Ini Jenis Peregangan Otot yang Bisa Dilakukan di Tempat Kerja

peregangan

Terlalu lama duduk membuat otot-otot menjadi tegang atau kaku. Hal ini memicu pegal hingga rasa nyeri. Penting melalkukan peregangan otot atau olahraga ringan untuk mengurangi rasa pegal maupun jenuh saat bekerja. Duduk berjam-jam akan membuat bagian tulang belakang serta otot-otot kaku. Hal ini karena gerakan pasif atau kurang bergerak.

Kadang kala memang harus berkonsentrasi untuk bekerja. Bahkan, harus mengerjakan pekerjaan yang lekas diselesaikan sehingga sulit untuk ditinggalkan. Perlu dilakukan peregangan otot terutama yang berkaitan dengan tulang belakang hingga area kepala. Gerakan peregangan otot dilakukan untuk membantu meningkatkan mobilitas terutama pada orang yang memiliki masalah pada tulang belakang.

Gerakan Peregangan

Kamu akan mendapatkan tubuh yang bugar dan penuh energi saat melakukan olahraga rutin. Sehingga kamu dapat melakukan aktivitas atau pekerjaan harian dengan lebih baik. Kamu tak akan sering mengeluhkan kelelahan berbeda saat jarang berolahraga. Selain olahraga rutin, kadang kala juga perlu melakukan gerakan peregangan ringan di tempat kerja. Ada beberapa gerakan peregangan sederhana yang bisa dilakukan di tempat kerja.

jalan kaki 700x467 - Ini Jenis Peregangan Otot yang Bisa Dilakukan di Tempat Kerja

Sumber: Pixabay/Daniel Reche

Jalan Kaki

Pagi sampai sore harus duduk terus tentunya tidak nyaman dan gampang terasa pegal. Salah satu peregangan otot yang dapat dilakukan di kantor adalah jalan kaki. Jangan sampai membiarkan tubuhmu seharian duduk. Kebiasaan berjalan kaki tampaknya sepele tetapi ada manfaatnya bagi tubuh.

Misalnya, pilih jalan kaki lewat tangga daripada menggunakan lift. Pilih toilet yang beda lantai supaya bisa jalan cukup jauh. Jalan kaki dapat membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini dapat melindungimu dari risiko terkena penyakit seperti obesitas, serangan jantung, hipertensi, maupun stroke.

Saat suka jalan kaki, maka ada manfaat lainnya seperti seperti tidak mudah ngantuk. Hanya berjalan kaki setelah makan siang maka tubuh akan terpacu membakar lebih banyak energi. Kalori yang masuk ke dalam tubuh akan dibakar sehingga tidak menumpuk jadi lemak.

Peregangan Lengan dan Bahu

Kamu perlu melakukan peregangan ringan untuk area lengan dan bahu. Cukup berdiri tegak lurus kemudian angkatlah kedua tengan dengan yang terkait. Kemudian, pastikan lengan bahu serta tubuh terasa tertarik ke atas. Gerakan ini dapat dilakukan selama 8-30 detik. Lakukan secara berulang agar tubuh terasa rileks.

Berdiri dan Jinjit

Terlalu lama duduk membuat bagian punggung serta leher. Nah, kamu berdiri di belakang kursi dan gunakan untuk pegangan. Cobalah untuk jinjit dan dengan posisi tegap. Tahap beberapa detik kemudian turun. Ulangi gerakan beberapa kali, selain itu juga atur pernapasan dengan ambil napas perlahan lewat hidung dan keluarkan lewat mulut.

berdiri 700x467 - Ini Jenis Peregangan Otot yang Bisa Dilakukan di Tempat Kerja

Sumber: Pixabay/ Robin Higgins

Miringkan Badan

Gerakan sederhana berikutnya adalah memiringkan badan ke samping kana dan kiri, yakni disebut side oblique stretch. Caranya cukup mudah, yakni berdiri tegak dengan membuka kaki selebar bahu. Kemudian angkat tangan kanan ke atas seolah hendak meraih sesuatu. Kemudian miringkan atau condongkan tubuh ke sisi kiri. Tahan gerakan itu sampai hitungan kedelapan. Selanjutnya ganti tangan dan lakukan pada sisi sebaliknya. Peregangan itu akan mengkatifkan otot-otot seluruh tubuh tidak hanya bahu tetapi sampai kaki.

Melipat Badan

Berikutnya adalah peregangan otot dengan cara duduk di kursi. Kemudian meluruskan kedua kaki ke depan. Susul dengan gerakan membungkuk dan kedua tangan diusahakan menyentuh lutut atau ujung jari. Usahakan kepala dan badan menyentuh kaki. Tahan gerakan peregangan ini selama 8-30 detik.

Peregangan Kaki

Terlalu lama duduk pun bisa membuat kelelahan bahkan memicu kebosanan bekerja di kantor. Lakukan peregangan paha depan dan belakang. Mulai dengan berdiri tegak lurus kemudian angkat salah satu lutut ke arah perut sehingga posisi kaki akan terlipat ke depan. Selanjutnya, tarik mata kaki ke bagian belakang sampai menyentuh pantat. Lakukan gerakan yang sama pada kaki yang satunya. Lakukan selama 8-30 detik.

Seated Pidgeon

Gerakan peregangan ini sangat mudah dilakukan bagi pekerja. Masih dalam posisi duduk di kursi, jejakkan telapak kaki di lantai. Angkat betis kanan dan tempatkan di atas paha kiri kemudian lenturkan kaki kananmu. Kemudian tangan kiri memberikan tekanan pada kaki kanan dan kaki kanan juga memberikan tekanan untuk tangan kiri.

Tarik paha bagian dalam ke belakang untuk menciptakan peregangan pada pinggul dan punggung bagian bawah. Regangkan tubuh ke belakang dan tariklah napas dalam-dalam. Selanjutnya gantian kaki yang satunya. Gerakan ini dapat mengatasi pegal linu di area punggung bawah serta pinggul. Pose tersebut dapat membantu menciptakan postur duduk yang sehat.

Chair Raised Hands Pose

Kamu bisa melakukan peregangan sembari duduk. Posisi kedua kaki menapak lantai. Saat tarikan napas, angkat kedua tangan lurus menghadap langit-langit atap. Kemudian lemaskan tulang belikat sampai masuk ke dalam punggung. Tahan gerakan selama tiga kali hitungan napas, dan ulangi beberapa kali.

Itulah beberapa gerakan peregangan sederhana yang bisa dilakukan di kantor. Untuk memudahkan transaksi pembayaran seperti listrik, tagihan air, beli pulsa hingga transfer uang dari Malaysia ke Indonesia dapat dilakukan dengan bantuan aplikasi Qelola. Segera unduh aplikasi Qelola di sini. Informasi lebih lanjut dapat dicek melalui website resmi Qelola.

Tags: , , , , , ,