8 Daftar Ide Usaha Kreatif yang Bisa Menambah Penghasilan

ide usaha kreatif

Membangun usaha sampingan menjadi salah satu kegiatan yang sedang banyak dilakukan karena manfaatnya yang begitu besar. Selain mengubah waktu senggang menjadi lebih bermanfaat, usaha kreatif juga dapat menghasilkan uang. Terlebih lagi dengan masih terbukanya peluang usaha yang ada. Jadi, sayang jika kamu tidak menggunakan kesempatan ini untuk mencari tambahan uang bulanan. Meskipun begitu, membangun usaha harus dipersiapkan sematang mungkin agar tidak gagal di tengah jalan dan justru hanya menghabiskan modal. Persiapaan pertama tentu saja menentukan ide usaha kreatif yang akan dijalankan. Berikut ini adalah 8 ide usaha kreatif, baik barang atau jasa, yang bisa kamu coba.

1.   Guru privat/les

Guru privat atau guru les bagi anak-anak sekolah bisa menjadi pekerjaan sampingan yang menjanjikan. Kamu bisa mengajar sesuai dengan pelajaran yang kamu kuasai. Mulai dari pelajaran sekolah bagi anak-anak usia SD, musik, bahasa asing, dan sebagainya. Kamu bisa memulainya dengan mendatangi rumah mereka yang ingin ikut les privat. Baru setelah kamu mendapat lebih banyak murid, anak-anak tersebut dapat diminta datang ke rumahmu.

2.   Menjahit

menjahit 700x407 - 8 Daftar Ide Usaha Kreatif yang Bisa Menambah Penghasilan

Jika kamu gemar menjahit, kamu bisa mulai menggunakan hobi yang satu ini untuk menghasilkan uang. Menjahit dalam hal ini tidak hanya sebatas mampu memperbaiki pakaian yang rusak saja. Namun juga melakukan modifikasi bahkan membuat pakaian dari nol. Meskipun belum terlalu ahli, kamu dapat memulainya dengan pakaian-pakaian yang sederhana. Bisa juga diawali dengan menerima jahitan orang-orang sekitar terlebih dahulu.

3.   Jasa Titip Beli

Jasa titip beli berarti kamu membelikan sesuatu untuk orang lain lalu barang tersebut kamu kirimkan kepada mereka dengan tambahan biaya kirim. Kamu bisa mengambil keuntungan dari barang-barang tersebut. Tinggal di luar negeri menjadi daya tarik utama menjalankan usaha ini karena tentu akan ada banyak barang yang hanya dijual di negara tersebut yang menarik banyak perhatian pasar Indonesia.

4.   Jasa Pengetikan

Bagi kamu yang tinggal di lingkungan kampus, jasa pengetikan menjadi usaha kreatif yang bisa dilakukan. Kamu hanya perlu modal komputer, printer, kertas berbagai ukuran, dan beberapa alat tulis. Kamu bisa menggunakan tarif per kata atau per halaman. Karena lokasi rumah sudah mendukung, kamu bisa saja tinggal memasang papan atau spanduk yang jelas agar para mahasiswa melihatnya.

5.   Desain Grafis

Usaha kreatif yang satu ini juga tidak membutuhkan modal yang besar. Kamu cukup meningkatkan kemampuanmu dalam mendesain berbagai hal. Mulai dari logo, kaos, poster, hingga desain interior. Kamu bisa mulai menemukan klien melalui berbagai platform seperti sribu.com, projects.co.id, dan sebagainya. Jangan lupa untuk selalu memastikan ada jaringan internet di rumah ya.

6.   Menjual Foto Karya Kamu

Bagi kamu yang gemar dan biasa melakukan fotografi, kamu bisa menjual foto-foto karyamu pada platform yang hampir sama dengan di atas. Foto dengan kualitas yang bagus dan berkarakter akan membuat orang tertarik dan membeli fotomu. Salah satu platform jual beli foto adalah shutterstock.com dengan komisi mencapai 30% per foto. Sebelumnya, kamu bisa membuat PayPal dan kartu kredit terlebih dahulu untuk menerima komisi yang didapatkan.

7.   Menjual Barang Sesuai Hobi

hobi sepeda 700x280 - 8 Daftar Ide Usaha Kreatif yang Bisa Menambah Penghasilan

Jika beberapa jenis usaha di atas berangkat dari hobi, berjualan juga bisa berasal dari hobi. Apabila kamu merasa hobi yang kamu miliki selama ini kurang menghasilkan uang, maka kamu yang kurang memanfaatkannya. Kamu harus menggunakan pengetahuan yang dimiliki seputar hobi tersebut. Misalnya, dengan menjual barang-barang terkait hobi. Sebagai contoh, kamu yang hobi bersepeda bisa menjual aksesoris atau onderdil sepeda gunung yang banyak dibutuhkan. Kamu bisa mulai jualan dari lingkungan komunitas lalu meluas sampai seiring dengan berjalannya waktu. Jika belum ada cukup modal, kamu bisa mencoba menggunakan sistem dropship.

8.   Menjual Makanan atau Kue

Ide usaha yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang gemar dan bisa masak. Kamu bisa memilih menu yang paling kamu yakin akan disukai oleh banyak orang. Mulai dari menu sederhana, snack, hingga kue juga bisa kamu jual. Akan lebih menarik jika kamu bisa membuat masakan yang unik dan punya citarasa yang khas. Kamu bisa mulai jualan di depan rumah, dititipkan di toko terdekat, dan sebagainya. Jika sudah mulai banyak penggemar, kamu bisa mulai menerima pesanan di rumah.

Beberapa ide usaha kreatif di atas membutuhkan modal yang tidak besar. Asalkan kamu punya kemauan yang besar dan perencanaan yang matang, ide usaha di atas tidak akan hanya menjadi sebuah ide saja. Keuntungan yang kamu dapatkan tidak hanya menambah pendapatan namun juga mempersiapkan hari pensiun. Untuk membantu kamu mengelola keuangan, Qelola hadir dengan berbagai fitur. Tidak hanya membuat kamu bisa mengirim uang dari Malaysia ke Indonesia, kamu juga bisa membayar berbagai tagihan di Indonesia secara langsung. Unduh dan install Qelola sekarang juga di sini.

Tags: , , , ,