Selengkapnya tentang Kuliah Sastra Inggris di Malaysia

kuliah sastra inggris di malaysia

Di era globalisasi seperti saat ini, banyak orang ingin belajar bahasa Inggris untuk mempermudah interaksi dan menambah wawasan secara global. Terlebih, bahasa Inggris merupakan bahasa pengantar utama dalam perkuliahan internasional. Kedudukan bahasa Inggris pun menjadi semakin penting karena hal tersebut. Bila Anda ingin berkarir di tingkat internasional, maka Anda wajib memiliki kemampuan berbahasa Inggris dengan baik. Salah satu caranya dengan kuliah sastra Inggris.

Malaysia bisa menjadi negara yang tepat untuk kuliah sastra Inggris. Selain karena lingkungannya yang cukup global, negeri jiran juga memiliki sistem pendidikan yang berkualitas untuk para pelajar di sana. Bagi Anda yang tertarik berkuliah sastra Inggris di Malaysia, simak info lengkap mengenai jurusan tersebut di bawah ini.

Mengapa Kuliah Sastra Inggris di Malaysia?

high school tutor college student group sitting desk library studying reading doing homework lesson practice preparing exam entrance education teaching learning concept 28283 1379 - Selengkapnya tentang Kuliah Sastra Inggris di Malaysia

Banyak para pelajar internasional termasuk Indonesia memilih belajar bahasa Inggris di Malaysia dengan berbagai alasan. Salah satu alasannya adalah lingkungan belajar yang kondusif. Di Malaysia, jumlah siswa dalam tiap kelasnya cenderung sedikit sehingga proses perkuliahan lebih nyaman dan tenang. Dengan lingkungan yang kondusif, metodologi pengajaran yang diterapkan pun menjadi efektif dan menyenangkan.

Alasan lain mengapa banyak pelajar memilih kuliah sastra Inggris di Malaysia adalah karena biaya kuliahnya yang terjangkau. Jika dibandingkan kuliah di negara-negara Eropa, Australia, Inggris, dan Amerika, kuliah di Malaysia tentu lebih murah. Anda bisa mendapatkan kualitas yang sama dengan negara-negara tersebut tapi dengan harga yang lebih murah tentunya.

Selain alasan-alasan itu, ada juga beberapa alasan lain seperti tenaga pengajar yang profesional, banyak jenis program yang ditawarkan, fasilitas belajar memadai, serta terdapat banyak tempat belajar bahasa Inggris di Malaysia.

Rekomendasi Tempat Kursus dan Kuliah Sastra Inggris

two asian students studying together library university 73503 1248 - Selengkapnya tentang Kuliah Sastra Inggris di Malaysia

Seperti yang dibahas sebelumnya, Malaysia memiliki banyak tempat untuk belajar bahasa Inggris, termasuk tempat kursus. Agar kemampuan berbahasa Inggris Anda semakin meningkat, Anda bisa mengambil kursus selama kuliah. Di Malaysia, terdapat dua jenis tempat yang memiliki program kursus bahasa Inggris yaitu Specialist Language Centre dan Higher Educational Institutions Language Centre. Beberapa lembaga kursus yang populer di Malaysia yang bisa Anda coba antara lain The British Council Centre, Vision International Academy, Suria Language Centre, The Language House, Stratford Language Centre, Premier Language Centre, ELS English Language, dan YES English.

Sementara untuk universitas di Malaysia yang menawarkan jurusan sastra Inggris dengan kualitas terbaik, di antaranya, Universiti Tunku Abdul Rahman (UTAR), UNITAR International University, Taylor’s University, Management & Science University (MSU), INTI International University & Colleges, dan masih banyak lagi.

Biaya Pendidikan

graduation hat pink piggy bank with stack coins money green background saving money education concept 106094 268 - Selengkapnya tentang Kuliah Sastra Inggris di Malaysia

Biaya kuliah masing-masing universitas di Malaysia tentu berbeda. Hal ini tergantung dengan jenis universitas, program pendidikan, durasi kuliah, spesialisasi jurusan, dan lain sebagainya. Namun, jika dirata-rata secara umum, biaya kuliah sastra Inggris untuk program kursus sekitar Rp7 – Rp65 juta dengan durasi kursus 4 – 12 minggu. Sementara untuk program perkuliahan, rata-rata biaya kuliah pada program sarjana (S1) berkisar antara Rp130 – Rp170 juta dengan durasi kuliah 3 tahun. Sedangkan biaya kuliah pada program pascasarjana (S2) sekitar Rp70 – Rp100 juta dengan waktu kuliah 2 tahun.

Biaya tersebut tentunya hanya biaya kursus dan biaya kuliah saja, belum termasuk akomodasi dan biaya hidup sehari-hari. Rata-rata biaya hidup di Malaysia untuk mahasiswa sekitar Rp6 – Rp10 juta per bulan. Besar atau kecilnya pengeluaran untuk biaya hidup tersebut tentu tergantung dengan gaya hidup yang Anda terapkan selama menempuh pendidikan di Malaysia.

Baca Juga: Kira-Kira Berapa Biaya Kuliah di Malaysia Sampai Lulus?

Prospek Kerja Lulusan Sastra Inggris

asian businesswoman candidate presenting her profile application job interview 43569 187 - Selengkapnya tentang Kuliah Sastra Inggris di Malaysia

Kuliah di jurusan sastra Inggris, mau jadi apa nanti setelah lulus? Pertanyaan seperti itu mungkin terbesit di benak Anda. Jangan khawatir, di era globalisasi saat ini, prospek kerja para lulusan sastra Inggris semakin cerah dan luas. Ada berbagai bidang pekerjaan yang bisa Anda coba setelah lulus nanti. Berikut ini adalah prospek kerja lulusan sastra Inggris yang bisa Anda jadikan referensi:

  • Pengajar di lembaga bahasa Inggris.
  • Dosen jurusan sastra Inggris.
  • Penerjemah bahasa Inggris.
  • Penulis.
  • Jurnalis.
  • Editor.
  • Hubungan Masyarakat.
  • Staf Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI).
  • Pemandu wisata.
  • Dan lain-lain

Membahas prospek kerja pasti berkaitan dengan peluang penghasilan yang akan diterima. Gaji kerja yang didapatkan untuk lulusan sastra Inggris tentu tergantung dengan bidang pekerjaan yang Anda pilih. Namun secara umum, kisaran gaji untuk pekerjaan di bidang sastra Inggris sekitar Rp4 – Rp5 juta di tingkat pemula, dan Rp7 – Rp15 juta di tingkat profesional.

Itulah beberapa informasi yang bisa Anda dapatkan seputar jurusan sastra Inggris di Malaysia. Informasi tersebut bisa membantu Anda dalam menentukan jurusan dan tempat kuliah yang sesuai dengan minat Anda. Jadi, jangan sampai melewatkan setiap informasi di atas agar Anda tidak salah pilihan saat melanjutkan kuliah di Malaysia.

Bagi Anda yang akan kuliah di Malaysia, jangan lupa selalu lakukan persiapan dengan cermat dan lengkap dari jauh-jauh hari. Baik itu dari sisi akademis, administratif, maupun dalam urusan mengelola keuangan. Untuk mempermudah Anda dalam mengelola keuangan, pastikan Anda menggunakan aplikasi Qelola. Dengan berbagai fitur menarik seperti e-wallet, transfer uang domestik dan internasional, serta layanan multi-billing payment, pengelolaan dan transaksi keuangan selama menempuh pendidikan di Malaysia akan semakin praktis dan mudah. Segera unduh aplikasi Qelola dan nikmati manfaat dari setiap fiturnya sekarang juga!

Tags: , , , , , , , , , , ,