Cek di Sini, Cara Membedakan Bukti Transfer Asli dan Palsu

transfer lewat ATM

Marak penipuan terjadi di tengah masyarakat saat ini. Misalnya, ada seseorang yang tiba-tiba mengirimkan bukti transfer yang salah kirim ke rekeningmu. Orang tersebut akan terus menerus menghubungimu dan minta agar kamu mengembalikan uang tersebut. Apalagi kalau kamu tidak mengenal orang itu. Jangan buru-buru untuk menanggapinya karena bisa jadi itu salah satu trik penipuan dengan bukti transfer palsu.

Bisa juga pedagang grosir dipaksa untuk segera mengirimkan barangnya karena ada pembeli yang mengirimkan struk pembayaran dan bukti transfer palsu. Hal-hal ini seperti ini dapat mengganggu transaksi online terlebih penjual barang online. Uang tidak masuk ke rekening penjual tetapi pembeli abal-abal sudah mengirimkan bukti sudah transfer uang.

Ada banyak hal yang harus dicermati agar tidak menjadi korban penipuan apalagi berkaitan dengan uang. Pada ulasan artikel berikut ini akan dibahas cara membedakan bukti transfer palsu dan asli sehingga bisa menghindari terjadinya penipuan. Ada beberapa ciri-ciri struk ATM yang dapat dicermati untuk memastikan asli atau palsu.

Posisi Tulisan

Hal pertama yang diperhatikan membedakan struk tersebut asli atau palsu adalah posisi teksnya. Pada mesin ATM akan menghasilkan struk yang sempurna, posisi tulisannya berada di tengah kertas dan rapi. Ketika struk itu palsu atau buatan, posisi tulisannya bisa jadi berbeda dipinggir atau terlalu mepet ke kiri kertas.

Selain itu ada bagian teks yang tidak beraturan. Jarak setiap bagiannya terlalu berantakan. Umumnya informasi nomor rekening, nama penerima, dan jumlah uang yang dikirim adalah rata kiri dan jaraknya berdekatan. Cek nama bank, lokasi ATM, tanggal dan waktu transaksi.

Tulisannya Tercetak Tipis

Bagi para pelaku bisnis online memang harus waspada dan cermat membedakan bukti pembayaran asli atau paslu. Pasalnya, pembayaran akan dilakukan dengan cara transfer bank dan tentu saja bisa rentan penipuan. Jika sering memperhatikan struk ATM, biasanya tulisannya tercetak jelas, tebal dan terbaca. Mesin ATM tidak seperti printer yang tintanya bisa habis kapan saja.

Cek kembali bukti transfer tersebut terlihat jelas atau tidak, terutama pada bagian nama, nomor rekening, dan jumlah uang yang dikirim. Namun, kadang kala memang ada masalah pada tinta saat mencetak struk dan tulisannya jadi tipis. Kamu pun dapat mengecek ciri-ciri yang lain.

Ukuran Kertas

Meskipun bukti transfer itu dikirim lewat foto, kamu dapat mencermati ukuran kertasnya. Cara membedakan struk itu asli atau palsu meskipun ada logo bank resmi, adalah ukuran kertasnya. Tentu saja kita tidak dapat mengukur dengan penggaris, namun perhatikanlah struk ATM itu memiliki banyak tempat kosong pada sisi atas atau bawah tulisan. Kalau ada banyak sisa atau bagian kertas yang kosong berarti struk itu palsu. Pada umumnya, mesin ATM telah mengatur besarnya kertas agar sesuai dengan banyaknya tulisan dan tidak banyak bagian yang kosong. Struk itu asli ketika tulisan terlihat pas di tengah, baik dari sisi kanan-kiri, atas-bawah.

mbanking 700x466 - Cek di Sini, Cara Membedakan Bukti Transfer Asli dan Palsu

Sumber: Pixabay/ Jan Vašek

Rekening Pengirim

Cara membedakan bukti pembayaran lewat ATM itu asli atau palsu adalah teks rekening pengirim. Tanda dari struk ATM itu palsu adalah nomor rekening pengirim tercantum dengan jelas dan lengkap. Beberapa bank memang mencantumkan rekening pengirim pada struk. Hanya saja, nomor rekening pengirim tidak tertulis lengkap. Hanya tiga sampai 5 digit pertama saja yang tertulis, kemudian nomor selanjutnya muncul tanda X. Sedangkan pada struk ATM palsi, nomor rekening pengirim tertulis jelas dari awal sampa akhir. Tidak ada tanda X pada beberapa digit terakhirnya. Pastikan selalu mengecek pada bagian ini.

Itulah rangkuman cara membedakan struk ATM palsu atau asli. Apabila kamu kerap melakukan transaksi online terutama sebagai penjual online harus ekstra hati-hati. Pasalnya, banyak penipu yang menggunakan struk ATM mirip dengan aslinya. Kadang kala juga sulit membedakan bukti pembayaran lewat ATM tersebut.

Tips Cek Transaksi

Sebenarnya, kamu dapat memastikan pembayaran sudah masuk atau belum melalui cek mutasi otomatis pada rekening. Apabila ada penambahan saldo, maka sudah ada yang transfer ke rekening milikmu. Kamu pun dapat memanfaatkan mobile banking atau internet banking untuk selalu mengecek terjadinya transaksi atau tidak. Kamu pun bisa mengecek secara berkala dan memastikan apakah ada transfer uang masuk atau tidak, dengan bantuan mobile banking.

Bagi orang-orang yang menghasilkan uang dari e-commerce, ada baiknya membuat m-banking demi mengihindari penipuan yang tentu saja tidak bertanggung jawab. Kalian tidak akan mudah tertipu oleh oknum-oknum nakal yang membuatmu rugi.

Kamu pun dapat memilih bank dan aplikasi yang tidak mempersulit proses keluar-masuknya uang. Salah satu aplikasi pengelolaan finansial yang tidak akan mempersulitmu dalam melakukan transaksi online adalah Qelola. Aplikasi Qelola ini akan memfasilitasi kamu dengan proses pengiriman uang dari Malaysia ke Indonesia secara cepat, murah, dan aman.

Selain itu, ada banyak kemudahan saat menggunakan Qelola seperti bayar BPJS, bayar listrik, beli pulsa maupun mengisi kuota internet. Tunggu apa lagi? Segera unduh aplikasi Qelola di sini dan daftarkan dirimu sekarang juga! Kamu dapat mengunjungi website resmi Qelola untuk mencari informasi menarik lainnya.

Tags: , , , , , ,