Mengapa Kursus TOEFL dan IELTS Sangat Penting? Cek Info Ini

toefl dan ielts

Sertifikat tes TOEFL dan IELTS menjadi salah satu syarat dokumen yang harus Anda siapkan untuk kuliah di luar negeri, salah satunya di Malaysia. Untuk mendapatkan skor tes yang bagus dan mencapai target minimal universitas yang Anda tuju, Anda tentu harus memiliki persiapan yang matang sebelum melakukan tes. Salah satu persiapan yang bisa Anda lakukan adalah belajar bahasa Inggris khusus untuk persiapan tes TOEFL dan IELTS.

Banyak orang memilih belajar bahasa Inggris dengan cara mengikuti kursus. Kursus dinilai sebagai cara terbaik untuk menutupi kekurangan saat belajar secara mandiri. Selain itu, kursus juga dinilai penting karena bisa memberikan manfaat lebih jika dibandingkan dengan belajar sendiri. Untuk mengetahui secara lengkap alasan mengapa kursus TOEFL dan IELTS begitu penting untuk Anda, langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

Mendapatkan Panduan Materi yang Tepat

book library with open textbook 1150 5918 - Mengapa Kursus TOEFL dan IELTS Sangat Penting? Cek Info Ini

Tidak semua orang tahu cara memulai belajar bahasa Inggris untuk persiapan tes TOEFL dan IELTS. Banyak orang yang masih mengira belajar bahasa Inggris untuk keperluan apapun itu sama saja. Padahal tidak, mempelajari bahasa Inggris untuk keperluan ujian sekolah, keperluan sehari-hari, dan tes internasional tentu berbeda. Anda harus mengetahui panduan dan materi yang tepat untuk belajar bahasa Inggris sesuai dengan tujuan Anda.

Dengan mengikuti kursus persiapan tes TOEFL dan IELTS, Anda bisa mendapatkan panduan materi yang tepat. Materi yang diberikan selama kursus akan selaras dengan materi yang ada dalam ujian. Selain itu, materi dari lembaga kursus juga lebih terstruktur dengan baik. Lembaga kursus tentu lebih memahami tahapan pemberian materi. Misalnya, di awal pertemuan Anda akan belajar reading terlebih dahulu, setelah itu writing dan listening, baru di akhir pertemuan kursus Anda baru belajar speaking. Proses belajar melalui kursus akan lebih terarah daripada belajar secara mandiri.

Belajar Tes TOEFL dan IELTS dari Orang Berpengalaman

young students learning library bookshelves 1150 10505 - Mengapa Kursus TOEFL dan IELTS Sangat Penting? Cek Info Ini

Umumnya, pengajar di tempat kursus adalah orang-orang berpengalaman dalam bidangnya. Khususnya tempat kursus yang menyediakan kelas persiapan TOEFL dan IELTS, biasanya pengajarnya merupakan native speaker yang memang berbahasa Inggris dalam kesehariannya. Jadi, Anda tidak hanya menguasai vocabulary dan grammar saja, namun juga pelafalan, aksen bicara, dan penggunaan bahasa yang tepat. Semua hal tersebut tentu berguna untuk meningkatkan kemampuan Anda berkomunikasi Anda dalam berbahasa Inggris.

Dengan adanya native speaker, Anda bisa belajar berinteraksi dengan bahasa Inggris seolah Anda sudah berada di luar negeri. Materi speaking yang ada dalam tes juga dapat Anda lewati dengan mudah. Anda belum tentu bisa mendapatkan kesempatan berinteraksi dengan native speaker jika Anda memilih belajar bahasa Inggris secara mandiri. Itulah mengapa kursus menjadi hal penting untuk dilakukan sebelum tes TOEFL dan IELTS.

Baca Juga: Pentingnya TOEFL dan IELTS untuk Kuliah di Luar Negeri

Target Skor Lebih Mudah Tercapai

red arrow hitting center bullseye 101448 389 - Mengapa Kursus TOEFL dan IELTS Sangat Penting? Cek Info Ini

Bagi Anda yang telah menentukan tempat kuliah di luar negeri, termasuk di Malaysia, Anda pasti sudah mengetahui syarat minimal skor tes berbahasa Inggris yang harus Anda penuhi. Tentu saja, Anda akan berjuang untuk bisa melampau skor minimal tersebut. Salah satu cara mudah untuk mencapai target skor tersebut adalah dengan mengikuti kursus. Mengapa demikian?

Umumnya, lembaga kursus akan mengajukan pertanyaan berapa skor minimal yang harus Anda penuhi. Kemudian, mereka akan mengatur strategi pembelajaran yang sepadan dengan target skor Anda. Lembaga kursus juga akan menentukan durasi pembelajaran yang tepat untuk mencapai skor tersebut. Dengan mengikuti strategi pembelajaran dari lembaga kursus yang tentunya lebih berpengalaman, target skor Anda akan lebih mudah tercapai.

Biaya Tes TOEFL dan IELTS Mahal

money writes with white chalk is hand draw concept 1150 19554 - Mengapa Kursus TOEFL dan IELTS Sangat Penting? Cek Info Ini

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa biaya tes menjadi alasan pentingnya mengambil kursus? Jawabannya, dengan mengikuti kursus Anda akan mengurangi kemungkinan rugi karena gagal tes. Biaya TOEFL dan IELTS terbilang cukup mahal. Pasti sayang sekali kalau sampai gagal bukan? Jadi, Anda harus mempersiapkan tes ini dengan serius. Salah satunya dengan mengikuti kursus khusus persiapan TOEFL dan IELTS.

Kelas persiapan tes bahasa Inggris biasanya lebih privat, jumlah pesertanya biasanya dibatasi sehingga proses belajar jauh lebih fokus dan kondusif. Pengajar juga lebih dekat dengan peserta sehingga dapat membantu permasalahan belajar yang dialami peserta. Anda juga akan diajarkan tips-tips untuk mengerjakan masing-masing kategori soal tes. Misalnya, cara menjawab cepat pada sesi reading, format penulisan sesi writing, bagaimana menjawab wawancara di sesi speaking, dan sebagainya.

Tak hanya itu, Anda secara otomatis akan belajar bagaimana manajemen waktu untuk setiap pengerjaan soal agar mencapai nilai yang maksimal. Dengan kelebihan-kelebihan mengikuti kursus tersebut, risiko kegagalan dalam tes TOEFL dan IELTS akan semakin kecil sehingga Anda tidak perlu mengalami kerugian karena telah membayar mahal.

Itulah beberapa alasan terkait mengapa kursus persiapan tes TOEFL dan IELTS begitu penting untuk Anda lakukan. Pastikan Anda telah melakukan persiapan yang matang agar hasil yang didapatkan pun bisa maksimal. Saat berhasil mewujudkan impian kuliah di luar negeri, jangan lupa untuk selalu rajin mengelola keuangan. Bagaimanapun, topik pendidikan selalu berkaitan dengan bahasan mengenai biaya hidup dan pengelolaan keuangan bukan?

Bagi Anda yang berkuliah di Malaysia, Anda bisa menggunakan layanan keuangan Qelola sebagai solusi untuk mempermudah pengelolaan keuangan. Qelola menawarkan kemudahan transfer uang dan pembayaran berbagai tagihan dari Malaysia ke Indonesia. Dengan biaya administrasi yang sangat ekonomis, Anda sudah bisa melakukan berbagai transaksi keuangan dengan cepat dan praktis. Segera unduh aplikasi Qelola dan nikmati setiap fiturnya sekarang juga!

Tags: , , , , , , , ,