Coba Semua Makanan Khas Malaysia Terfavorit Ini

nasi lemak

Makanan khas suatu negara menjadi salah satu daya tarik tersendiri untuk mengunjunginya, tidak terkecuali negara Malaysia. Hampir sama dengan Indonesia, Malaysia juga memiliki beberapa makanan yang sudah terkenal menjadi ikon dari negara bermata uang ringgit ini. Tentu yang paling menjadi sorotan adalah nasi lemak. Bagi Anda yang memiliki rencana berlibur di Malaysia, penting mengetahui makanan khas mereka. Jika perlu buat daftar makanan mana saja yang cocok bagi Anda dan harus Anda coba bersama kerabat atau keluarga. Begitu juga dengan Anda yang sudah ada di Malaysia tapi masih bingung mau makan apa, mari ketahui 10 makanan khas Malaysia terfavorit yang patut Anda coba.

1.  Nasi Lemak

Nasi lemak merupakan perpaduan nasi yang direndam dengan santan dan beberapa rempah lainnya lalu dimasak dan disajikan bersama sayur dan lauk. Lauknya beragam tapi yang paling umum disajikan adalah telur rebus, ayam goreng, rendang sapi goreng, tumis kangkung, sambal goreng teri kacang, dan dilengkapi dengan sambal sotong. Menggugah selera bukan? Menu ini mirip dengan nasi uduk, sehingga bagi Anda yang ingin mencicipi “nasi uduk” milik Malaysia, menu ini bisa diandalkan.

Nasi Lemak%2C Mamak%2C Sydney - Coba Semua Makanan Khas Malaysia Terfavorit Ini

Sumber: https://upload.wikimedia.org/

2.  Nasi Kandar

Nasi kandar adalah nasi putih yang disiram dengan kuah kari yang kental. Kemudian disajikan dengan berbagai macam lauk juga. Beberapa pilihan diantaranya adalah daging kambing, cumi-cumi goreng, udang goreng, daging sapi, telur, ayam goreng, dan jeroan. Anda dapat mengkombinasikan lauk-lauk tersebut sesuai selera. Bahkan Anda juga bisa memilih kuah kari dan olahan sayur lebih dari 1 macam. Menu ini biasanya disamakan dengan nasi padang di Indonesia. Meskipun begitu, Anda harus mencoba dan rasakan perbedaannya.

3.  Nasi Kerabu

Nasi kerabu adalah makanan khas Malaysia wilayah pesisir timur seperti Kelantan Terengganu. Menu ini unik karena nasinya yang berwarna biru. Warna biru tersebut berasal dari kelopak bunga telang yang dimasak bersama. Selain warnanya, nasi kerabu juga memiliki aroma lebih harum yang khas karena campuran berbagai bahan harum seperti daun kecombrang, daun kesum, daun kunyit, dan sebagainya. Lalu ditemani dengan berbagai lauk dan saus budu yang juga unik. Penasaran bukan?

nasi kerabu malaysia - Coba Semua Makanan Khas Malaysia Terfavorit Ini

Sumber: https://indonesiaeats.com/

4.  Palak Paneer

Palak paneer merupakan menu kuah yang berasal dari daun bayam yang dilembutkan sehingga warnanya menjadi hijau. Kuah ini menjadi lebih spesial karena dimasak dengan keju yang berasal dari susu kambing. Kemudian cara menikmatinya adalah dengan roti yang sering dijumpai di India, yaitu chapatis atau bhaturas. Menu ini dijamin akan menambah daftar makanan favorit Anda karena rasanya yang unik. Apalagi bagi Anda pecinta keju, keju kambing harus Anda coba.

00250570870074718936 - Coba Semua Makanan Khas Malaysia Terfavorit Ini

Sumber: https://d15hng3vemx011.cloudfront.net/

5.  Asam Laksa Penang

Asam laksa penang adalah kombinasi bihun dan kuah kental asam pedas. Sebagai pelengkap ada beberapa tambahan topping yang akan menambah selera makan Anda. Beberapa diantaranya adalah nanas, selada, ikan makarel, mentimun, dan cabai. Apakah Anda penggemar masakan pedas? Tantang lidah Anda dengan menu yang satu ini.

6.  Sang Har Kuey Teow

Sang har kuey teow yaitu makanan yang berisi mi atau bihun yang digoreng kering lalu disiram dengan kuah yang telah dimasak terlebih dahulu. Pengolahan kuahnya sendiri merupakan campuran kaldu dan telur serta bumbu-bumbu lainnya. Menjadi lebih spesial karena kaldu yang dimaksud berasal dari udang atau lobster yang direbus. Sehingga nantinya udang atau lobster tersebut akan menjadi topping-nya.

7.  Murtabah

Ketika Anda mendengar menu ini, pasti Anda langsung terpikirkan dengan menu martabak di Indonesia bukan? Hal itu tidak salah karena murtabah memang hampir sama dengan martabak. Ingin tau perbedaan mendasar dari kedua menu ini? Maka cobalah langsung di Malaysia.

8.  Chi Chong Fan

Chi chong fan merupakan menu sejenis kwetiau yang digulung lalu disajikan bersama saus atau kuah khusus. Dahulu, kuah yang digunakan berasal dari saus kedelai saja, namun sekarang saus yang digunakan menjadi lebih bervariasi. Termasuk penambahan bubuk cabai karena masyarakat Malaysia suka dengan makanan pedas. Menu ini sering dijadikan sebagai makanan pembuka pada restoran China.

9.  Mee Siam

Makanan ini mendapat predikat “Trully Malaysia” karena rasanya yang pedas dan mendapat banyak cinta dari warga Malaysia. Menunya sendiri berisikan bihun goreng kering yang disiram kuah asam pedas yang segar. Lalu ditambah dengan perasan jeruk nipis agar cita rasanya semakin menggugah selera. Selain karena predikat tersebut, mee siam juga menjadi lebih spesial karena masuk salah satu menu yang paling dicari para wisatawan.

10.  Air Batu Campur

Air Batu Campur termasuk dalam menu makanan penutup yang patut dicoba. Berisikan es batu serut yang banyak lalu diberi berbagai macam topping favorit Anda. Beberapa diantaranya adalah nata de coco, kacang merah, kolang kaling, cendol, dan yang paling spesial adalah es krim. Bahkan banyak juga yang menyediakan es krim. Bagi Anda pecinta menu manis, menu ini wajib dicicipi.

Itu tadi adalah beberapa makanan khas Malaysia yang harus Anda coba jika memiliki kesempatan berkunjung ke sana. Beberapa jenis makanan tersebut memang masih berhubungan dengan chinese food, namun banyak juga budaya Malaysia yang sudah masuk di dalamnya. Anda juga menjadi paham bukan jika tidak semua makanan Malaysia non-halal, sehingga bagi Anda yang muslim tetap bisa memilih beberapa makanan halal di atas.

Segala hal yang berhubungan dengan makanan khas tentu tidak akan jauh dari proses pembayaran. Kita akan membutuhkan mata uang ringgit di sana. Sedangkan Anda tentu tidak bisa selalu memegang uang ringgit tunai yang banyak dengan alasan keamanan. Maka dari itu, butuh yang namanya aplikasi tarik tunai uang ringgit yang dapat diakses kapanpun. Qelola hadir sebagai aplikasi keuangan yang akan memudahkan Anda dalam tarik tunai uang ringgit Malaysia dari 4 rekening berbeda yang Anda daftarkan. Nyaman bukan? Tunggu apa lagi, download aplikasi Qelola sekarang juga.

Tags: , , ,