6 Cara Bertahan Tinggal di Dormitory bagi Mahasiswa Baru

dormitory

Tinggal di dormitory jadi salah satu opsi mahasiswa baru saat kuliah di luar negeri. Tak bisa dipungkiri bahwa tinggal di asrama memang lebih murah sehingga bisa menghemat pengeluaran bulanan. Saat memutuskan untuk tinggal di sebuah asrama, kamu harus siap untuk berbagi kamar dengan teman mahasiswa lain atau senior di kampus. Walaupun memiliki banyak teman, namun ada banyak peraturan yang wajib ditaati saat memutuskan tinggal di sebuah asrama.

Bahkan, ada sanksi tersendiri bagi mahasiswa yang berani melanggar berbagai regulasi tersebut. Selain itu, kamu juga harus cepat beradaptasi dengan lingkungan asrama agar bisa betah tinggal disana. Apalagi jika kamu melanjutkan studi di luar negeri, perbedaan karakter dan budaya dari tiap siswa yang ada disana bisa menjadi tantangan tersendiri dalam proses adaptasi tersebut. Agar kamu betah tinggal di dormitory, siasati dengan berbagai cara berikut ini.

  • Banyak Bergaul dengan Sesama Penghuni Asrama

brooke cagle uHVRvDr7pg unsplash - 6 Cara Bertahan Tinggal di Dormitory bagi Mahasiswa Baru

Sumber: unsplash

Dormitory menjadi rumah kedua bagi kamu yang memutuskan untuk kuliah di luar negeri. Di tempat tersebut kamu akan berkumpul bersama banyak mahasiswa lain yang berasal dari negara yang berbeda-beda. Agar kamu nyaman tinggal disana, cobalah untuk melebarkan pergaulan di circle asrama tempat kamu tinggal.

Jika kamu menemukan teman yang sefrekuensi, tentunya kamu akan lebih betah untuk tinggal di asrama dalam waktu yang lama. Selain menjadi tempat bertukar pikiran dan diskusi, memiliki teman dengan sudut pandang yang sama tentunya akan membuat hari-harimu jadi lebih menyenangkan.

  • Sibukkan Diri dengan Kegiatan Positif

product school 5H0p6JPUHbI unsplash - 6 Cara Bertahan Tinggal di Dormitory bagi Mahasiswa Baru

Sumber: unsplash

Masa muda adalah masa dimana kamu bisa mengeksplor banyak hal. Tanpa mengabaikan hal-hal akademis, kamu juga bisa mengisi waktu dengan melakukan kegiatan lain yang sifatnya positif. Akan lebih baik jika kamu melakukannya bersama-sama teman seasrama. Berbagai aktivitas tersebut pastinya akan menjadi lebih seru.

Kamu bisa bergabung dengan kelompok organisasi atau komunitas tertentu. Selain itu, kamu juga bisa mengikuti berbagai seminar menarik yang akan menambah wawasan dan pengalaman. Bahkan dengan mengikuti serangkaian kegiatan tadi kamu juga bisa memperluas relasi atau pertemanan baru.

  • Menata Kamar agar Lebih Homey

holly stratton PhwbTwdZ3f4 unsplash - 6 Cara Bertahan Tinggal di Dormitory bagi Mahasiswa Baru

Sumber: unsplash

Penataan kamar juga bisa menjadi salah satu faktor yang bisa membuat kamu betah tinggal di dormitory. Walaupun luas kamar asrama terbatas, tapi kamu bisa mendekorasinya sesuai selera. Buatlah kamar yang mendeskripsikan karakter pribadi agar kamu merasa berada di rumah sendiri. Namun pastikan penataan ruangan tidak menyalahi aturan-aturan yang diterapkan di asrama agar kamu tidak mendapat sanksi.

  • Terapkan Peraturan dengan Teman Sekamar

rule word written wooden cubes e1631510749934 - 6 Cara Bertahan Tinggal di Dormitory bagi Mahasiswa Baru

Sumber: freepik

Konflik dengan teman sekamar adalah salah satu masalah yang pastinya akan kamu alami saat tinggal di asrama. Untuk meminimalisir hal tersebut, kamu bisa menerapkan peraturan dengan teman sekamarmu. Tinggal dengan teman yang berasal dari negara lain pastinya membutuhkan proses adaptasi yang tidak mudah. Hal tersebut karena perbedaan karakter serta kultur yang biasa dijalani di negara masing-masing. Namun kamu bisa mendiskusikan hal tersebut secara baik-baik dengan teman sekamarmu agar suasana di dalam dormitory jadi lebih nyaman.

Baca juga: Ketahui Cara Adaptasi yang Tepat Saat Kuliah di Luar Negeri

  • Berdamai dengan Perbedaan

hannah busing Zyx1bK9mqmA unsplash - 6 Cara Bertahan Tinggal di Dormitory bagi Mahasiswa Baru

Sumber: unsplash

Tiap-tiap mahasiswa dari negara lain yang tinggal di dalam asrama pastinya dibesarkan dengan cara dan tradisi yang berbeda. Hal tersebut juga mempengaruhi karakter dan kepribadian dari masing-masing individu. Terkadang mungkin kamu akan sulit mengerti dengan berbagai kebiasaan tak umum yang dilakukan oleh teman seasrama. Namun jika kamu bisa bertoleransi tentunya tidak akan menimbulkan konflik yang tak perlu. Berdamai dengan berbagai perbedaan tersebut bisa jadi langkah kecil agar kehidupanmu di asrama jadi lebih nyaman.

Baca juga: 3 Cara Ampuh Atasi Cultural Shock Saat Kuliah di Luar Negeri

  • Berani Berkata Tidak

isaiah rustad HBABoZYH0yI unsplash - 6 Cara Bertahan Tinggal di Dormitory bagi Mahasiswa Baru

Sumber: unsplash

Tidak semua orang akan mendapatkan roommates yang baik dan pengertian. Ada kalanya kamu harus menerima kenyataan untuk tinggal sekamar dengan orang yang cukup merepotkan. Misalnya temanmu tersebut sering meminjam sesuatu atau memaksamu untuk melakukan hal-hal tertentu yang kamu tidak ingin. Jika hal tersebut terjadi, jangan ragu untuk berkata tidak daripada kamu tidak betah tinggal di dormitory. Prioritaskan kenyamanan diri sendiri terlebih dahulu agar hari-harimu di asrama menjadi lebih menyenangkan.

Baca juga: 7 Keuntungan Memilih Kuliah di Luar Negeri yang Perlu Anda Tahu

Berbagai tips tinggal di dormitory tadi bisa jadi contekan bagi kamu yang memutuskan untuk tinggal di asrama saat melanjutkan studi di mancanegara. Selain pandai dalam mengatur kehidupan baru di lingkungan asrama, kamu juga harus pandai dalam mengatur keuangan sebagai mahasiswa asing di perantauan. Gunakan aplikasi Qelola untuk membantumu dalam melakukan berbagai transaksi keuangan secara online.

Qelola adalah aplikasi keuangan populer di Malaysia yang menawarkan berbagai fitur menarik didalamnya. Melalui Qelola, kamu bisa bayar tagihan listrik, air, dan BPJS dalam satu aplikasi. Selain itu kamu juga bisa beli pulsa, kuota internet, bahkan transfer uang dari Malaysia ke Indonesia lho! Segera unduh aplikasi Qelola disini, dan nikmati kemudahan dalam melakukan berbagai transaksi keuangan langsung dari smartphonemu.

Tags: , ,