Lakukan Hal Ini, Selama Masa Jeda Setelah Lulus Kuliah dan Sebelum Kerja

setelah lulus kuliah

Bagi hampir semua mahasiswa, tentu saja lulus kuliah dan menghadiri acara wisuda adalah tujuan akhir mereka. Karena setelah beberapa tahun hidup sebagai seorang mahasiswa, akhirnya tiba waktunya dinyatakan lulus dari sebuah perguruan tinggi. Namun jangan salah, setelah lulus Anda juga dituntut agar siap memasuki dunia kerja dengan bekal ilmu dan kemampuan yang sudah didapatkan selama kuliah. Di satu sisi, Anda memang bisa bernafas lega setelah lulus kuliah, karena sudah bisa meninggalkan hari-hari di mana Anda harus tidur larut malam hanya untuk belajar saat akan menghadapi ujian semester. Atau saat Anda harus menyelesaikan revisi tugas akhir yang tidak ada habisnya.

Setelah lulus kuliah, Anda juga sudah meringankan beban orangtua karena sudah tidak perlu lagi membayar uang kuliah setiap semester. Sebagian orang mungkin akan memilih beristirahat dan menikmati masa-masa menjadi setelah lulus kuliah sebelum mulai mencari kerja. Meskipun hal tersebut tidak salah, namun perlu diingat bahwa perjalanan hidup Anda sebagai pribadi yang dewasa baru saja dimulai. Setelah wisuda, Anda perlu mempersiapkan beberapa hal agar bisa lebih siap untuk memasuki dunia kerja. Jadi jangan sampai Anda terlena dan berlarut-larut dalam menikmati kebebasan dari bangku kuliah, ya. Sebaiknya, Anda melakukan hal-hal berikut ini sebelum melamar kerja sesuai yang Anda inginkan.

Baca Juga: Ingin Mengisi Waktu Luang Setelah Bekerja? Coba Lakukan Kegiatan Ini

1. Belajar Membuat CV yang Menarik

setelah lulus kuliah 3 - Lakukan Hal Ini, Selama Masa Jeda Setelah Lulus Kuliah dan Sebelum Kerja

Mempersiapkan sebuah Curriculum Vitae (CV) wajib dilakukan saat Anda akan melamar suatu pekerjaan. Tapi tahukah Anda bahwa membuat sebuah CV saja tidaklah cukup. Akan lebih baik jika Anda bisa membuat sebuah CV yang menarik dan menjual, berdasarkan pengalaman yang sudah Anda miliki. Membuat sebuah CV yang baik, menarik, dan menjual merupakan langkah pertama yang bisa segera Anda pelajari setelah lulus kuliah. Selain memasukkan informasi pribadi, pastikan CV yang Anda buat memiliki desain yang menarik dan bisa terbaca dengan baik. Anda perlu menggunakan tata bahasa yang baik, dan pastikan informasi yang ada di dalamnya menarik, serta tidak terlalu panjang.

CV yang menarik adalah sebuah CV yang menceritakan berbagai pengalaman dan pencapaian Anda selama kuliah. Misalnya, Anda bisa menuliskan pengalaman organisasi, pekerjaan sambilan yang pernah Anda lakukan, bahkan riwayat pelatihan atau sertifikasi yang Anda miliki. Hal-hal tersebut sedikit banyak akan membantu menonjolkan kelebihan diri Anda yang bisa dijual saat melamar suatu pekerjaan. Karena belum ada pengalaman kerja yang bisa dicantumkan, maka penulisan CV yang tepat menjadi hal yang sangat penting untuk Anda perhatikan.

2. Mengikuti Kursus dan Pelatihan

setelah lulus kuliah 1 - Lakukan Hal Ini, Selama Masa Jeda Setelah Lulus Kuliah dan Sebelum Kerja

Setelah lulus kuliah, pastinya Anda akan memiliki banyak waktu luang. Nah, pertimbangkan waktu luang tersebut untuk mengikuti berbagai kursus atau pelatihan. Tujuannya adalah untuk menambah pengetahuan yang tidak bisa Anda dapatkan selama kuliah. Menambah pengetahuan atau kemampuan ini bisa didapatkan dari berbagai macam sumber. Tentu saja hal ini tidak terbatas pada kegiatan perkuliahan saja. Anda bisa mengikuti berbagai pelatihan, kurus, atau sertifikasi sesuai minat dan bakat yang Anda miliki. Hal-hal inilah yang nantinya akan membantu mempercantik CV dan tentunya sebagai pengakuan resmi atas kemampuan yang Anda miliki. Sebagai contoh, jika Anda ingin mengincar pekerjaan yang membutuhkan kemampuan berbahasa asing, maka Anda bisa mengikuti kursus bahasa untuk meningkatkan kemampuan bahasa Anda. Kursus atau pelatihan ini juga sekarang bisa didapatkan dengan mudah melalui online dan biasanya waktunya cukup singkat. Bahkan ada banyak aplikasi belajar bahasa asing yang bisa Anda dapatkan secara gratis. Sangat menarik, bukan?

3. Menjalin Komunikasi dengan Kerabat yang Sudah Bekerja

setelah lulus kuliah 2 - Lakukan Hal Ini, Selama Masa Jeda Setelah Lulus Kuliah dan Sebelum Kerja

Salah satu kunci agar Anda bisa mendapatkan pekerjaan lebih mudah adalah rekomendasi dari teman atau kerabat terdekat. Apabila Anda memiliki kerabat atau teman dekat yang sudah bekerja terlebih dahulu, maka pastikan untuk menghubungi mereka. Tujuannya adalah supaya kesempatan mendapatkan pekerjaan Anda lebih besar dibandingan melamar sendiri. Di dalam dunia kerja, memiliki koneksi yang tepat merupakan salah satu hal terpenting untuk mencapai kesuksesan. Bagi Anda yang baru lulus kuliah, memiliki koneksi di bidang pekerjaan yang Anda minati bisa menjadi jalan terbaik untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda impikan. Oleh karena itu, mulai sekarang tetap pertahankan hubungan baik dengan teman-teman, atau kerabat yang sudah lebih dulu bekerja, ya! Jadi Anda bisa menanyakan, apakah ada lowongan yang tersedia yang kira-kira cocok dengan minat atau kemampuan yang Anda miliki.

Setelah lulus kuliah, Anda memang dituntut untuk mempersiapkan diri sebelum melangkahkan kaki di dunia kerja. Sangat penting bagi Anda untuk memperluas kemampuan di berbagai bidang dan menemukan koneksi yang tepat. Jangan terlalu terlena dengan euphoria wisuda dan bersantai terlalu lama, namun lakukan langkah-langkah positif setiap hari dan segera tentukan masa depan Anda mulai dari sekarang! Untuk menunjang aktivitas Anda sehari-hari dalam berburu informasi dan pengetahuan secara online, Anda bisa beli paket data internet melalui aplikasi Qelola. Beli pulsa dan paket data internet via Qelola lebih mudah dan murah. Selain download aplikasinya di Google Playstore, Anda juga harus follow akun instagram @qelolaofficial untuk mendapatkan informasi tentang promo menarik setiap harinya. Jangan sampai ketinggalan!

Tags: , , , ,