7 Cara Hidup Sehat, Mudah Namun Efektif

Cara Hidup Sehat

Cara hidup sehat makin penting untuk diterapkan terutama di era pandemi COVID-19 ini. Masyarakat juga sudah mulai sadar akan hal tersebut. Sayangnya, masih banyak orang menganggap bahwa hidup sehat itu mahal dan ribet. Pemicu pikiran itu berawal dari tren pola hidup yang muncul ketika pandemi. Bebrapa tren tersebut seperti pola makan ala diet dan vegan, membeli aneka vitamin mahal, perlu sepeda dan alat gym untuk olahraga, dan masih banyak lainnya.

Berbagai tren yang disebutkan di atas tentu menyulitkan untuk sebagian orang. Mau sehat, kok, kantong malah jebol? Padahal banyak cara hidup sehat yang mudah penerapannya namun tetap efisien. Banyak subtitusi dari pola hidup sehat mahal yang bisa dipilih. Misalnya ingin memenuhi kebutuhan vitamin D tubuh. Kamu tidak perlu beli vitamin D dengan harga mahal, cukup berjemur 15 menit setiap pagi saja. Berikut merupakan 7 cara hidup sehat yang mudah namun efektif untuk kamu terapkan.

1. Mengecek Kondisi Kesehatan Secara Berkala

Melakukan pengecekan kondisi kesehatan adalah hal wajib, serta perlu dijalani berkala. Normalnya, cek kesehatan terbagi menjadi beberapa jenis. Cek kesehatan gigi biasa dilakukan setiap 6 bulan sekali. Cek kesehatan mata 6 bulan atau 12 bulan sekali. Cek kesehatan jantung dan organ penting lainnya setahun sekali. Tujuannya yaitu untuk memastikan kondisi tubuh sendiri. Dengan begitu, kamu bisa menyesuaikan pola makan dan olahraga sehari-hari.

2. Konsumsi Makanan dan Minuman Bergizi

brooke lark jUPOXXRNdcA unsplash - 7 Cara Hidup Sehat, Mudah Namun Efektif

Sumber: unsplash.com

Tanpa makanan bergizi tubuh akan mengalami malnutrisi. Untuk itu, penuhi kebutuhan zat penting dengan mengonsumsi beragam makanan. Menu yang lengkap perlu diperhatikan mencakup sayur serta buah (vitamin dan mineral), lauk pauk (protein), makanan mengandung karbohidrat, lemak, serta kalsium. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh juga menjadi salah satu cara hidup sehat. Tubuh manusia rata-rata membutuhkan cairan 1500 ml/hari atau sekitar 8 gelas. Pastikan kamu minum air putih. Jika 8 gelas yang diminum adalah es teh manis, tubuh bukannya sehat tapi malah terkena diabetes.

3. Tidur Cukup Serta Berkualitas

Tidur cukup di malam hari sangat penting untuk menjaga imunitas. Saat tidur, tubuh akan melakukan regenerasi sel dan berbagai organ penting bisa beristirahat. Waktu tidur yang disarankan sekitar 6 jam sampai 8 jam setiap harinya, atau sesuai dengan kondisi tubuh masing-masing. Mencukupi waktu tidur saja tidaklah cukup.

Sebenarnya, kamu pun memerlukan tidur yang berkualitas. Meski tidur 8 jam, jika dilakukan siang hari akan berbeda efeknya. Beberapa faktor yang bisa membantu tidur berkualitas yaitu dilakukan malam hari, berada tidur dengan posisi yang benar, serta nyenyak (tidak sering terbangun di tengah waktu tidur). Untuk menciptakan suasanya nyaman, kamu bisa mendengarkan lagu klasik sebelum tidur serta menyalakan lilin aroma terapi.

4. Menjaga Kebersihan Lingkungan Tinggal

anton SnKfmC1I9fU unsplash - 7 Cara Hidup Sehat, Mudah Namun Efektif

Sumber: unsplash.com

Kebanyakan orang hanya fokus pada tubuhnya saja tanpa menyadari menjaga kebersihan lingkungan juga penting. Lingkungan tinggal yang buruk bisa berdampak pada kesehatan. Mulai dari kamar tidur. Jaga kebersihannya dengan mengganti sprei teratur, memasang jaring anti nyamuk, menyapu dan mengepel, serta lain sebagainya. Setelahnya perhatikan kebersihan rumah luar dan dalam. Semakin bersih lingkungan tinggalmu, maka semakin tinggi kemungkinan penghuninya menjadi sehat.

5. Hilangkan Kebiasaan Buruk yang Berdampak pada Kesehatan

Ada banyak kebiasaan buruk dilakukan dan tanpa disadari berdampak buruk bagi kesehatan. Kebiasaan tersebut tidak hanya pada pola konsumsi makanan dan minuman saja. Salah satu kebiasaan buruk banyak orang adalah merokok. Kandungan nikotin dan tar dalam rokok bisa merusak tubuh. Konsumsi alkohol dan kafein berlebihan juga memicu beragam jenis penyakit.

Selain itu, ada juga kebiasaan buruk berupa sikap-sikap yang tidak dipahami dampaknya. Berbaring langsung setelah makan bisa membuat asam lambung naik. Menggunakan masker yang sama berhari-hari tidak lagi efektif. Mencuci tangan tanpa tanpa sabun tidak bisa membunuh bakteri dan kuman. Berbagai kebiasaan tersebut, terutama merokok dan konsumsi alkohol, perlu segera dihentikan jika memang ingin tubuhmu menjadi sehat dan kuat.

6. Berolahraga secara Teratur

jenny hill mQVWb7kUoOE unsplash - 7 Cara Hidup Sehat, Mudah Namun Efektif

Sumber: unsplash.com

Cara hidup sehat selanjutnya yaitu berolahraga secara teratur. Olahraga bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Kamu tidak perlu membeli alat gym tau sepeda mewah, kok. Berbagai jenis olahraga yang mudah dilakukan di rumah misalnya bermain holahop, senam, push up, dan banyak lainnya. Waktu yang terbaik berolahraga yang disarankan yaitu pagi atau sore hari. Jangan lupa pemanasan terlebih dulu agar tidak kram saat berolahraga, ya.

7. Mengelola Stres dengan Manajemen yang Tepat

Siapa sangka bahwa stres bisa memicu tubuh menjadi sakit. Meski tidak ingin merasa stres, mustahil bisa menjalani kehidupan tanpa rasa stres sama sekali. Alih-alih berusaha menghilangkan stres, kamu sebaiknya mencoba mengelolanya dengan manajemen yang baik. Maksudnya stres yang dialami tidak akan berlebihan dan hanya sebentar saja.

Mengelola stres dengan baik juga termasuk cara hidup sehat. Beberapa hal yang perlu dibiasakan yaitu menyediakan waktu untuk diri sendiri. Meski kamu sangat sibuk, luangkan sedikit waktu setidaknya seminggu sekali untuk menjernihkan pikiran. Lakukan hobi yang kamu sukai, pergi piknik, atar sekadar bersantai sambil minum madu hangat. Selain itu, belajar teknik relaksasi juga disarankan agar bisa mengendalikan emosi saat stres muncul.

 

Sudah siap hidup sehat? Saat menerapkan berbagai cara di atas kamu perlu konsisten dan bersabar akan hasilnya. Tidak ada yang instan untuk hal terbaik termasuk memiliki tubuh sehat dan kuat. Saat sakit, periksakan diri ke dokter agar segera tertangani. Kamu bisa menggunakan asuransi dari pemerintah berupa kartu BPJS untuk periksa ke dokter.

Kartu BPJS bisa digunakan dengan syarat pembayaran iuran bulanan dilakukan teratur dan sesuai nominalnya. Kini, kamu dimudahkan dengan bantuan aplikasi Qelola dalam pembayaran tagihan bulan termasuk BPJS. Aplikasi ini juga bisa kirim uang luar negeri tanpa biaya tambahan. Yuk, unduh aplikasi Qelola secara gratis sekarang juga di Google Play Store. 

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,