Makanan Halal Di Luar Negeri? Ini Tips Mudah Mencarinya!

wisata makanan halal

Para traveler pasti tahu bagaimana mempersiapkan agenda perjalanan, terutama ketika akan berangkat ke luar negeri. Setelah semua perlengkapan siap, hal terakhir yang menjadi bahan pertimbangan adalah fasilitas makanan halal terutama bagi kamu traveler Muslim. Tak hanya halal secara bahan tapi juga secara pengolahan. Hal ini cukup sulit jika destinasi wisata tidak memiliki mayoritas penduduk penganut Islam. Berikut ini, ada beberapa tips yang bisa kamu cermati, ketika akan pergi berlibur dan bagaimana cara mendapatkan makanan halal. Apa saja?

Kultur Negara Destinasi

kultur negara 700x465 - Makanan Halal Di Luar Negeri? Ini Tips Mudah Mencarinya!

sumber: Pexels.com

Memulai petualangan berkunjung ke sebuah negara, hal terpenting yang harus kamu lakukan adalah mengerti dan memahami kultur negara yang menjadi destinasi pilihan. Hal ini untuk mempersiapkan berbagai hal kemungkinan, termasuk soal ketersediaan makanan halal. Beberapa negara yang memiliki budaya dominan bukan penganut Muslim biasanya menggunakan bahan daging babi, sapi dan ayam pada menu makanan mereka. Kecuali pelaku vegetarian, tentu saja berbeda.

Berminat mengunjungi negara Malaysia sebagai salah satu destinasi wisata yang dekat dengan Indonesia sepertinya menarik. Negara kecil dengan mayoritas penduduk Muslim cukup mudah kamu jumpai dan seperti berada di Indonesia bagian yang lain. Malaysia memiliki keunikan khas pada kulinernya yang cukup ramah untuk traveler Muslim.

Opsi Vegetarian

vegetarian 700x467 - Makanan Halal Di Luar Negeri? Ini Tips Mudah Mencarinya!

sumber: Pexels.com

Hal termudah untuk mendapatkan makanan halal ketika berada di luar negeri adalah dengan menjadi vegetarian atau pura-pura vegan. Kamu bisa memilih makanan yang tidak memiliki kandungan daging sama sekali ketika kamu tidak tahu mana yang halal dan tidak. Untuk berjaga-jaga, melabeli diri dengan kata “saya vegetarian” adalah langkah paling aman. Kamu bisa mengunjungi toko atau resto yang menyediakan berbagai pilihan sayuran yang tentu saja aman.

Trik jitu lainnya untuk bisa mendapatkan makanan halal ketika berbeda negara adalah dengan memiliki V-card atau Vegan Card. Apakah kamu pernah mendengarnya? Kamu bisa dengan mudah mendapatkan kartu ini karena sudah berlaku untuk 106 negara dan sudah alih bahasa. Ukuran kartunya cukup kecil sehingga kamu bisa mencetak dan melipatnya untuk dibawa kemanapun sesuai negara tujuan. Tujuan dari adanya V-card ini untuk memudahkan komunikasi ketika berada di negara yang berbeda terutama jika penduduknya tidak fasih berbicara bahasa Inggris dengan baik. Kamu bisa mendapatkan kartunya dengan link berikut.

Verify Halal

kartu halal freepik 700x394 - Makanan Halal Di Luar Negeri? Ini Tips Mudah Mencarinya!

sumber: Freepik.com

Selain kartu vegetarian ada juga aplikasi verify halal yang bisa kamu gunakan ketika berada di Malaysia. Aplikasi ini berfungsi untuk memastikan kepada konsumen supaya mendapatkan produk makanan halal. Keberadaan aplikasi ini sangat berguna untuk konsumen, pedagang ritel dan ecer untuk mencari produk yang halal dan terpercaya. Berbekal smartphone kamu cukup mengunduh dan melakukan instalasi pada perangkat dan bisa langsung digunakan. Pengembangan aplikasi ini bekerja sama dengan banyak pihak dari Malaysia sehingga kamu bisa memiliki panduan berwisata Muslim melalui gawai.

Aplikasi Resto Halal

aplikasi resto 700x467 - Makanan Halal Di Luar Negeri? Ini Tips Mudah Mencarinya!

sumber: Pexels.com

Teknologi semakin maju dan banyak muncul aplikasi yang tercipta untuk membantumu. Salah satunya adalah aplikasi resto halal yang akan berguna ketika kamu sedang berlibur ke negara lain. Beberapa restoran sudah menggunakan aplikasi pemesanan sehingga kamu bisa dengan mudah melihat dan memesan jenis makanan yang ada. Cukup dengan unduh dan pasang aplikasi resto halal yang ada sesuai dengan destinasi negara maka dengan aman kamu akan mendapatkan lokasi makanan halal.

Warung Kebab

warung kebab 700x435 - Makanan Halal Di Luar Negeri? Ini Tips Mudah Mencarinya!

sumber: Pexels.com

Ingin makan daging di negara lain tapi takut haram? Kebab adalah solusi makan daging dengan halal yang bisa kamu pilih. Resto kebab yang asli umumnya menggunakan bahan daging kambing atau daging domba yang aman untuk kamu konsumsi. Namun, kamu tetap perlu hati-hati karena ada juga warung kebab yang menggunakan daging babi tergantung dari lokasi negara dan ketersediaan daging kambing. Kebab juga terkenal dengan makanan halal khas Turki dan termasuk negara mayoritas Muslim. Kamu bisa dengan mudah menjumpai warung kebab karena sudah banyak cabang tersebar di seluruh dunia.

Franchise Fastfood

franchise fastfood 700x467 - Makanan Halal Di Luar Negeri? Ini Tips Mudah Mencarinya!

sumber: Pexels.com

Langkah termudah yang lain adalah dengan mencari waralaba makanan seperti KFC, McD dan resto pizza. Franchise yang memiliki jaringan seluruh dunia ini pasti dengan mudah kamu temukan. Selain kamu sudah mengenal mereknya, kamu juga tahu varian menu yang mereka tawarkan. Tentu saja hal ini adalah opsi terakhir ketika kamu tidak mendapatkan makanan halal pada negara tujuan berlibur.

Fish n Chips

fish n chips freepik 700x467 - Makanan Halal Di Luar Negeri? Ini Tips Mudah Mencarinya!

sumber: Freepik.com

Menu makanan aman dan cukup banyak bisa kamu temukan adalah varian fish and chips atau ikan dan kentang goreng. Menu ini adalah salah satu menu aman bagi kamu yang mencari makanan halal dan bukan vegetarian. Fish and chips cukup banyak bisa kamu temukan hampir semua negara tak terkecuali Malaysia. Makanan asal Inggris ini sudah tersebar hampir keseluruh dunia karena hidangan ini cukup simpel dan enak. Menu ini adalah sajian daging ikan goreng tepung tanpa duri dengan tambahan lemon, saus dan kentang serta sedikit salad yang berisi sayuran mentah segar seperti wortel, kubis atau selada dan bawang bombay.

Resto India

resto India 700x467 - Makanan Halal Di Luar Negeri? Ini Tips Mudah Mencarinya!

sumber: Pexels.com

Mengunjungi resto India di Malaysia akan menjanjikanmu sajian makanan halal. India terkenal dengan negara yang tidak makan daging dan olahan babi dan tidak makan daging sapi meskipun meminum susunya. Kamu bisa dengan aman datang dan memesan makanan khas India yang penuh dengan rempah. Hati-hati jika kamu tidak terlalu bisa makan makanan yang kaya rempah atau pedas.

Bagaimana, sudah memiliki agenda akan mengunjungi negara mana? Selain mengunjungi sebuah negara kamu juga perlu untuk mengunjungi website Qelola karena informasi didalamnya sesuai dengan kebutuhanmu untuk belajar cara dan tips mengelola keuangan. Jangan lupa untuk download aplikasi Qelola di smartphonemu karena bisa kamu gunakan untuk kirim uang ke Malaysia – Indonesia dengan mudah dan pastinya aman. Kamu juga bisa melakukan layanan pembayaran seperti tagihan listrik, telepon, PDAM, BPJS dan masih banyak lagi.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,