Kejahatan Scam di Era Digital, Ini Cara Menghindarinya

kejahatan scam adalah

Perkembangan teknologi dan kemudahan melakukan transaksi secara online rupanya juga diiringi dengan kejahatan online. Salah satunya adalah kejahatan scam di era digital. Scam adalah segala bentuk tindakan yang bertujuan untuk mendapatkan uang dengan cara menipu atau mengakali orang lain. Penipuan di jagat maya marak terjadi di balik kemudahan melakukan berbagai pembelian secara online.

Scam adalah tindakan jahat yang merugikan korban. Penipu akan melakukan cara-cara yang kadang jarang disadari oleh korbannya. Korban akan diminta untuk memberikan kode angka maupun informasi pribadi. Dengan begitu penipu bisa mengakses akun pribadi calon korban.

Bentuk Kejahatan Scam

bentuk scam 700x466 - Kejahatan Scam di Era Digital, Ini Cara Menghindarinya

Sumber: Pixabay/ Steve Buissinne

Penipuan online ini marak terjadi melalui aplikasi percakapan maupun pesan singkat (SMS). Apakah kamu mendapatkan SMS dari nomor tidak dikenal? Isi pesan yang dikirimkan kepada calon korban itu seperti pinjaman online, tawaran investasi, hadiah menang undian, dan lainnya. Itulah bukti-bukti bahwa kejahatan dunia maya masih meskipun masih dikirim dalam bentuk SMS.

Aksi scam  juga terjadi di media sosial seperti lewat Facebook, Instagram dan lainnya. Ada berbagai akun media sosial palsu dengan konten dan profile yang mirip dengan akun perusahaan resminya. Scammer atau pelaku scam itu akan memancing korban dengan memasang iklan atau tautan. Calon korban akan diminta memasukkan data pribadi.  Ada berbagai jenis scam di dunia maya yang terkadang jarang disadari. Sehingga calon korban jadi lengah hingga scammer semakin mudah untuk melakukan aksinya.

Cara Menghindari Scam

Jangan sampai menyesal dan kebingungan ketika tiba-tiba saldo rekening terkuras, saldo di e-commerce juga mendadak hilang. Pengguna smartphone dan internet perlu mengetahui cara menjaga keamanan akun dan perangkat smartphone. Penting juga melakukan langkah-langkah antisipasi menghindari scam.

  • Jangan Mudah Tergiur Kejutan

Scam adalah penipuan yang mudah dilakukan dengan cara-cara sederhana. Siapa yang tidak tergiur dengan diskon besar-besaran? Kamu juga mendapatkan pesan jadi pemenang undian. Padahal kamu tidak pernah mengikuti undian atau kompetisi apapun. Bisa dipastikan kalau pesan itu adalah penipuan. Biasanya tulisan pesan itu ada typo dan tidak formal.

  • Jangan Klik Link

Kamu mendapatkan pesan berisi informasi kejutan ditambah lagi ada petunjuk untuk melakukan pengecekan ID melalui link atau tautan. Jangan pernah sembarangan klik link atau tautan tersebut. Saat kamu melakukan cek ID tersebut, scammer akan melancarkan aksinya untuk mengambil data-data penting.

  • Jaga Data

Penipu memanfaatkan privasi data perorangan hingga lembaga pemerintah sekalipun. Data ini berkaitan dengan alamat, nomor telepon, NIK, password hingga data lainnya. Kamu dapat mengindari kebocoran data pribadi dengan cara membuat kata sandi yang kuat agar tidak mudah dibobol. Sebisa mungkin melakukan perubahan kata sandi secara berkala.

Jika punya banyak aplikasi, usahakan membuat sandi yang berbeda-beda untuk setiap akun. Kamu harus berhati-hati ketika menggunakan fasilitas Wi-Fi gratis saat berada di tempat umum saat mengakses aplikasi memuat data penting seperti m-banking. Apabila hendak transaksi keuangan melalui layanan mobile banking atau internet banking, gunakan saja layanan data selule. Jangan pernah mengakses mobile banking menggunakan Wi-Fi publik. Hal ini demi menghindari aksi scam.

  • Cek Keamanan Media Sosial

keamanan handphone 700x466 - Kejahatan Scam di Era Digital, Ini Cara Menghindarinya

Sumber: PIxabay/ Foundry Co

Semakin banyak orang yang menginstal aplikasi media sosial. Tidak hanya anak muda saja tetapi juga para orang tua. Media sosial memang sarana untuk berekspresi dan berkomunikasi. Kamu pun telah membagikan informasi tentang keluarga, teman, pasangan maupun anak. Pasalnya media sosialmu bisa dilihat oleh siapa saja bahkan orang-orang tidak kamu kenal.

Ada informasi yang bisa dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Ada beberapa cara untuk menjaga keamanan akun media sosial seperti membatasi informasi pada profil utama, nama orang, tempat sekolah, tempat kerja dan lainnya. Kamu dapat melaporkan jika ada link mencurigakan atau spam ke situs media sosial yang masuk pada pesan. Spam itu bisa muncul dalam bentuk SMS, email,  posting, atau permintaan pertemanan orang tak dikenal.

  • Keamanan Handphone

Scam adalah kejahatan yang dilakukan oleh scammer dengan bantuan teknologi yang canggih pula. Kecanggihan smartphone yang kamu miliki bisa membantu berbagai urusan jadi praktis, cepat dan mudah. Cukup pakai handphone saja kamu melakukan belanja online, pembayaran online, transaksi keuangan, hingga pekerjaan. Smartphone yang canggih bisa juga melacak identitas pribadimu, lokasi, dan kontak. Data diri dan perangkat canggih tersebut yang menjadi target peretas.

Penting untuk melakukan keamanan pada handphonemu seperti memasang sandi, finger print, atau face ID. kamu perlu menghindari menggunakan sandi yang gampang ditebak. Cek aplikas-aplikasi yang kamu gunakan di handphone. Hindari mengunduh aplikasi dari web atau link tidak resmi.

Demi menunjang aktivitas sehari-hari dalam mencari informasi yang aman, kamu dapat menggunakan aplikasi Qelola. Ada berbagai manfaat yang bisa kamu rasakan saat mengunakan aplikasi tersebut, seperti kemudahan membeli pulsa, kuota internet, hingga pembayaran tagihan PDAM, BPJS dan lainnya. Segera unduh aplikasi Qelola di sini. Selain itu, kamu bisa mencari informasi tentang keuangan, kesehatan, hingga pendidikan di website resmi Qelola.

Tags: , , , , ,