Jaga Imun! Ini Jenis Olahraga yang Aman Dilakukan di Rumah

Olahraga di rumah

Salah satu cara untuk menjaga imun atau daya tahan tubuh adalah melakukan olahraga di rumah. Penyebaran virus Corona dan beragam mutasinya harus diwaspadai. Cara melawan Covid-19 maupun aneka penyakit lainnya adalah dengan melakukan olahraga. Di kala pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, olahraga di rumah saja akan lebih aman.

Risiko penularan virus Corona pun akan kecil jika kamu memilih membatasi diri keluar rumah. Jangan berpikir kalau olahraga di rumah akan membosankan dan enggak asyik. Olahraga di rumah penting dilakukan bagi kamu yang beberapa waktu terakhir ini Work From Home (WFH). Kamu akan punya lebih banyak waktu untuk berolahraga.

Ada banyak pilihan olahraga mulai dari yang ringan sampai berat bisa dilakukan di rumah. Lagi pula olahraga tidak harus mengeluarkan banyak keringat dan durasinya lama. Manfaat olahraga itu beragam tidak hanya menjaga imun tubuh tetapi juga memperbaiki mood atau suasana hati. Selanjutnya dapat mencegah penyakit jantung, stroke, kolesterol, masalah nyeri punggung.

Macam-macam Olahraga yang Aman di Rumah Saja

Olahraga yang dilakukan secara rutin juga akan membantu mengendalikan kadar gula darah. Tentu saja ada banyak manfaat olahraga lainnya yang akan kamu rasakan jika rutin melakukannya. Lantas apa saja olahraga yang mudah dilakukan di rumah saja? Simak ulasannya berikut ini:

Naik Turun Tangga

Kamu bisa memanfaatkan anak tangga di rumah untuk olahraga lho. Aktivitas olahraga di rumah ini cukup mudah. Kamu hanya perlu berjalan kaki menaiki tangga kemudian menurui tangga. Lakukan seperti jalan biasa tetapi gerakannya stabil. Jelang akhir olahraga, tambahlah tempo berjalan lebih cepat.

Olahraga ini bertujuan untuk melatih otot-otot kaki, pernapasan, menguatkan organ jantung dan paru-paru. Olahraga naik turun tangga ini juga cocok dilakukan bagi kamu ingin menurunkan berat badan. Mudah bukan? Segera coba lakukan gerakan ini selama 30 menit per hari.

Zumba

Latihan fisik untuk jaga imun tubuh yang bisa dilakukan di rumah adalah zumba. Olahraga zumba ini cukup populer di kalangan anak muda maupun ibu-ibu. Hal ini karena menggerakkan seluruh anggota tubuh, menari-nari, dan musik yang enak untuk bergoyang. Kamu bisa memilih panduan senam zumba di YouTube.

Yoga

gerakan yoga 700x466 - Jaga Imun! Ini Jenis Olahraga yang Aman Dilakukan di Rumah

Sumber: Pixabay/StockSnap

Saat kondisi yang terbatas seperti saat ini, yoga termasuk salah satu jenis olahraga di rumah yang bisa dilakukan kapan saja. Sebenarnya, olahraga yoga perlu dilakukan bersama instruktur agar gerakan yang dilakukan benar. Kamu bisa memilih gerakan seperti child pose, back pain pose, seated yoga pose, dan standing yoga pose. Pertama-tama kamu perlu melatih pernapasan dan ketenangan pikiran.

Skipping

Skipping merupakan salah satu pilihan olahraga di rumah. Tidak perlu tempat yang luas untuk melakukan skipping atau lompat tali. Gerakan lompat tali ini akan membuat seluruh tubuh bergerak sehingga kalori yang terbakar juga banyak. Meskipun kamu hanya melakukan skipping hanya sebentar bisa membuat keringat bercucuran. Lakukan lompat tali secara bertahap misalnya 30 detik kemudian istirahat 60 detik ulangi skipping 30 detik dan seterusnya. Lakukan sampai beberapa kali.

Push up

Olahraga yang aman dilakukan di rumah berikutnya adalah push up. Gerakan push up ini dimulai dari posisi tengkurap dengan tangan di samping kanan dan kiri badan. Selanjutnya, badan didorong ke atas dengan kekuatan tangan dan posisi badan maupun kaki tetap lurus. Lalu turunkan badan tetapi tidak sampai menyentuh lantai. Gerakan push up bermanfaat melatih kekuatan otot.

Jumping jack

Olahraga di rumah yang satu ini mudah dilakukan. Jika belum memahami gerakan jumping jack, carilah videonya di YouTube. Jumping jack merupakan latihan kardio yang bagus untuk kamu yang suka aktif bergerak. Olahraga ini mengharuskanmu untuk melompat dan aktif bergerak. Kamu membutuhkan kecepatan dan kekuatan saat melakukan jumping jack. Manfaatnya adalah menjaga kebugaran tubuh, imun, serta kekuatan otot tubuh. Lakukan secara berulang atau tambahkan dengan gerakan kardio lainnya.

Squat

olahraga squat 700x525 - Jaga Imun! Ini Jenis Olahraga yang Aman Dilakukan di Rumah

Sumber: Pixabay/ happyveganfit

Salah satu gerakan olahraga yang bisa kamu lakukan di rumah saja. Gerakan squat bermanfaat kaki serta punggung. Meskipun terkesan mudah tapi berhati-hatilah bagi pemula. Gerakan squat ini melatih otot bagian bawah serta keseimbangan tubuh. Olahraga squat yang dilakukan secara rutin dapat membantu menurunkan berat badan. Pasalnya, lemak yang menumpuk pada bagian perut dan pinggang bisa terbakar dengan cepat. Lakukan latihan fisik ini lama 10 hingga 15 menit saja.

Soal transfer uang, bayar tagihan gunaka saja aplikasi Qelola. Kamu bisa menikmati aneka kemudahan bertransaksi secara online termasuk beli pulsa, bayar listrik, tagihan air dan lainnya. Kunjungi website Qelola sekarang juga untuk mendapatkan berbagai informasi menarik mulai dari keuangan, pendidikan hingga kesehatan.

Tags: , , , ,