Ini Cara Cepat Mengerjakan Tugas Kuliah Agar Tidak Menumpuk

Tugas kuliah

Mahasiswa maupun pekerja memang tak pernah lepas dari mengerjakan tugas. Apalagi ada mahasiswa juga yang kerja part time untuk menambah uang saku. Namun saat ada satu tugas kadang kala bertambah tugas yang lain. Belum lagi ada keinginan untuk main, tentu saja harus bisa membagi waktu untuk mengerjakan tugas.

Kadang kala saking banyaknya tugas atau pekerjaan yang bersamaan maka harus mengerjakan tugas dengan cepat. Kadang jadi menerapkan sistem kebut semalam. Situasi seperti ini harus dihadapi dengan cepat tetapi hasilnya tetap memuaskan. Kamu butuh tips mengerjakan tugas supaya bisa selesai sesuai deadline. Yuk simak ulasan berikut ini:

Kerjakan Sendiri

Usahakan mengerjakan tugas sendiri saja daripada bersama dengan teman-teman. Dengan begitu, kamu bisa lebih fokus dan konsentrasi. Jika bersama-sama teman awalnya bisa mengerjakan tetapi lama kelamaan jadi keasyikan ngobrol. Bukannya cepat selesai tapi malah makin lama.Kalau bisa dikerjakan sendiri lebih baik mengurungkan niat untuk pergi bersama teman-teman. Apabila tugas harus dikerjakan secara kelompok, barulah dilakukan bersama teman-teman.

Atur Waktu dan Buat Target

membuat perencanaan 700x466 - Ini Cara Cepat Mengerjakan Tugas Kuliah Agar Tidak Menumpuk

Sumber: Pixabay/Karolina Grabowska

Sejak sekarang memang harus membiasakan diri mengerjakan tugas sendiri. Hal ini bisa menjadi modal atau dasar yang baik saat bekerja. Soal pekerjaan, kamu harus mengerjakannya sendiri dan tidak bisa melimpahkan tugas kepada rekan kerja dengan leluasa. Berhati-hatilah meskipun tugas bisa dikerjakan dalam kurun waktu semalam tapi lama-lama bisa membuatmu lelah.

Atur waktu dan membuat target kapan tugas harus selesai. Tetapkan deadline untuk diri sendiri dan kerjakan lebih cepat dari deadline sebenarnya. Buat jadwal harian untuk memudahkanmu mengatur waktu dan tidak perlu sampai begadang. Kamu bisa memecah tugas besar menjadi tugas-tugas kecil.

Hindari mengerjakan tugas sampai dini hari bahkan sampai subuh. Penting untuk menetapkan rencana tugas apa saja yang harus dikerjakan pada hari ini. Cek kembali bagian-bagian yang belum selesai dan tugas yang sudah selesai.

Persiapkan Diri

Kamu juga harus menyiapkan diri dan tempat untuk menyelesaikan tugas. Pilih di kamar, kafe, perpustakaan, di teras dan sebagainya. Setidaknya ada tempat yang nyaman untuk belajar dan mengerjakan aneka tugas supaya lekas selesai. Jangan sambil menonton televisi atau makan karena malah akan menurunkan konsentrasimu.

Jangan sampai melewatkan waktu sarapan, makan siang ataupun makan malam. Bahkan siapkan botol air minum di meja sehingga kamu tetap bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Bangun pagi kemudian berolahraga untuk menjaga kebugaran tubuh. Usahakan mandi dulu sebelum mulai mengerjakan tugas sehingga badan terasa segar.

Motivasi Diri

Selain membuat deadline, kamu juga harus memberikan motivasi pada diri sendiri. Ketika kamu kurang semangat bahkan motivasi, hal itu akan membuatmu kurang cepat mengerjakan tugas. Kamu bisa menonton video atau tulisan yang menginspirasi. Sebelum mulai mengerjakan kamu bisa menikmati makanan atau minuman sehat atau yang kamu suka untuk meningkatkan mood.

Kamu juga perlu memberi self reward sebagai bentuk apresiasi jika berhasil mengerjakan tugas apalagi kalau hasilnya memuaskan. Beri hadiah kecil untuk diri sendiri sehingga kamu bisa semangat dan tugas cepat sesuai deadline. Terapkan semangat cepat dikerjakan maka akan cepat selesai. Sehingga kamu tidak akan menunda-nundanya karena bersemangat ingin lekas menyelesaikannya.

Hilangkan Gangguan

Penting juga dilakukan untuk menyingkirkan hal-hal yang bisa mengganggumu saat mengerjakan tugas. Misalnya handphone, televisi, atau tempat yang berantakan. Apa yang biasanya dirasa paling mengganggu saat menyelesaikan tugas? Cobalah matikan televisi atau jauhkan handphone selama proses pengerjaan. Sikap menunda pekerjaan (prokrastinasi) juga harus disingkirkan supaya tetap produktif. Kamu dapat meminta pengertian dari anggota keluarga lainnya agar tidak terlalu berisik atau mengganggu.

Jangan Lupa Istirahat

istirahat 700x466 - Ini Cara Cepat Mengerjakan Tugas Kuliah Agar Tidak Menumpuk

Sumber: Pixabay/ Kirill Averianov

Ingin tugas lekas selesai bukan berarti kamu terus menerus mengurung diri. Kamu juga perlu mengambil waktu untuk istirahat sejenak. Duduk terus menerus juga akan membuat badan jadi pegal-pegal. Setiap 30 menit kamu bisa berdiri, jalan-jalan, melakukan peregangan. Jangan lupa untuk minum air putih agar menjaga tubuh tetap terhidrasi dan bisa konsentrasi.

Istirahatkan badan untuk menghindari kelelahan. Apalagi kalau kamu harus mengerjakannya dalam waktu semalam. Terlalu sering begadang juga lama kelamaan akan menurunkan performamu. Jangan begadang lagi selama beberapa hari jika tak mau sakit. Kamu harus menjaga kesehatan supaya bisa leluasa beraktivitas dan mengerjakan tugas lainnya.

Sibuk mengerjakan tugas dan perlu melakukan transaksi uang atau pembayaran tagihan? Kamu bisa memanfaatkan aplikasi Qelola. Inilah aplikasi yang memudahkanmu dapat melakukan berbagai pembayaran tagihan serta transfer uang secara online dari Malaysia ke Indonesia. Kamu bisa beli pulsa, bayar listrik, air dan lainnya. Jadi kamu tidak perlu repot-repot harus keluar rumah dan mengganggu jadwal rencanamu mengerjakan tugas. Segera unduh aplikasi Qelola untuk merasakan manfaatnya serta kemudahan transaksi online di masa pandemi Covid-19.

Tags: , , , ,