Pentingnya Kartu Keluarga untuk WNI di Luar Negeri, Ini Caranya

mengurus kartu keluarga

Dokumen Kartu Keluarga (KK) wajib dimiliki apalagi kalau sudah menikah. Warga Negara Indonesia (WNI) pun wajib memiliknya. Kartu ini merupakan identitas sebuah keluarga yang memuat data penting, yakni nama, susunan anggota keluarga, Nomor Induk Kependudukan (NIK), hubungan, pekerjaan, golongan darah, dan informasi penting lainnya.

Kenapa wajib dimiliki? Kartu Keluarga akan sering dipakai untuk persyaratan utama dalam pengurusan administrasi dan berbagai dokumen penting yang menyangkut identitas diri. Kegunaannya tak boleh disepelekan karena harus ada dalam proses pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP), akta kelahiran, asuransi kesehatan, pendaftaran sekolah, bagi anak yang akan menikah juga memerlukan kartu keluarga orang tuanya.

Sekarang ini KK juga menjadi syarat untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah. Selain itu, kartu keluarga penting diperbarui karena perubahan anggota serta statusnya seperti kelahiran, pernikahan, perceraian, kematian, pindah domisili dan lainnya.

Syarat dan Cara Membuat Kartu Keluarga

mengurus kartu keluarga 700x466 - Pentingnya Kartu Keluarga untuk WNI di Luar Negeri, Ini Caranya

Sumber: Pixabay/ Sozavisimost

WNI wajib memilik Kartu Keluarga karena penting digunakan untuk berbagai macam keperluan yang berkaitan dengan anggota keluarga. Kepala keluarga atau anggota keluarga wajib melaporkan ke RT/RW, Kelurahan, dan Kecamatan sehingga segera dilanjutkan ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil). Syarat penerbitan kartu keluarga akan tergantung pada alasan dan kepentingan dari penerbitan itu sendiri. Ada beberapa poin tentang proses dan syarat dalam penerbitan kartu keluarga yang baru.

  1. Baru Saja Menikah

Membuat Kartu Keluarga tidak sulit meskipun diurus oleh pasangan yang baru saja menikah. Pembuatan KK dapat dilakukan jika sudah melengkapi beberapa dokumen, yakni:

– Akta perkawinan yang dikeluarkan Disdukcapil

– Buku nikah atau sertifikat pernikahan

– KK yang lama (saat masih bergabung dengan KK orangtua)

– Surat keterangan pindah bagi penduduk pendatang

– Surat pengantar dari kelurahan untuk pembuatan kartu keluarga di kecamatan

Sebagai catatan jika pasangan pengantin beda kecamatan maka harus minta surat pengantar pindah domisili. Pasalnya harus mencabut data pindah domisili. Kemudian kelurahan tujuan akan menerima surat pindah tersebut dan dibuatkan surat permohonan pembuatan KK Baru. Proses pembuatan KK saat ini lebih mudah dan cepat sampai di tingkat kecamatan.


  1. Penambahan Anggota Baru (Kelahiran Anak)

Apabila hendak mengganti Kartu Keluarga karena ada penambahan anggota keluarga baru, yakni kelahiran anak, maka ada beberapa persyaratan yang dipersiapkan:

– Surat pengantar dari RT/RW atau langsung minta di kelurahan

– KK yang lama

– Surat keterangan kelahiran anak yang akan dimasukkan ke dalam KK


  1. Pengurangan Anggota Keluarga

Jika ada anggota keluarga yang pindah karena baru saja menikah atau malah ada kematian anggota keluarga juga perlu dilakukan pembuatan KK baru. Berikut syarat untuk memperbarui kartu keluarga:

– Surat pengantar dari RT/RW atau langsung mengujungi kelurahan sesuai domisili

– Kartu keluarga yang lama

– Surat Keterangan Pindah (bagi yang pindah)

– Surat Keterangan Kematian (bagi yang meninggal dunia).


  1. Penambahan Anggota Keluarga karena Menumpang

Hal tidak mungkin saja terjadi pada suatu keluarga. Ada sanak saudara yang tinggal bersama dalam jangka waktu lama sehingga perlu mendaftarkannya menjadi anggota keluarga dalam KK. Pendaftaran dapat dilakukan jika yang bersangkutan sudah punya KTP, berikut syaratnya:

– Surat pengantar dari RT/RW atau langsung dari kelurahan

– Kartu Keluarga yang lama

– Surat keterangan pindah datang dari orang yang bersangkutan

– Surat keterangan datang dari luar negeri (bagi WNI yang datang dari luar negeri)

– Paspor, izin tinggal tetap, dan surat keterangan catatan kepolisian/surat tanda lapor diri (bagi WNA).

Perlu diingat proses pembuatan KK bisa cepat tetapi juga butuh waktu lama karena ada beberapa tahapan. Setiap instansi punya jangka waktu penyelesaikan dokumen yang berbeda-beda. Jangan menunda-nunda untuk mengurus KK, baik membuat baru maupun melakukan perubahan KK.  Kamu harus melengkapi semua persyaratan yang diminta agar pengurusan KK bisa berjalan lancar dan lebih cepat.

Pentingnya Kartu Keluarga Bagi WNI di Luar Negeri

laporan online 700x468 - Pentingnya Kartu Keluarga untuk WNI di Luar Negeri, Ini Caranya

Sumber: Pixabay/ Free-Photos

WNI di luar negeri tetapi harus memiliki kartu keluarga. KK merupakan dokumen penting untuk mengajukan pindah domisili termasuk hendak pindah ke luar negeri dan menetap di suatu negara. WNI dapat mengajukan Surat Keterangan Pindah Keluar Negeri (SKPLN) harus membawa KK dan KTP asli. Kabar baiknya Pemerintah Indonesia telah meluncurkan pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) secara online bagi WNI di luar negeri.

Pelayanan adminduk bagi WNI di luar negeri ini adalah tindak lanjut amanat PP No. 40 Tahun 2019 tentang Pelaksanaan UU No. 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan sebagaimana telah diubah dengan UU No. 24 Tahun 2013 tentang Perubahan UU No. 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan. Salah satu amanatnya terkait penyelenggaraan urusan adminduk bagi WNI di luar negeri dilaksanakan oleh Perwakilan Republik Indonesia.

  • Laporan Online

WNI di luar negeri dapat melakukan pelaporan diri, pelayanan adminduk hingga pengaduan melalui satu portal yakni, peduliwni.kemlu.go.id. Layanan online ini meliputi penerbitan Nomor Identitas Tunggal (NIT) yang disamakan dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Pelayanan pencatatan sipil berupa pelaporan dan pencatatan: perkawinan, kelahiran, kematian, perceraian, pengangkatan anak warga negara asing oleh WNI, pengakuan anak WNI yang bertempat tinggal di luar wilayah NKRI; pengesahan anak WNI yang bertempat tinggal di luar wilayah NKRI; Pelepasan kewarganegaraan Republik Indonesia, dan pembetulan akta pencatatan sipil.

Ada pula layanan pindah datang WNI dari satu negara ke negara lainnya di luar wilayah NKRI. WNI yang hendak pergi menjadi TKI perlu mengurus Kartu Keluarga sehingga tidak kerepotan saat di luar negeri. Demi menunjang aktivitas sehari-hari dalam mencari informasi hingga transaksi uang di Malaysia, kamu dapat menggunakan aplikasi Qelola. Selain itu, kamu juga makin mudah membeli pulsa, kuota internet, hingga pembayaran tagihan lewat aplikasi ini, segera unduh aplikasi Qelola di sini. Selain itu, kamu bisa mencari informasi tentang keuangan, kesehatan, hingga pendidikan di website Qelola.

 

Tags: , , , , ,