5 Tips Backpacker ke Malaysia, Aman dan Ramah Kantong

backpacker malaysia

Backpacker ke Malaysia, salah satunya Kuala Lumpur menjadi pilihan destinasi yang cocok karena lokasinya yang dekat dan bahasa yang hampir sama dengan Indonesia. Tak hanya itu, Kuala Lumpur telah memiliki transportasi umum yang mudah diakses oleh wisatawan. Jadi, akan sangat mudah bagi backpacker yang akan berkunjung ke Kuala Lumpur. Sebelum melakukan backpacker, pastikan Anda telah memiliki persiapan yang matang. Khususnya dalam mengatur budget dan menjaga keamanan selama berada di Kuala Lumpur. Tenang saja, 5 tips backpacker ke Malaysia berikut ini bisa membuat Anda aman dan terhindar dari krisis keuangan selama berada di sana.

1. Pilih Penginapan Dormitory

beds inside hostel room tourists students blurred background banner 1962 943 - 5 Tips Backpacker ke Malaysia, Aman dan Ramah Kantong

Penginapan menjadi salah satu aspek yang harus perhatikan saat melakukan backpacker. Pilihlah backpacker yang nyaman dan aman dengan harga yang cukup murah. Penginapan dormitory atau hostel dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menghemat budget Anda. Dormitory di Kuala Lumpur memiliki harga sangat terjangkau. Anda bisa mendapatkan dormitory atau hostel dengan harga di bawah Rp100.000 per malam. Harga tersebut umumnya sudah termasuk fasilitas loker serta kamar mandi yang bersih disertai layanan sarapan pagi gratis.

2. Naik Transportasi Umum

Jika Anda ingin melakukan backpacker aman dan ramah kantong di Kuala Lumpur, Malaysia, sebaiknya Anda berkeliling kota menggunakan transportasi umum. Tak hanya aman dan hemat, transportasi umum di Kuala Lumpur bervariasi dengan jam datang yang tepat waktu. Anda bisa menggunakan LRT dan MRT yang harganya berkisar RM1 hingga RM6 atau sekitar Rp3.000 sampai Rp18.000 tergantung jauhnya perjalanan yang ditempuh.

Jika ingin lebih menghemat biaya, Anda bisa mengunjungi tempat wisata di Kuala Lumpur menggunakan bus Go KL. Bus Go KL berwarna ungu tersebut akan membawa Anda berkeliling di banyak tempat wisata dan tempat belanja yang ada di sana. Transportasi yang bisa diakses gratis ini disediakan langsung oleh pemerintah Malaysia. Setiap harinya bus ini beroperasi mulai dari jam 6 pagi hingga jam 11 malam. Bus ini memiliki jadwal berangkat setiap 5–10 menit.

3. Jeli Memilih Makanan

rsz ian valerio 0amfnt9ibfa unsplash 1 scaled - 5 Tips Backpacker ke Malaysia, Aman dan Ramah Kantong

Bagi Anda yang ingin backpacker sekaligus berwisata kuliner di Kuala Lumpur, Malaysia, pilihlah makanan yang murah dan mengenyangkan. Anda bisa mencoba food truck yang ada di dekat menara Petronas. Harganya cukup terjangkau, Anda bisa mendapatkan makanan dengan harga RM8 atau sekitar Rp24.000 saja. Cukup dengan harga tersebut Anda bisa membeli paket makanan dan minuman di sana. Anda juga bisa mengunjungi foodcourt lantai 2 di Central Market dan pasar malam area bukit bintang. Di kawasan itu harga makanan per porsinya dijual dengan harga di bawah RM10 atau sekitar Rp30.000.

Jika Anda ingin mencoba street food, sebaiknya tanyakan harga makanan terlebih dahulu. Berbeda di Indonesia, harga makanan di pinggir jalan tidak selalu memiliki harga murah. Banyak makanan street food di Kuala Lumpur yang dijual dengan harga yang lebih mahal daripada di tempat makan rumahan.

4. Pelajari Peta Kuala Lumpur

Tips ini berguna untuk menjaga keamanan dan efisiensi liburan para backpacker. Setelah sampai di Kuala Lumpur, sesegera mungkin carilah peta kota Kuala Lumpur. Anda bisa mendapatkannya di google atau biasanya peta tersebut telah tersedia di tempat penginapan. Hal ini bertujuan untuk menentukan rute perjalanan yang paling efisien dan jalur transportasi umum yang sesuai. Peta tersebut juga bisa membantu Anda agar tidak tersesat selama melakukan backpacker di Malaysia.

Tak hanya itu, hal ini juga mencegah aksi penipuan dan tindak kejahatan yang kerap menyerang wisatawan yang kebingungan. Jangan lupa untuk selalu mencoba berbaur dengan warga lokal yang bisa membantu Anda jika sewaktu-waktu terjadi masalah di sana. Hindari berpenampilan mencolok yang bisa menarik perhatian penjahat seperti pencopet dan penipu.

5. Beli Oleh-Oleh di Tempat Belanja Murah

petaling street 78361 1130 - 5 Tips Backpacker ke Malaysia, Aman dan Ramah Kantong

Membeli oleh-oleh menjadi hal wajib yang harus dilakukan backpacker sebelum kembali ke Indonesia. Agar tetap menghemat pengeluaran, sebaiknya Anda mencari tempat belanja oleh-oleh murah di Malaysia. Anda bisa membeli oleh-oleh secara grosir untuk mendapatkan harga yang lebih murah.  Salah satu tempat belanja murah di Kuala Lumpur ada di area Central Market. Di tempat ini Anda bisa mendapatkan oleh-oleh seperti cokelat, tas, suvenir dengan harga relatif murah. Anda juga bisa pergi ke area China Town di Jalan Petaling. Jangan ragu untuk menawar harga jika harga yang ditawarkan tidak sesuai dengan anggaran Anda.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat melakukan backpacker ke Kuala Lumpur, Malaysia. Apapun rencana liburannya, pastikan Anda telah memiliki persiapan yang matang. Tips-tips di atas dapat membantu Anda mengatur keuangan agar lebih hemat. Saat melakukan backpacker, pastikan juga transaksi dan pembayaran selama berada di Malaysia dapat berjalan lancar. Anda bisa menggunakan aplikasi Qelola sebagai solusinya. Qelola merupakan layanan jasa keuangan yang dapat mempermudah semua transaksi Anda di Malaysia, termasuk transaksi Indonesia ke Malaysia, dan sebaliknya. Yuk, segera unduh aplikasi Qelola dan nikmati kemudahan bayar ini-itu hanya dengan satu aplikasi di smartphone Anda.

 

 

 

Tags: , , , , ,