Tips Memulai dan Contoh Gaya Hidup Sehat yang Bisa Kamu Terapkan

gaya hidup sehat

Memulai gaya hidup sehat adalah salah satu pekerjaan yang bisa dibilang susah susah gampang. Kenapa susah? Karena ada beberapa aktivitas yang sebenarnya menyehatkan namun jarang dilakukan sehingga perlu dibiasakan dari sekarang. Namun, gaya hidup sehat juga bisa menjadi sangat mudah jika kamu paham apa saja hal yang menyehatkan badan dan apa saja yang bisa memperburuknya. Terlebih lagi dengan kondisi cuaca dan risiko tertular berbagai virus dan bakteri akhir-akhir ini semakin besar, memiliki gaya hidup sehat menjadi sebuah keharusan. Berikut ini adalah tips memulai gaya hidup sehat dan sedikit contoh yang bisa kamu terapkan mulai dari sekarang.

1.       Menjaga kebersihan dan kualitas asupan nutrisi

Nutrisi yang seimbang akan mendukung semua organ tubuh berfungsi dengan baik, termasuk mempertahankan daya tahan tubuh tetap prima. Penuhi kebutuhan nutrisi kamu dengan seimbang. Usahakan dalam setiap makan, nutrisi wajib seperti karbohidrat, protein, dan serat seimbang. Seimbang artinya jumlah setiap kandungan nutrisi tersebut tidak berlebihan, yaitu karbohidrat ¼ bagian, protein ¼ bagian, dan serat ½ bagian. Selain menjaga porsi makan, kamu juga harus memastikan pengolahan makanan tersebut sehat. Salah satunya dengan lebih memilih makanan yang direbus atau dikukus daripada yang digoreng. Menjaga kebersihan makanan tersebut juga harus diperhatikan.

2.       Menjaga kebersihan lingkungan

Tidak hanya kebersihan makanan saja, kebersihan lingkungan juga sangat penting untuk dijaga. Risiko terkena penyakit dari faktor luar seperti virus dan bakteri juga besar. Belum lagi ditambah dengan bahaya penyakit yang disebabkan oleh akibat dari tidak menjaga kebersihan lingkungan seperti nyamuk demam berdarah. Gaya hidup sehat juga bisa terlihat dari bagaimana kamu menjaga kebersihan lingkungan.

3.       Mencukupi kebutuhan air putih

air putih - Tips Memulai dan Contoh Gaya Hidup Sehat yang Bisa Kamu Terapkan

Sumber : pexels.com/aniwatkins

Manfaat air putih bagi kesehatan tubuh sangat banyak. Mulai dari melembabkan kulit, meringankan kerja jantung, ginjal, hingga otak. Hampir semua organ tubuh membutuhkan asupan air putih yang tinggi. Dengan fakta bahwa hampir 60% tubuh kita terdiri dari cairan, kamu harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh setidaknya 2 liter atau 8 gelas per hari. Sebisa mungkin untuk menghindari minuman mengandung gula atau pemanis apapun. Selain mengandung banyak kalori, minuman tersebut juga dapat meningkatkan risiko penyakit kronis seperti diabetes tipe 2.

4.       Istirahat cukup dan berkualitas

Istirahat cukup dengan tidur yang berkualitas akan membantu sistem imun kamu untuk menyerang virus dan bakteri jahat yang terlanjur masuk ke dalam tubuh. Menurut salah satu pakar tidur di Stanford University, Cheri Mah, tidur adalah kebutuhan dasar ketika kamu akan memulai gaya hidup sehat. Rata-rata manusia membutuhkan tidur selama 7 hingga 9 jam setiap malam. Selain kesehatan badan, kebiasaan baik ini juga akan menurunkan tingkat stres lho.

5.       Berusaha melakukan olahraga atau aktivitas fisik

Olahraga selama beberapa menit dalam sehari, atau minimal 2,5 jam setiap minggu, akan membantu meningkatkan sistem imun kamu. Tidak harus olahraga berat, olahraga ringan seperti jalan-jalan, naik tangga, yoga, dan sebagainya sudah membantu tubuh lebih aktif dan bugar. Jika kamu benar-benar tidak sempat atau tidak ingin olahraga pada hari-hari tertentu, usahakan untuk selalu memiliki aktivitas fisik yang memungkinkan semua anggota badan bergerak, misal menyapu halaman, memasak, mengepel lantai, dan sebagainya.

6.       Berhenti merokok

merokok - Tips Memulai dan Contoh Gaya Hidup Sehat yang Bisa Kamu Terapkan

Sumber : pexels.com/basilmk

Rokok mengandung zat berbahaya dan akan menumpuk pada paru-paru tanpa kamu sadari. Kecanduan rokok bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan kronis seperti penyakit jantung, impoten, hingga kanker. Bagi kamu yang sudah kecanduan dengan rokok, berlatihlah untuk berhenti merokok perlahan mulai dari sekarang. Kamu bisa mengawalinya dengan mengurangi kebiasaan tersebut sedikit demi sedikit. Sedangkan bagi kamu yang tidak merokok, usahakan untuk menghindari asap rokok jika memungkinkan.

7.       Mengelola stres

Kesehatan badan juga harus didukung dengan kesehatan mental atau pikiran. Stres karena pekerjaan atau sekolah yang tidak dapat dihindari harus dikelola dengan baik agar tidak memengaruhi sistem fungsi organ tubuh kita. Trik manajemen stres pasti berbeda setiap orang, namun satu hal yang harus dicoba adalah dengan mengekspresikan keresahan atau kesedihan yang dialami dalam kegiatan yang positif seperti melukis, menari, masak makanan favorit, dan sebagainya. Tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

Gaya hidup sehat bukanlah pekerjaan sesaat yang bisa kamu tinggalkan begitu saja karena tubuh sudah lebih sehat dari sebelumnya. Namun harus menjadi sebuah kebiasaan baru yang dipertahankan sampai kapanpun. Berawal dari gaya hidup sehat, kamu tidak hanya mendapatkan tubuh dan pikiran yang sehat tapi sekaligus terjauh dari berbagai penyakit. Jangan sampai kamu baru akan menerapkannya ketika tubuh telah mengalami sakit. Lakukan tips di atas sekarang juga. Bicara soal hal yang harus dibiasakan, melakukan transaksi dari Malaysia ke Indonesia dengan mudah dan biaya yang murah menjadi salah satunya. Terlebih lagi dengan banyaknya fitur yang dimiliki saat ini. Download aplikasi Qelola melalui tautan ini.

Tags: , , , , ,