untuk jenis pekerjaan tertentu? Sebenarnya, setiap calon pekerja boleh melakukan negosiasi gaji terkait pekerjaan yang akan dilakukan. Karena, kalau sampai gaji dan beban kerja tidak seimbang, maka dapat mempengaruhi turunnya semangat kerja. Sehingga produktivitas juga pasti akan menurun. Itulah mengapa penting bagi Anda untuk mengetahui standar gaji untuk jenis pekerjaan yang Anda inginkan.

Sebenarnya, apa sih yang bisa dijadikan sebagai tolok ukur standar dan layak pada gaji yang akan Anda terima? Gaji yang Anda terima bisa dianggap layak jika bisa menutup segala kebutuhan pribadi Anda sehari-hari. Yang meliputi makan, tempat tinggal, transportasi, juga untuk biaya operasional kerja, hingga menabung. Biasanya, gaji para pekerja yang diberikan oleh pemberi kerja terdiri atas komponen: gaji pokok + uang makan + transportasi + tunjangan + insentif. Itulah formula dasar dalam penentuan standar gaji yang perlu Anda ketahui.

Jangan lupa untuk mengelola keuangan sebaik mungkin agar gaji yang Anda dapatkan setiap bulan tidak habis dengan percuma. Sementara banyak kebutuhan yang harus Anda penuhi, termasuk kirim uang untuk keluarga di tanah air untuk memenuhi kebutuhan di sana. Bekerja di luar negeri Anda dituntut untuk berhemat. Nah, kabar baiknya adalah ada aplikasi khusus yang akan membantu Anda dalam mengelola keuangan selama berada di Malaysia. Aplikasi tersebut adalah Qelola, yang memungkinkan Anda memiliki rekening aktif setiap saat. Dengan Qelola, Anda bisa kirim uang ke Indonesia dengan mudah dan murah. Keunggulan lainnya adalah, urusan bayar tagihan ini-itu bisa Anda tuntaskan dalam waktu yang singkat. Coba unduh aplikasinya di sini!

Tags: , , , , , , , , ,