Waspada! Ini Pengertian Hingga Cara Menghindari Phising

pengertian phising

Belakangan ini begitu banyak orang yang menjadi korban phising. Phising adalah kejahatan di dunia maya. Penjahat siber mencari korban dan menargetkan korbannya lewat email, pesan singkat, maupun telepon. Kamu perlu mewaspadai hal ini, karena kejahatan di dunia maya dimulai dari phising.

Meskipun sekarang serba praktis, cepat dan terasa dekat karena ada media sosial tetapi kekhawatirannya adalah pencurian data. Kamu bisa mengakses banyak informasi karena perkembangan teknologi yang pesat. Namun, canggihnya teknologi juga diiringi dengan meningkatnya kejahatan siber yang dirasakan para penggunanya.

Pengertian Phising

penipuan online 700x466 - Waspada! Ini Pengertian Hingga Cara Menghindari Phising

Sumber: Pixabay/ David Schwarzenberg

Phising adalah metode penipuan dengan maksud mencuri akun target yang terjadi di dunia maya. Phising adalah tindakan mencuri atau mengambil alih akun. Kejahatan ini tentu saja untuk maksud tertentu. Penjahat siber mulanya memancing korban, menjebaknya, dan mengambil akun. Penipuan yang dilakukan penjahat siber ini memanfaatkan akun tersebut untuk menguak informasi korban.

Singkatnya, phising adalah penyalahgunaan data oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Lantas apa saja data yang diincar oleh pelaku phishing? Data atau informasi sensitif yang dicuri atau yang diambil alih adalah kata sandi, alamat email, one-time password (OTP), kartu kredit dan lainnya. Mereka akan mengelabuhi target dengan aneka tipuan yang seakan terlihat normal.

Kejahatan phising ini seakan seperti lembaga atau institusi resmi, sehingga korban percaya dengan aksi penjahat siber. Target menjadi tidak sadar kalau sedang ditipu dan data dicuri oleh penjahah siber.

Jenis-jenis Phising

Kamu perlu mengetahui beberapa jenis phising yang marak dilakukan untuk mendapatkan data yang diinginkan.

  • Smishing

Smishing merupakan bentuk phising dengan cara melalui pesan teks (SMS). Bisa jadi kamu beberapa kali mendapatkan SMS menang undian, kemudian perlu klik link, dan melakukan konfirmasi. Inilah jenis peniuan yang marak terjadi di masyarakat.

  • Deceptive Phishing

Kejahatan phising ini merupakan penipuan dengan menggunakan identitas perusahaan maupun instansi. Pelaku akan mengirimkan tautan dan alamat email yang menyerupai perusahaan hingga brand ternama.  Penipuan ini marak terjadi melalui WhatsApp, email, maupun SMS.

  • Spear Phising

Penjahat iniakan menghubungi korban yang sudah ditarget bisa melalui WhatsApp, SMS, email, serta telepon. Pencuri data ini akan berusaha meyakinkan korbannya sampai mau mengikuti apa yang diperintahkan. Contohnya, korban akan ditelepon dan mendapatkan kabar dari penipu ada anggota keluarga yang kecelakaan. Dia mengaku sedang bersama orang yang kecelakaan, selanjutnya minta ditransfer uang.

Bagaimana Cara Menghindari Phising?

Phising dapat dicegah melalui beberapa cara. Kamu bisa mencari tahu dengan mengecek kebenaran data dengan perusahaan terkait.

  • Kenali Ciri-Ciri Phising

Kamu perlu mengenali ciri-ciri phising yang umumnya terjadi di tengah masyarakat. Ada beberapa hal yang mencurigakan tetapi memang harus teliti. Penipuan ini bisa menggunakan instansi atau perusahaan yang umumnya dikenal calon korbannya. Namun, pesan dikirim oleh nomor handphone bukan nomor kantor. Misalnya mengatasnamakan nama marketplace, salah satu bank, ataupun brand ternama.

Salah satu contoh pesan phising adalah menggunakan kalimat berisi ucapan selamat atau kejutan seperti “Selamat! Anda menang undian 50jt!.” Kemudian diminta melakukan pengecekan lewat link yang dicantumkan pada pesan. Jangan sesekali meng-klik link itu karena akan berlanjut diminta untuk mengisi data pribadi dan lainnya.

Waspada juga jika ada yang mengirimkan pesan peminjaman uang dan diminta untuk menghubungi nomor lain. Sehingga kalau ada SMS atau WA dari orang tidak dikenal jangan sesekali membalasnya. Pahami tanda baca hingga ejaan yang kadan tidak formal, hurufnya besar kecil tidak sesuai dengan kaidah penulisan yang benar. Kadang kala pesan yang dikirim juga banyak singkatan atau typo.

kejahatan phising 700x466 - Waspada! Ini Pengertian Hingga Cara Menghindari Phising

Sumber: Pixabay/ Markus Spiske

  • Jangan Asal Klik Tautan

Kamu pasti punya aplikasi yang digunakan untuk berkomunikasi tidak hanya telepon dan SMS tapi ada juga GB WhatsApp, Line, Telegram, dan lainnya.Saat kamu berselancar di dunia maya akan ada banyak tautan link yang disertakan juga pada sebuah website. Berhatilah-hatilah kalau ada tautan promo, voucher, diskon dan lainnya. Pastikan tautan itu benar-benar dari perusahaan atau instansi resmi. Hal ini untuk menghindari phising.

Salah satu cara untuk menghindari kejahatan phising adalah mengarahkan kursor ke link yang muncul. Cek bagian bawah kiri di halaman monitor untuk mengetahui tautan (link) apa yang akan dikunjungi. Kalau kamu menggunakan handphone klik lalu tahan sekitar 2-3 detik pada link yang akan dikunjungi nantinya muncul alamat lengkap dari tautan tersebut.

  • Teliti Membaca Pesan

Pernahkah kamu mendapatkan pesan ucapan selamat mendapatkan hadiah uang hingga ratusan juta? Jangan buru-buru senang membaca pesan yang mengejutkan itu. Lebih teliti lagi membaca informasi tersebut. Jangan asal bahagia karena dapat hadiah uang atau barang mewah. Sudah seharusnya kamu curiga jika tidak pernah ikut undian apapun. Sudah bisa dipastikan bahwa ini penipuan.

  • Transaksi Online

Cara menghindari phising berikutnya adalah tidak melakukan transaksi keuangan, mengakses aplikasi perbankan saat menggunakan Wi-Fi publik. Pasalnya, hal ini bisa berpotensi datamu akan dicuri. Jaga baik-baik data pribadimu. Kamu juga menghindari melakukan transaksi atau pembayaran online menggunakan aplikasi atau website yang belum terpercaya.

Nah, demi keamanan transaksi keuangan secara online gunakan saja aplikasi Qelola. Kamu bisa merasakan manfaat dan keuntungan transfer uang, beli pulsa, membayar aneka tagihan dengan aman. Segera unduh aplikasi Qelola di sini untuk bisa merasakan manfaatnya. Bagi TKI atau mahasiswa yang ada di Malaysia, Qelola merupakan aplikasi transfer uang dan pembayaran online yang terbaik. Kamu juga bisa mencari informasi tentang kesehatan, keuangan, pendidikan, wisata dengan mengunjungi website resmi Qelola.

 

Tags: , , , , , ,