Berikut 7 Kiat Lancarkan Presentasi Online Saat Kuliah Daring

presentasi online

Presentasi online sudah menjadi makanan sehari-hari bagi mahasiswa yang sedang menjalani kuliah daring selama pandemi covid-19. Secara umum, presentasi online memang tidak jauh berbeda dengan presentasi biasa. Meskipun begitu, ada beberapa hal yang tetap harus diperhatikan agar presentasi online berjalan lancar dan efektif. Bagi mahasiswa lama hal ini bukan lagi menjadi tantangan, tetapi tidak bagi mahasiswa baru semester 1 yang memulai kuliah dengan sistem online. Mereka tentu akan mengalami kesulitan karena baru pertama kali menjalani presentasi secara online. Lalu bagaimana cara terbaik presentasi online saat kuliah daring? Yuk simak kiat-kiatnya berikut ini:

1. Pelajari materi presentasi dengan baik 

close up student reading book 700x394 - Berikut 7 Kiat Lancarkan Presentasi Online Saat Kuliah Daring

Freepik.com

Sebelum melakukan presentasi, tentunya kamu harus mempelajari materi dengan sebaik-baiknya. Galilah informasi dari buku ataupun jurnal yang sesuai dengan materi yang akan kamu sampaikan. Tulis poin-poin pentingnya dan buatlah outline alur presentasinya. Mulai dari pembukaan, bagian isi dan penutupan. Tentukan apa saja yang ingin kamu sampaikan pada setiap bagian tersebut dengan baik, sehingga presentasi bisa efektif dan efisien.  Materi presentasi yang kamu pelajari dengan baik akan mempermudah teman-teman dan dosen untuk memahaminya. 

2. Gunakan slide yang jelas dan menarik 

Presentasi online berbeda dengan presentasi pada umumnya. Dalam presentasi online, gambar slide akan lebih dominan dibandingkan dengan visual presenter itu sendiri. Kebanyakan orang sulit mengingat apa yang presenter sampaikan. Maka dari itu, menggunakan gambar slide yang jelas dan menarik akan mempermudah para audiens untuk menangkap materi presentasi kamu. Gunakan padu padan warna yang enak dipandang oleh mata, perbanyak gambar atau visual yang menarik, dan jangan terlalu banyak menaruh tulisan dalam satu slide. Kamu juga dapat memanfaatkan template dari power point atau dari aplikasi seperti canva dan prezzi.  

3. Persiapkan tools yang akan digunakan

Untuk memastikan presentasi berjalan dengan baik, kamu harus mempersiapkan alat-alat yang menjadi pendukung lancarnya presentasimu. Pastikan laptop yang nantinya kamu gunakan sudah terisi penuh baterainya, headset/earphone dapat berfungsi dengan baik dan yang tidak boleh ketinggalan adalah aplikasi video yang nanti akan digunakan. Konfirmasi kepada teman atau dosen bahwa memang aplikasi tersebut yang menjadi media untuk presentasi online. Luangkan waktu untuk mempelajari setelan aplikasi agar kamu terbiasa dengan cara kerjanya. 

4. Perhatikan koneksi internet 

top view wi fi router with house figurine wireless controlled devices 700x467 - Berikut 7 Kiat Lancarkan Presentasi Online Saat Kuliah Daring

Freepik.com

Koneksi internet merupakan hal krusial yang tidak boleh terlewatkan. Presentasi online tentu saja sangat bergantung pada kualitas koneksi internet, karena hal ini menentukan lancar tidaknya presentasi yang akan kamu lakukan. Jangan sampai presentasi tersendat, terputus ataupun delay karena koneksi internet yang buruk. Maka dari itu, sebelum presentasi ada baiknya untuk terlebih dahulu memastikan jaringan koneksi internet yang kamu miliki sudah memadai. Usahakan untuk masuk room meeting lebih awal, sekitar 30 menit sebelum perkuliahan dimulai. Jadi kamu bisa melakukan pengetesan dengan temanmu sebelum akhirnya benar-benar presentasi di depan dosen. 

5. Bangun lingkungan yang kondusif 

Kiat selanjutnya adalah memperhatikan lingkungan sekitar kamu saat presentasi. Sebisa mungkin kamu melakukan presentasi di ruangan yang minim gangguan suara bising agar presentasi dapat terdengar dengan jelas. Selain itu, mintalah pada teman-temanmu untuk mematikan microphone saat presentasi berlangsung. Hal tersebut perlu dilakukan sehingga dosen dan teman-teman bisa fokus mendengarkan suara kamu. Kamu juga perlu memperhatikan intonasi bicara saat presentasi, usahakan berbicara dengan lantang dan jelas agar presentasi kamu tersampaikan dengan baik. 

6. Tetap gunakan komunikasi verbal dan non-verbal 

smiley woman having video call office 700x467 - Berikut 7 Kiat Lancarkan Presentasi Online Saat Kuliah Daring

Freepik.com

Meskipun saat presentasi kamu tidak berhadapan langsung dengan teman-teman dan dosen, cobalah untuk tetap memposisikan kamu melakukan presentasi di ruangan yang sama dengan mereka. Jadi ketika kamu sedang memaparkan presentasimu, kamu harus tetap melakukan eye contact dengan kamera dan menggerakkan tanganmu sesuai dengan kebutuhan. Sesekali kamu juga bisa memberikan pertanyaan kepada teman-teman agar presentasi lebih hidup. Buka juga sesi pertanyaan terkait dengan materi yang kamu sampaikan dan jawab dengan sejelas-jelasnya.

7. Jangan lupa untuk sering berlatih 

Percaya diri adalah kunci untuk menarik perhatian teman-teman dan dosen saat presentasi. Untuk membangun rasa percaya diri, yang harus kamu lakukan adalah sering berlatih. Kamu bisa berpura-pura sedang presentasi di depan cermin atau bisa juga merekam dirimu sendiri saat ingin mencoba menyampaikan materi presentasi kamu. Selain berlatih menyampaikan materi, pastikan juga untuk berlatih menampilkan slide presentasi yang tepat di layar. Hal ini membuat kamu bisa lebih santai dan menguasai materi presentasi yang kamu sampaikan sehingga dosen akan memberikan nilai tinggi untuk kamu. 

Baca juga: Tips dan Informasi Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Malaysia 

Itulah tadi kiat presentasi online saat kuliah daring yang bisa kamu coba lakukan. Apabila kamu ingin mendapatkan nilai yang bagus, tentu saja kamu harus mempersiapkannya dengan sebaik mungkin. Jangan lupa untuk membeli kuota internet yang cukup agar jaringan koneksi internet kamu tidak ada gangguan. Nah, agar tidak kerepotan, kamu bisa membeli kuota dengan mudah melalui aplikasi Qelola. Selain fitur pembelian kuota, terdapat fitur lain yang menarik seperti membayar tagihan dan mentransfer uang ke Indonesia dengan sangat mudah. Silahkan download aplikasinya dan rasakan manfaatnya. 

Tags: , , , ,