Ketahui 6 Penyebab Badan Pegal Linu dan Cara Mengatasinya

badan pegal linu

Badan pegal linu dapat menjadi salah satu penghambat aktivitas sehari-hari. Terutama bagi kamu yang menjadi pekerja dan memiliki banyak tugas yang berkaitan dengan gerak tubuh. Keluhan badan pegal linu sendiri merupakan salah satu respon tubuh untuk menunjukkan adanya masalah lain dalam tubuh. Namun, tahukah kamu bahwa gejala yang mengganggu ini tidak selalu disebabkan oleh aktivitas fisik lho. Bisa jadi, tubuh mengalami jenis penyakit lain yang memengaruhi fungsi otot ini. Bahkan terdapat beberapa penyebab badan pegal linu yang sepele namun terjadi secara berkepanjangan dan sering diabaikan. Untuk itu, simak penyebab badan pegal linu di bawah ini beserta cara mengatasinya.

A.      Penyebab Badan Pegal Linu

1.       Cedera Otot

Jika pekerjaanmu melibatkan banyak pergerakan fisik, maka risiko cedera otot dapat terjadi dan salah satu gejalanya adalah badan pegal linu. Cedera otot sering menyerang bagian kaki akibat gerakan yang tidak disengaja, terkilir, hingga jatuh. Pegal linu muncul akibat otot mengalami peregangan berlebihan dan terlalu mendadak. Berbeda kasus jika kamu sering melakukan pemanasan atau peregangan sebelum bekerja. Dalam tingkatan yang lebih parah, cedera otot bisa menyebabkan otot robek sebagian atau menyeluruh.

2.       Tanpa Pemanasan

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan di atas, pemanasan sangat penting bagi kesehatan otot kamu. Pemanasan tidak hanya berlaku bagi orang yang ingin olahraga saja. Bahkan pekerja yang membutuhkan banyak pergerakan tubuh juga membutuhkannya. Terutama bagi pekerjaan yang mengharuskan adanya pergerakan tubuh yang sama dan berulang kali secara berlebihan. Misalnya, pekerjaan di gudang logistik yang mengharuskan pekerjanya mengangkat beban berat berulang kali.

3.       Terlalu Banyak Aktivitas Fisik

Meskipun orang tersebut sudah melakukan pemanasan setiap akan bekerja, risiko badan pegal linu akan tetap ada apabila aktivitas fisik yang dimiliki terlalu banyak. Salah satunya adalah jam kerja yang panjang dan tanpa istirahat yang cukup akan membuat otot-otot mengalami gangguan dan muncul pegal-pegal.

4.       Posisi Duduk yang Kurang Tepat

Nah bagi kamu yang memiliki pekerjaan di balik layar komputer atau yang mengharuskan kamu duduk selama berjam-jam juga bisa menjadi penyebab munculnya badan pegal linu. Meskipun sepertinya kamu berada di posisi yang nyaman, namun minimnya pergerakan membuat otot menjadi kaku dan berisiko menimbulkan pegal linu. Untuk itu, menyeimbangakan badan saat duduk dan diselingi dengan berdiri atau berjalan harus dilakukan.

5.       Memiliki Penyakit Lain yang Jadi Sumber Masalah

Beberapa penyakit yang lebih serius bisa menjadi akar masalah dari pegal linu itu sendiri. Hal ini karena secara tidak langsung otot bagian tubuh tertentu atau secara keseluruhan terkena dampak penyakit tersebut. penyakit yang dimaksud diantaranya adalah:

          Kelelahan kronis dan gangguan tidur

          Kram otot

          Rematik

          Malaria

          Penyakit autoimun, seperti lupus, dan penyakit lainnya.

6.       Stres

Pegal linu juga bisa muncul akibat stres lho, baik itu stres secara psikis maupun fisik. Stres mengakibatkan otot-otot tertentu menjadi tegang sehingga muncul pula pegal linu tersebut. Apabila kamu rentan mengalami stres fisik seperti beberapa penyebab sebelumnya, usahakan untuk selalu menghindari stres psikis agar risiko pegal linu semakin kecil. Dalam hal ini, kemampuan manajemen stres menjadi sangat dibutuhkan.

nyeri otot 700x1050 - Ketahui 6 Penyebab Badan Pegal Linu dan Cara Mengatasinya

Sumber : pexels.com/karolinagabrowska

B.  Cara Mengatasi

Bisa dikatakan bahwa berbeda penyebabnya tentu berbeda pula cara mengatasinya. Oleh karena itu, mengetahui  penyebab pegal linu hingga ke akar masalah akan sangat disarankan. Jika kamu merasa belum memiliki waktu untuk memeriksakan diri, beberapa cara di bawah ini akan membantu kamu mengurangi rasa sakit otot ini.

1.       Kompres Hangat

Ketika otot terasa pegal linu akibat kaku atau tegang, maka kompres hangat dapat menjadi langkah awal untuk menenangkannya. Kamu dapat menempelkan kompres hangat ini ada bagian tubuh yang sakit  selama 20 menit. Atau bisa juga dengan berendam air hangat jika keseluruhan tubuh yang pegal-pegal. Dengan kompres, aliran darah pada otot akan lebih lancar.

2.       Lakukan Pemijatan atau Terapi

Pemijatan pada otot yang mengalami pegal juga mampu menurunkan rasa sakit yang ada. Baik itu dilakukan secara mandiri maupun dengan meminta ahli pijat profesional. Selain menenangkan otot, pemijatan dan terapi akan menenangkan pikiran kamu juga.

3.       Konsumsi Obat Pereda Nyeri

Apabila rasa pegal linu yang kamu alami terlalu kuat sehingga mengganggu kegiatan sehari-hari, maka kamu bisa mengonsumsi obat pereda nyeri, seperti paracetamol atau ibuprofen. Obat-obat tersebut akan membantu menekan pertumbuhan prostaglandin, zat pemicu pegal linu.

4.       Perbanyak Air Putih dan Istirahat

Untuk mengatasi pegal linu berkepanjangan, kamu harus memiliki pola hidup yang sehat. Salah satu caranya adalah dengan memperbanyak minum air putih dan mendapatkan istirahat berkualitas yang cukup. Sudahkah kamu memilikinya?

Badan pegal linu mungkin memang menjadi gejala penyakit yang sering diremehkan. Namun jika dibiarkan berlarut-larut, tentu penyakit yang lebih berbahaya dapat muncul. Apabila beberapa cara mengatasi badan pegal linu di atas belum membuahkan hasil yang signifikan, kamu harus melakukan pemeriksaan lanjutan dengan dokter. Dengan begitu, pengobatan yang diberikan juga akan lebih tepat sasaran. Untuk memudahkan kamu menjalani pemeriksaan mandiri, gunakan aplikasi Qelola. Dengan berbagai fiturnya, kamu dapat membayar berbagai macam tagihan di Indonesia, termasuk iuran BPJS Kesehatan. Unduh dan install aplikasi Qelola di sini.

Tags: , , , ,