Pentingnya ‘Me Time’ Demi Menjaga Kesehatan Mental

1 scaled - Pentingnya 'Me Time' Demi Menjaga Kesehatan Mental

Menjalani profesi sebagai karyawan swasta maupun negeri kadang membuat kita menjadi lebih fokus dan ingin menyelesaikan pekerjaan sebelum waktu tenggat tiba. Tanpa disadari, kondisi ini membuat kita bekerja overtime, telat makan, menatap laptop atau handphone terlalu lama sehingga memengaruhi fisik dan tingkat stres seseorang. Perasaan stres yang bertumpuk dari beban pekerjaan akan ikut mengganggu kesehatan mental.

Jika sudah merasa suntuk atau capek dengan segala rutinitas harian, bisa jadi kamu sudah berada di tingkat stres yang tinggi. Hal ini tidak boleh terjakarena dapat menyebabkan depresi hingga kecemasan. Perasaan stres yang berlebihan bisa menciptakan emosi negatif yang melemahkan tingkat produktivitas seseorang sehingga sulit menyelesaikan pekerjaan. Solusi untuk menghindari stres berlebihan ini salah satunya dengan melakukan me time. Apa yang dimaksud dengan me time? Simak selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Me Time

2 700x467 - Pentingnya 'Me Time' Demi Menjaga Kesehatan Mental

Berdasarkan halaman Direction Psychology, me time adalah sebuah upaya dalam menghabiskan waktu sejenak untuk diri sendiri. Kegiatan ini sangat tepat untuk mengistirahatkan serta membahagiakan diri sendiri setelah sibuk bekerja. Saat melakukan me time, kamu akan memahami apa yang diinginkan saat itu dan merasa lebih rileks karena tidak ada tekanan dari siapapun. Tidak perlu aktivitas yang sulit, me time bisa dicapai dengan aktivitas sederhana, misalnya membaca buku, membersihkan kamar, olahraga ringan dan sebagainya.

Manfaat melakukan Me Time

3 700x467 - Pentingnya 'Me Time' Demi Menjaga Kesehatan Mental

Melakukan me time setelah bekerja keras tentunya akan membantumu menjaga kondisi mental dan fisik secara tidak langsung. Setelah beristirahat dan fokus dengan keinginan diri sendiri akan membuat kamu menemukan kembali motivasi untuk menyelesaikan pekerjaan. Tidak hanya itu, masih banyak manfaat lainnya dari me time sebagai berikut.

  • Mengembalikan semangat untuk menjalankan rutinitas kembali

Rehat sejenak dan me time akan membantu merevitalisasi tubuh serta pikiranmu. Kamu bisa mulai melakukan kegiatan atau hobi yang selama ini belum sempat terwujud karena terjebak rutinitas pekerjaan. Setelahnya, saat masa kerjamu datang kembali, kamu akan kembali semangat dan termotivasi untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

  • Dapat mengelola stres

Setelah melakukan rutinitas yang padat pasti membuatmu stres dan lelah. Lakukan me time dengan memilih kegiatan ringan agar dapat meringankan beban pikiran. Pilihlah kegiatan seperti bersepeda, menonton film atau sekedar berjalan di sekitar komplek perumahan kamu. Dengan ini, kamu akan lebih merasa santai sehingga rasa stres perlahan berkurang.

  • Menjaga kebugaran tubuh dan mental terjaga baik

Me time merupakan pilihan terbaik yang bisa kamu lakukan demi kesehatan fisik dan mental. Melakukan aktivitas beragam demi menemukan hiburan untuk diri sendiri pastinya membantu otak dan tubuh untuk tidak lagi terbebani dengan tumpukan pikiran sebelumnya.

Baca Juga: Kekerasan Verbal di Tempat Kerja Sering Terjadi, Waspadalah!

Cobalah lakukan me time dan nikmati manfaatnya

Tidak perlu bersusah payah, cukup dengan membuat jadwal untuk me time misalnya saat akhir pekan atau hari libur nasional. Lakukan secara konsisten minimal sebulan sekali agar terjadwal dengan baik. Utamakan me time yang berkualitas dan pastikan kamu nyaman dengan segala kegiatannya.

Jika sudah fokus untuk menjaga kebugaran hingga kesehatan mental diri sendiri, jangan lupa untuk mengelola keuanganmu pakai Qelola. Kamu bisa kirim uang dari Malaysia ke Indonesia lebih mudah dan langsung sampai di hari yang sama. Nikmati fitur lainnya seperti bayar tagihan air, pulsa, beli token listrik dan bayar BPJS. Yuk, segera unduh aplikasi Qelola melalui Google Playstore sekarang juga!

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,