Mudah! Tips Buka Rekening Online Bagi Mahasiswa di Malaysia

Buka rekening online

Saat memutuskan tinggal di Malaysia tentu saja perlu berpikir soal cara mengatur keuangan termasuk kemungkinan harus buka rekening online atau offline. Jika sudah punya rekening sesuai bank yang ada di Malaysia akan mempermudah transaksi perbankan selama tinggal di sana. Saat kuliah ada banyak hal yang perlu dibayarkan lewat bank seperti uang kuliah dan keperluan lainnya.

Alasan Perlu Punya Rekening

Pada artikel ini akan diulas bagaimana cara buka rekening online bagi mahasiswa di Malaysia. Kecanggihan teknologi semakin mempermudah pembuatan rekening baru baik untuk tabungan, deposito dan lainnya. Kamu bisa memilih salah satu dari beberapa bank lokal yang ada di Malaysia. Kenapa perlu buka rekening di Negeri Jiran?

biaya hidup 700x466 - Mudah! Tips Buka Rekening Online Bagi Mahasiswa di Malaysia

Memiliki rekening pada salah satu bank lokal itu merupakan salah satu kewajiban dari imigrasi bagi masiswa yang sedang menempuh pendidikan di Malaysia. Ada keuntungungan ketika mahasiswa internasional memiliki rekening bank lokal, yakni:

  • Pembayaran Biaya Hidup

Saat punya rekening bank lokal akan mempermudah saat  pembayaran biaya hidup seperti membayar belanja bulanan di supermarket, makan di restoran atau kafe, tiket nonton di bioskop dan lainnya. Jika setelah lulus kuliah masih ingin tinggal selama beberapa tahun bekerja di Malaysia, tentu saja penting untuk memiliki rekening. Manfaatkan kesempatan buka rekening online pada bank yang ada di Malaysia.

  • Tak Ada Biaya Tambahan Transaksi Bank

Salah satu keuntungan kamu buka rekening online di Malaysia adalah tidak akan dikenakan biaya transaksi atau administrasi seperti pengecekan saldo, tarik tunai atau transfer uang lewat ATM. Kalau kamu memiliki rekening lokal maka akan terbebas dari biaya transaksi. Kamu bisa menghemat pengeluaran setiap bulannya.

  • Pertukaran Kurs

Jika sudah buka rekening online salah satu bank lokal Malaysia, kamu dapat menghemat biaya pertukaran kurs. Nah, daripada kamu kena biaya mahal karena pakai rekening bank dari Indonesia lebih aman jika punya rekening lokal. Apalagi kalau kamu ingin mentransfer uang dan lebih menguntungkan jika pakai kurs lokal.

Tips Membuka Rekening Online

Ada dua tipe tabungan bagi pendatang di Malaysia. Bagi mahasiswa internasional dapat memilih rekening tabungan. Sedangkan jenis rekening giro dapat digunakan orang yang memiliki izin kerja atau perusahaan di Malaysia. Jika berstatus mahasiswa pilih untuk membuka rekening tabungan saja karena kebutuhannya untuk sekadar pembayaran kebutuhan sehari-hari dan urusan kuliah.

  • Perhatikan Bank yang Ada di Malaysia

Cari infomarsi sebanyak-banyak tentang bank apa saja yang buka di Malaysia. Setiap bank memiliki persyaratan, keunggulan produk bank, kemudahan transaksi dan lainnya. Pilih bank yang sesuai dengan kebutuhanmu seperti ada program tabungan berjangka untuk pendidikan, kesehatan, liburan dan lainnya. Cek juga potongan administrasi dan pajak, bunga bank dan lainya.

Berikut informasi bank lokal yang populer di Malaysia yakni, Maybank, CIMB Bank, RHB Bank, Public Bank. Sementara itu bank asing yang ada di Malaysia antara lain Bank of China, City Bank, HSBC dan lainnya. Kabar baiknya, ada juga bank asal Indonesia yang ada di Malaysia, yakni BRI, Mandiri, dan BNI. Ketiga bank tersebut masuk dalam kategori Bank Umum Kegiatan Usaha (BUKU) IV.

  • Syarat dan Dokumen 

Setiap ingin melakukan pendaftaran atau pembuatan sesuatu pasti membutuhkan syarat dan dokumen. Adapun persyarakat dokumen pada umumnya untuk buka rekening online di salah satu bank Malaysia memang beragam. Hal ini tergantung dari kebijakan bank atau cabang masing-masing bank. Langkah ingin buka rekening online semakin mudah karena setiap bank punya aplikasi untuk memudahkan warga yang hendak membuka rekening, menabung, deposito, transfer uang, dan lainnya.

Berikut syarat atau dokumen yang pada umumnya digunakan untuk buka rekening online bagi mahasiswa di Malaysia:

– Paspor asli mahasiswa yang masih berlaku

– Surat untuk membuka rekening yang dikeluarkan oleh International Office dari universitas memastikan status kemahasiswaan di Malaysia

Indemnity form bagi mahasiswa yang berusia di bawah 18 tahun dan ditandatangani oleh orang tua pembuat rekening

– Setoran awal (deposit) minimal sebesar 100 sampai 300 Ringgit Malaysia

  • Cara Membuka Rekening Baru di Malaysia

dokumen syarat 700x467 - Mudah! Tips Buka Rekening Online Bagi Mahasiswa di Malaysia

Sumber: Pixabay/Free-Photos

Setelah mencermati persyaratan di atas, kamu bisa mulai mempersiapkan dokumen pendukungnya. Setiap bank akan punya aplikasi untuk membantu buka rekening online. Misalnya, Maybank lewat aplikasi M2U ID app dan CIMB Niaga lewat aplikasi Go Mobile. Penting untuk mengecek aplikasi yang dimiliki setiap bank.

– Langkah-langkah untuk mengurus pembuatan rekening tabungan mahasiswa cukup mudah mulai dari download aplikasi bank yang diinginkan untuk buka rekening online.

– Pihak bank akan memintamu untuk mengisi beberapa form online mulai dari data diri, no handphone, email, alamat domisili, dan lainnya. Pihak bank akan mengurus pembuatan buku tabungan, ATM, hingga keperluan m-banking. Kamu bisa langsung mendapatkan rekening tabungan yang baru. Sedangkan proses berlangsung selama beberapa hari maksimal 14 hari.

– Langkah berikutnya akan ada pertemuan antara nasabah dan pihak bank bisa dengan video call, bertemu langsung di kantor, atau agen yang akan datang ke rumahmu.

Itulah gambaran beberapa langkah cara buka rekening online yang bisa dilakukan mahasiswa maupun pekerja.  Kamu harus jeli mencari informasi dari berbagai bank karena setiap bank punya mekanisme dan caranya sendiri.

Kelola Keuangan

Kalau sudah memiliki rekening tabungan di Malaysia jangan lupa agar bijak mengelola keuangan. Nah, kalau kamu ingin melakukan transaksi uang secara online dari Malaysia ke Indonesia, manfaatkanlah aplikasi Qelola. Segera download dan install aplikasi Qelola di handphonemu untuk menikmati kemudahan mengirim uang. Selain itu, kamu juga dapat menggunakannya untuk pembayaran pendidikan, membeli pulsa, bayar tagihan air dan listrik di Malaysia. Mudah kan?

Sahabat Qelola bisa ajak teman-teman untuk menikmati kemudahan bertransaksi secara online dengan menggunakan aplikasi Qelola. Cari informasi seputar tentang wisata, kesehatan, hingga keuangan di Malaysia dengan mengunjungi website Qelola. Selamat mencoba!

Tags: , , , , , ,