7 Keuntungan Memilih Kuliah di Luar Negeri yang Perlu Anda Tahu

kuliah di luar negeri

Di zaman serba modern ini, kuliah di luar negeri bukan menjadi hal yang mustahil bagi pelajar dan mahasiswa Indonesia. Beberapa negara termasuk Malaysia, menjadi tujuan kuliah favorit yang diimpikan banyak orang. Bukan tanpa alasan, sistem pendidikan Malaysia kini terbilang cukup maju dan diperhitungkan. Selain itu, budaya Indonesia dan Malaysia yang tidak jauh berbeda semakin meyakinkan mahasiswa Indonesia untuk berkuliah di Malaysia. Ketahui alasan Anda tak perlu ragu lagi untuk mencoba berkuliah di luar negeri berikut ini.

1.  Mendapat Banyak Ilmu dan Pengalaman

portrait smiling asian student 1098 17239 - 7 Keuntungan Memilih Kuliah di Luar Negeri yang Perlu Anda Tahu 

Alasan pertama seseorang memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri adalah ingin memperoleh pengalaman baru. Di luar negeri Anda pasti akan bertemu, berinteraksi dan menjalin pertemanan dengan orang-orang yang memiliki latar belakang budaya dan bahasa yang berbeda. Selain itu, Anda akan berada di lingkungan yang benar-benar baru serta jauh dari sanak keluarga. Dengan keadaan demikian, Anda akan diajarkan banyak hal dan pengalaman baru dan membuat pribadi Anda semakin berkembang.

2. Membentuk Pribadi Anda Lebih Mandiri

Tinggal dan menetap di luar negeri relatif lebih sulit jika dibandingkan dengan tinggal di negeri sendiri. Segala kebutuhan hidup harus Anda atur secara mandiri dan tidak bisa selalu mengandalkan bantuan beasiswa atau uang kiriman dari keluarga. Oleh karena itu, tidak sedikit mahasiswa yang kuliah di luar negeri memiliki gaya hidup yang sederhana dan mandiri. Jika diperlukan, Anda bisa mencari pekerjaan sampingan untuk menambah pemasukan selama waktu luang. Dengan demikian, Anda akan sepenuhnya terbentuk menjadi pribadi yang bisa diandalkan untuk diri sendiri. Hal ini bermanfaat nantinya dalam dunia kerja, karena Anda akan lebih proaktif, bertanggung jawab serta dapat diandalkan dalam situasi apapun.

3. Fasih dalam Berbahasa Asing

Kemampuan dalam bahasa asing menjadi salah satu keuntungan yang akan didapat dengan berkuliah di luar negeri. Sebagai mahasiswa internasional dituntut untuk terbiasa menggunakan bahasa Inggris selama berkomunikasi di luar negeri. Tentu kebiasaan ini bisa Anda mulai dan latih sebelum memutuskan berangkat ke luar negeri, mengingat bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang harus dikuasai di zaman modern ini. Tidak menutup kemungkinan Anda juga harus menguasai bahasa asing lainnya jika negara tujuan Anda kuliah memiliki bahasa nasional selain bahasa Inggris. Kemampuan dan kefasihan dalam berkomunikasi dalam bahasa Inggris maupun bahasa asing lainnya ini akan membantu Anda selama tinggal dan mencoba berkarir di luar negeri.

4. Menambah Jaringan Komunitas Global

group diverse multiethnic cheerful students 53876 26210 - 7 Keuntungan Memilih Kuliah di Luar Negeri yang Perlu Anda Tahu

Kuliah di luar negeri akan mempertemukan Anda dengan teman-teman dari berbagai negara. Berusahalah untuk menjalin hubungan pertemanan yang baik dengan semua orang yang Anda temui. Hal ini akan membuat Anda memiliki banyak teman dan jaringan komunitas global. Dalam jangka panjang nantinya bisa menunjang karir atau bisnis yang akan Anda geluti.

5. Mampu Mengelola Keuangan Sendiri

Tinggal dan menetap jauh dari orang tua dan orang terdekat akan membuat Anda mengatur segala hal sendiri, termasuk dalam hal keuangan. Anda akan lebih bisa mengatur keuangan sendiri untuk memenuhi segala kebutuhan hidup di luar negeri. Kemampuan mengelola keuangan di luar negeri ini akan menjadi bekal ketika sudah mampu bekerja dan menghasilkan uang. Tidak sedikit lho, perusahaan yang mencari dan membutuhkan karyawan yang baik dalam urusan mengelola keuangan. Tak perlu khawatir, Anda bisa memulai atur uang sendiri menggunakan layanan aplikasi Qelola.

6. Puas Travelling Selama di Luar Negeri

Tinggal dan menetap di luar negeri akan memberikan Anda kesempatan lebih lama untuk travelling di sela-sela kuliah. Cara ini dinilai paling bagus untuk melihat bagian dunia yang mungkin tidak Anda jumpai sebelumnya. Anda akan lebih puas menjelajahi negara tersebut atau negara di sekitarnya dibanding harus berkelana sebagai turis dari negara asal. 

Baca Juga: Ingin Sekolah di Luar Negeri? Yuk Siapkan Budget Plan Dulu

7. Peluang Sukses Lulusan Luar Negeri Lebih Terbuka Lebar

cheerful asian guy resting floor among books 1262 862 - 7 Keuntungan Memilih Kuliah di Luar Negeri yang Perlu Anda Tahu

Dari beberapa keuntungan kuliah di luar negeri di atas, wawasan dan pengetahuan Anda akan semakin terbuka. Peningkatan kemampuan, wawasan, relasi, dan hal yang tak kalah penting yaitu pengalaman di luar negeri akan semakin menambah “nilai jual” Anda saat melamar pekerjaan atau memulai bisnis sendiri. Pernah tinggal di luar negeri akan membuka lebar mata Anda untuk melihat banyak peluang dan kesempatan sukses yang mungkin tidak pernah Anda temui sebelumnya. Sebesar apapun menggiurkannya kehidupan di luar negeri, tetaplah ingat dan mencintai negeri sendiri dengan turut memajukan bangsa.

Demikian ulasan mengenai berbagai alasan memilih kuliah di luar negeri. Selama menempuh pendidikan di Malaysia, keuangan menjadi satu hal pokok yang harus Anda kelola dengan baik. Percayakan layanan Qelola untuk mengatur biaya hidup Anda selama kuliah dan multi-billing payment untuk segala jenis tagihan bulanan yang harus Anda bayarkan. Unduh dan install aplikasi Qelola melalui smartphone Anda sekarang juga! Ajak teman-teman dan keluarga Anda juga untuk memanfaatkan layanan sesama pengguna aplikasi Qelola tanpa dikenai biaya administrasi saat kirim uang! Yuk, segera lakukan pendaftaran dan pengaktifan akun Qelola untuk melakukan kemudahan transaksi Anda. Dapatkan informasi lebih lengkap di sini.

 

Tags: , , , , , , , , ,