Ketahui Cara Adaptasi yang Tepat Saat Kuliah di Luar Negeri

adaptasi

Hampir semua orang tentu saja setuju, bahwa memiliki kesempatan untuk kuliah di luar negeri merupakan suatu hal yang sangat berharga. Mungkin Anda salah satu di antaranya. Ada banyak hal-hal baru yang akan Anda temui dan harus Anda hadapi saat kuliah di luar negeri. Namun ternyata tidak semua orang mudah  untuk beradaptasi di lingkungan yang baru. Lantas, bagaimana cara yang dapat dilakukan agar bisa beradaptasi dengan suasana yang baru secara lebih mudah? Berikut ini telah kami rangkum beberapa tips adaptasi yang dapat Anda aplikasikan saat kuliah di luar negeri.

Baca Juga: Ketahui Info Penting Ini, Jika Ingin Lulus Kuliah Langsung Kerja di Luar Negeri!

1. Memahami Bahasa Lokal

adaptasi 1 - Ketahui Cara Adaptasi yang Tepat Saat Kuliah di Luar Negeri

Berusaha untuk mempelajari bahasa lokal sehari-hari di negara tempat Anda kuliah, tentunya menjadi hal yang sangat penting. Karena komunikasi merupakan penghubung antara satu dengan yang lainnya, termasuk antara Anda dengan masyarakat setempat. Maka dari itu, Anda memang diwajibkan untuk bisa berbahasa lokal atau paling tidak Anda harus menguasai bahasa Inggris. Dengan menguasai bahasa lokal tersebut, Anda tentu akan lebih mudah beradaptasi. Jika tidak dapat berkomunikasi dengan baik, maka Anda akan lebih sulit untuk bergaul dengan orang-orang lokal yang ada di sana.

2. Beradaptasi dengan Makanan Lokal

Adaptasi dengan makanan lokal itu jadi bisa berbeda-beda setiap orang, karena hal ini menyangkut dengan selera masing-masing. Namun ada hal yang penting untuk diperhatikan, yaitu jika di Indonesia setiap makanan selalu ada label halal, namun tidak semua negara memiliki label seperti itu. Oleh karena itu, Anda harus rajin bertanya dan mencari tahu apakah makanan tersebut halal atau tidak sebelum membelinya. Selain itu, banyaknya makanan-makanan instan dan cemilan yang dijual jangan sampai membuat Anda tidak dapat mengontrol diri, ya.

3. Beradaptasi dengan Iklim yang Ada

Jika Anda tinggal di negara tropis, maka soal iklim tidak akan menjadi masalah. Namun bagaimana jika Anda tinggal di negara yang mempunyai iklim berbeda? Hal itu tentu akan menjadi tantangan tersendiri. Anda harus mempersiapkan perlengkapan yang sesuai dengan iklim dan cuaca di negara tersebut. Di tahun pertama, mungkin Anda akan merasa sulit untuk menjalani musim demi musim, namun tahun-tahun selanjutnya Anda akan mulai terbiasa dengan iklim yang ada.

4. Melihat Kebiasaan Sekitar

adaptasi 2 - Ketahui Cara Adaptasi yang Tepat Saat Kuliah di Luar Negeri

Jika Anda ingin kuliah dan tinggal di luar negeri, maka Anda harus mengikuti kebiasaan orang sekitar. Misalnya dalam hal budaya, dan aturannya yang ada di negara tersebut. Cukup mudah bagi Anda untuk mengenal kebiasaan orang lokal, yaitu dengan cara melihat bagaimana orang-orang tersebut melakukan sesuatu. Contohnya, Anda perlu melihat bagaimana cara mereka menyebrang jalan, bagaimana mereka menggunakan sarana umum, dan lain sebagainya.

5. Bergaul dengan Masyarakat Lokal

Bergaul dengan orang-orang lokal juga akan membantu Anda dalam menjalani kehidupan saat kuliah dan tinggal di luar negeri. Sebagai contohnya, ketika Anda ingin melakukan survei untuk penelitian, maka teman-teman lokal tersebut dapat membantu Anda. Seperti mencari lokasi, atau bahkan berkomunikasi dengan penduduk lokal yang Anda butuhkan.

6. Mentaati Hukum yang Berlaku

Tips adaptasi saat kuliah di luar negeri selanjutnya adalah pastikan Anda tidak melanggar hukum dan tata tertib, apalagi dengan sengaja. Jika Anda melanggarnya, selain akan berakibat buruk pada diri Anda sendiri, hal itu juga akan memberikan citra negatif pada negara asal Anda.

7. Menggunakan Fasilitas Umum

adaptasi 3 - Ketahui Cara Adaptasi yang Tepat Saat Kuliah di Luar Negeri

Negara-negara maju seringkali memberikan fasilitas-fasilitas yang banyak. Di antaranya adalah seperti koneksi internet, perpustakaan, asuransi kesehatan, dan masih banyak lagi. Sebagai warga atau mahasiswa asing yang tinggal secara resmi di negara tersebut, maka Anda juga berhak  untuk menikmati fasilitas tersebut. Manfaatkan dengan baik untuk menunjang perkuliahan Anda. Memiliki smartphone juga akan banyak berguna bagi Anda, karena di beberapa negara sudah menunjang fasilitas digital dan cloud service yang bisa dimanfaatkan dengan efektif.

8. Mengatur Keuangan Secara Bijak

Tips adaptasi saat kuliah di luar negeri selanjutnya adalah Anda harus bijak dalam mengatur keuangan. Bagi Anda yang memperoleh bantuan keuangan atau beasiswa dalam kurs negara tempat Anda kuliah, mungkin akan lebih mudah. Namun jika Anda memperoleh beasiswa dari Indonesia dalam rupiah atau menggunakan biaya sendiri, maka Anda harus rajin mengecek nilai tukar mata uang setiap hari. Hal ini penting, karena Anda harus tahu kapan saat yang tepat untuk menarik uang atau menahannya dalam bank. Karena nilai tukar bisa berbeda-beda setiap saat, sehingga Anda perlu memilih waktu yang tepat.

Jika Malaysia adalah negara tujuan Anda, maka menggunakan aplikasi keuangan seperti Qelola tentu menjadi keputusan yang terbaik. Bagaimana tidak, Qelola ini bisa Anda gunakan untuk mengirim dan menerima dana baik antar pengguna maupun ke rekening bank. Selain itu, Qelola juga dilengkapi dengan fitur multi-billing yang akan memudahkan Anda. Yuk, coba unduh aplikasinya di Google Play sekarang.

Tags: , , , , ,