Wisata Kuliner Malaysia? Kunjungi 6 Spot Makan Legendaris Ini

wisata kuliner malaysia

Jika kamu ingin liburan murah ke luar negeri, Malaysia bisa jadi pilihannya. Secara geografis, letaknya sangat dekat dengan Indonesia. Harga tiket pesawat dan biaya akomodasinya pun tidak mahal. Selain itu, kamu tidak perlu mengeluarkan budget liburan yang fantastis karena segala sesuatunya masih relatif terjangkau. Malaysia menjadi negara dengan penduduk multietnis, tak hanya Melayu saja, tapi juga Cina, India, Arab, dan lain-lain. Hal itu pun berpengaruh pada ragam wisata kuliner Malaysia.

Nah jika kamu nanti punya kesempatan liburan ke negeri Jiran, jangan lewatkan untuk mengunjungi berbagai tempat makan legendaris yang ada disana ya! Karena ada banyak surga kuliner lezat yang siap menantimu. Tak hanya enak, harga makanan di Malaysia cukup ekonomis sehingga tak heran jika berbagai spot makan di Malaysia selalu ramai dipadati pengunjung. Jika penasaran, berikut adalah rekomendasi wisata kuliner Malaysia yang wajib kamu kunjungi.

  • Jalan Alor

jalan alor malaysia - Wisata Kuliner Malaysia? Kunjungi 6 Spot Makan Legendaris Ini

Sumber: unsplash oleh Job Savelsberg

Hampir semua situs wisata menempatkan Jalan Alor di daftar pertama sebagai tempat kuliner wajib di Malaysia yang harus dikunjungi. Tempat yang memiliki konsep outdoor dine-in ini tidak pernah sepi pengunjung lho! Sesampainya disana, kamu akan menemukan berbagai gerai street food yang saling berjejeran. Meja dan kursi ditata sedemikian rupa hingga hampir menutupi badan jalan.

Tempat ini sangat populer di kalangan wisatawan karena harga yang ditawarkan cukup murah dan terjangkau. Berbagai ragam kuliner lezat bisa dengan mudah kamu temukan. Baik makanan halal dan nonhalal tersedia disini, jadi bagi umat Muslim harap lebih teliti dalam memilih menu makanannya ya! Mayoritas ragam menu yang ada berupa seafood, makanan khas Cina, kue-kue tradisional, dan lain-lain. Selain makanannya yang enak dan murah, suasana di Jalan Alor dihiasi dengan banyak lampion yang pastinya membuat pengunjung betah nongkrong lama disana.

Baca juga: Daftar Restoran Halal yang Bisa Anda Coba di Malaysia

  • Hawker Stall

Tempat wisata kuliner Malaysia yang cocok dengan kantong backpacker lainnya adalah Hawker Stall. Beralamatkan di Jalan Sultan dan Jalan Tun HS Lee Chinatown, Kuala Lumpur, tempat ini jadi spot favorit pelancong untuk sekedar bersantai sambil menikmati kopi atau teh.

Walaupun populer sebagai tempat ngopi yang asyik, namun ada banyak makanan lokal lezat yang bisa kamu santap disana. Beberapa minuman yang menjadi best seller di Hawker Stall adalah Teh O, Teh Ais, Teh O Ais, dan Kopi Tongkat Ali Ginseng. Jadi kalau kamu mencari tempat bersantai yang murah meriah di Malaysia, Hawker Stall adalah pilihan yang tepat.

  • Petaling Street

petaling street malaysia - Wisata Kuliner Malaysia? Kunjungi 6 Spot Makan Legendaris Ini

Sumber: unsplash oleh Ravin Rau

Pilihan street food di Malaysia ada banyak, salah satu tempat yang cukup recommended untuk jajan kuliner jalanan yang enak plus murah bisa kamu temukan di Petaling Street. Apalagi jika kamu adalah penggemar kuliner khas Tionghoa, tempat ini menjadi surganya Chinese Food di Kuala Lumpur. Ragam menu yang banyak dipesan oleh para turis disini umumnya adalah bebek peking, hokkien mee, yong tau foo, chee cheong fun, dan lain-lainnya. Selain menawarkan harga yang murah, tempat ini juga dihiasi oleh banyak lampion yang cantik.

  • Dharma Realm Guan Yin Sagely Monastery

Bagi pelancong yang ingin menjajal menu kuliner vegetarian bisa mengunjungi Dharma Realm Guan Yin Sagely Monastery yang ada di Jalan Ampang 50450 Kuala Lumpur Malaysia. Sesuai dengan konsep makanan yang dijual, kamu tidak akan menemukan olahan daging-dagingan di kedai makan tersebut. Hebatnya, semua makanan yang ada disini dimasak tanpa menggunakan tambahan penyedap/ MSG sama sekali lho! Tak hanya lezat saja, semua makanan yang ada di Dharma Realm Guan Yin Sagely Monastery juga sangat menyehatkan.

  • Signature Food Court di Suria KLCC

Tempat belanja sekaligus spot kuliner di Malaysia yang banyak dipadati pengunjung lainnya adalah Signature Food Court yang ada di dalam Suria KLCC. Suria KLCC adalah salah satu mall mewah di Malaysia dengan 320 toko didalamnya. Terletak tepat di bawah Menara Petronas, tempat ini tak hanya jadi surga belanja saja tapi juga menjadi spot wisata kuliner Malaysia. Selesai membeli barang-barang yang diinginkan, kamu bisa mampir ke area Signature Food Court yang ada di dalam Suria KLCC. Manjakan lidah dengan berbagai menu yang tersedia seperti hidangan lokal, western food, aneka jus, hingga makanan cepat saji.

  • Central Market

central market malaysia - Wisata Kuliner Malaysia? Kunjungi 6 Spot Makan Legendaris Ini

Sumber: unsplash oleh Johen Redman

Bagi kamu yang ingin belanja murah sekaligus mencicipi hidangan khas Malaysia, wajib datang ke Central Market. Mayoritas wisatawan yang datang ke tempat ini memang memburu berbagai macam barang-barang unik untuk diri sendiri maupun oleh-oleh. Namun, jika menelusuri lebih dalam lagi, disini kamu juga bisa menemukan banyak gerai makanan yang menjual aneka masakan lokal khas Malaysia. Nasi Kandar, Roti Naan, dan Teh Tarik menjadi pilihan kuliner favorit pelancong yang datang ke Central Market.

Baca juga: Coba Semua Makanan Khas Malaysia Terfavorit Ini

Wisata kuliner Malaysia menjadi agenda wajib yang harus ada di dalam daftar itinerary liburanmu. Selain mencari tahu daftar spot kuliner legendaris yang ada disana, kamu juga harus tahu aplikasi keuangan populer yang banyak digunakan oleh orang Indonesia di Malaysia. Salah satu aplikasi untuk melakukan berbagai transaksi keuangan secara online yang terpercaya adalah Qelola. Melalui aplikasi Qelola kamu bisa bayar tagihan listrik, air, dan BPJS dalam satu aplikasi.

Selain itu kamu juga bisa beli pulsa, kuota internet, bahkan transfer uang dari Malaysia ke Indonesia lho! Segera unduh aplikasi Qelola disini, dan nikmati kemudahan dalam melakukan berbagai transaksi keuangan langsung dari smartphonemu.

Tags: , , , , , , ,