Patut Ditiru, Ini Kebiasaan Orang Jepang yang Perlu Diteladani

kebiasaan orang jepang 2 scaled - Patut Ditiru, Ini Kebiasaan Orang Jepang yang Perlu Diteladani

Negara Jepang terkenal akan film animasinya yang banyak menjadi favorit sebagian orang di seluruh penjuru dunia. Selain film animasinya, kuliner, fashion, otomotif hingga budayanya juga banyak memiliki penggemar. Tetapi, ada beberapa hal yang menjadi minus dari negara Jepang yaitu salah satunya menjadi negara dengan pelaku bunuh diri paling banyak di dunia. Namun, dibalik itu tetap negara sakura ini memiliki kebiasaan positif yang bisa kita tiru. Apa saja? berikut ini ulasan lengkapnya.

Waktu adalah uang

kebiasaan orang jepang 1 700x445 - Patut Ditiru, Ini Kebiasaan Orang Jepang yang Perlu Diteladani

Tahukah kamu bahwa orang-orang di Jepang sangat menghargai waktu. Mereka menganggap waktu adalah uang sehingga akan berusaha melakukan apapun tepat pada waktunya. Disiplin dengan waktu menjadi prioritas mereka, jadi tak usah heran jika kamu berada disana dan melihat mereka berjalan dengan sangat cepat. Hal ini menandakan kalau mereka tidak mau membuang waktu secara cuma-cuma dan membuat mereka terlambat sampai tujuan.

Mandiri sejak dini

Orang tua di negara Jepang mendidik anak mereka sejak kecil untuk bisa hidup mandiri walaupun umur mereka masih anak-anak. Saat anak-anak berumur prasekolah, mereka sudah dilatih untuk mengambil makanan dan makan sendiri hingga merapikan peralatan makannya sendiri. Anak-anak SD di Jepang sudah bisa menyiapkan hingga membawa peralatan sekolah sendiri dan berangkat sekolah menggunakan transportasi umum. 

Baca Juga : Rekomendasi Makanan Khas Jepang Yang Wajib Di Coba!

Tidak candu dengan gadget

kebiasaan orang jepang 3 min 700x467 - Patut Ditiru, Ini Kebiasaan Orang Jepang yang Perlu Diteladani

Walaupun terkenal dengan perkembangan teknologi yang canggih, rata-rata masyarakat Jepang tidak terlalu memanfaatkan gadget dalam segala situasi. Sekolah-sekolah di negara sakura ini pun melarang muridnya membawa ponsel ke sekolah. Tentunya hal ini bertujuan agar murid bisa lebih fokus menerima pelajaran dan menghapuskan perbedaan antar kelas sosial siswa.

Minat membaca yang sangat tinggi

Mungkin kamu sering melihat di film Jepang jika sedang ada adegan di transportasi umum, banyak orang yang sedang membaca buku. Ini merupakan fakta dari penduduk negara Jepang yang menganggap pengetahuan nomor satu sehingga mereka gemar membaca. Dengan membaca, maka kita akan memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas.

Menghargai proses

kebiasaan orang jepang 4 700x467 - Patut Ditiru, Ini Kebiasaan Orang Jepang yang Perlu Diteladani

Masyarakat Jepang sangat menghargai proses, mereka tidak selalu mengharapkan hasil yang sempurna, namun cenderung memperhatikan proses yang benar dan sempurna. Mereka yakin tidak ada keberhasilan yang bisa tercapai dengan instan atau yang cenderung mengandalkan kekuasaan atau uang. Seseorang harus bekerja keras untuk bisa mendapatkan hak yang telah mereka perjuangkan.

Pandai mengelola keuangan

Hidup di negara dengan kebutuhan hidup yang tinggi membuat penduduk Jepang lebih suka menabung daripada membeli keperluan yang tak terlalu penting. Mereka bijak dalam menggunakan uang sehingga kebutuhannya dapat terpenuhi dengan baik. 

Begitu banyak kebiasaaan orang Jepang yang positif dan bisa kita ambil dan menjadi contoh sebagai bekal di kehidupan sehari-hari. Namun, untuk urusan dalam mengelola keuangan tetap percayakan pada aplikasi Qelola ya. Tersedia banyak fitur yang bisa kamu manfaatkan untuk keperluan transaksi keuanganmu. Segera unduh Qelola melalui Google Playstore di smartphone-mu dan nikmati berbagai kemudahannya.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,