Tips dan Informasi Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Malaysia

beasiswa malaysia

Kuliah di luar negeri saat ini bukanlah sebuah mimpi yang sulit diraih. Karena banyak negara yang telah membuka berbagai macam jurusan dengan kelas internasional. Artinya, calon mahasiswa dari Indonesia terbuka lebar untuk menempuh pendidikan. Salah satu negara yang membuka lebar kesempatan kuliah, baik S1 maupun S2, bagi pelajar Indonesia adalah Malaysia. Kuliah di Malaysia menjadi semakin mudah dan bahkan murah karena banyaknya beasiswa yang ditawarkan. Bagi kamu yang ingin mendapatkan kesempatan meraih beasiswa harus mengumpulkan banyak informasi penting terkait beasiswa Malaysia. Simak tips dan info penting terkait beasiswa kuliah di Malaysia berikut.

A.  Beasiswa Kuliah di Malaysia

Untuk mencari beasiswa kuliah di Malaysia, kamu harus menentukan dulu universitas mana yang kamu tuju. Begitu juga dengan jurusan yang kamu minati. Beberapa universitas membuka beasiswa namun terbatas pada jurusan tertentu. Sehingga bisa jadi kampus impian kamu membuka beasiswa namun belum tentu jurusan yang kamu minati membuka kelas internasional, dan sebagainya. Jangan berkecil hati jika tidak membuka kelas internasional, karena kamu juga bisa ikut dalam kelas reguler untuk beberapa kampus.

Selain itu, kamu juga harus mengetahui biaya apa saja yang ditanggung oleh beasiswa tersebut. Karena tidak semua penyedia program beasiswa menanggung penuh biaya pendidikan sekaligus biaya hidup. Beberapa biaya yang perlu kamu cermati adalah : biaya pendidikan, biaya hidup per bulan, akomodasi atau asrama, biaya keberangkatan, hingga biaya tes SWAB, dan sebagainya. Termasuk info mengenai berapa lama pihak pemberi beasiswa menanggung biaya tersebut selama menempuh pendidikan. Semua informasi tersebut bisa mulai kamu kumpulkan sejak kamu menginjak kelas 12 atau kelas 3 SMA/sederajat. Dengan begitu, tujuan dan cara mencapainya akan lebih mudah kamu persiapkan sejak dini.

Pada beberapa universitas seperti Sunway University bahkan membuka beasiswa untuk program pertukaran pelajar dengan masa studi 1 tahun. Pertukaran pelajar ini bahkan bisa kamu lakukan secara online mengingat situasi yang ada saat ini. Selain menambah banyak teman, program beasiswa studi jangka pendek ini dapat menjadi batu lompatan untuk mendapatkan beasiswa studi penuh untuk gelar sarjana atau S1 maupun gelar pascasarjana.

persyaratan kuliah di malaysia 1 - Tips dan Informasi Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Malaysia

B.  Cara Mendapatkan Beasiswa Malaysia

Namun sebagai bahan persiapan, kamu bisa menyimak beberapa syarat mendapatkan program beasiswa kuliah S1 di Malaysia yang diadakan oleh BAZNAS berikut ini. Program terbaru ini diadakan BAZNAS bersama Albukhary International University (AIU) Malaysia bagi keluarga kurang mampu yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi. Kedua pihak sepakat untuk menanggung biaya pendidikan secara penuh selama maksimal 4 tahun atau 8 semester.

Kami rangkumkan syarat-syarat dan dokumen wajib yang harus dipenuhi untuk mengakses beasiswa Malaysia yang satu ini.

  1. Lulusan SMA/SMK/Sederajat dengan usia antara 18 – 22 tahun per 1 September 2021 dan dibuktikan dengan dokumen ijazah, Surat Keterangan Lulus, atau transkrip nilai. Jangan lupa juga untuk menerjemahkan ijazah dalam bahasa Inggris.
  2. Belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama menerima beasiswa dan dibuktikan dengan surat pernyataan yang ditanda tangani di atas materai.
  3. Rata-rata penghasilan orangtua yang bekerja paling besar Rp 4.000.000 dan dibuktikan dengan slip gaji atau surat keterangan penghasilan.
  4. Memiliki sertifikat TOEFL dengan skor minimal 500 atau IELTS dengan skor minimal 5.
  5. Mendapat rekomendasi dari tokoh masyarakat dan dibuktikan dengan surat rekomendasi.
  6. Membuat esai dengan topik “Alasan memilih AIU dan rencana setelah lulus”.
  7. Mengisi formulir yang disediakan oleh BAZNAZ dan AIU Malaysia.
  8. Menyiapkan dokumen wajib yang belum disebutkan di atas seperti KTP, KK, pas foto dengan latar belakang putih, dan rapot kelas 10 hingga 12.

Catatan tambahan:

  • Untuk syarat menulis esai, setiap universitas memiliki topik yang sangat beragam. Selain topik di atas, kamu mungkin akan bertemu topik seperti tanggapan situasi sosial dan politik di Asia, penelitian yang ingin sekali kamu lakukan, teknologi informasi yang ingin kamu pelajari, dan sebagainya. Tentu hal ini akan sangat berkaitan dengan jurusan yang kamu ambil.
  • Formulir pendaftaran beasiswa juga dapat kamu akses melalui website resmi universitas tujuan.
  • Semua syarat di atas dapat bertambah sesuai dengan universitas yang dituju. Cek kembali website resmi untuk mendapatkan rinciannya. Hal ini juga berlaku bagi kamu yang ingin mendapatkan beasiswa pascasarjana.

Dengan informasi cara mendapatkan beasiswa kuliah di Malaysia tersebut tentu kamu akan semakin semangat bukan? Kuliah di luar negeri, termasuk di Malaysia, tidak hanya menambah pengalaman saja namun juga memperluas jaringan kamu hingga level internasional atau minimal Asia. Dengan lebih banyak jaringan pertemanan, pintu kesuksesan akan terbuka lebih banyak. Terlebih lagi dengan biaya hidup di Malaysia yang hampir sama dengan Indonesia. Bicara soal biaya hidup, kamu harus memiliki kemudahan dalam melakukan transaksi antar negara, khususnya Malaysia dan Indonesia. Cara paling mudah adalah dengan menggunakan aplikasi Qelola. Dengan berbagai fiturnya, kamu bisa mendapatkan kiriman biaya hidup dengan mudah dan cepat. Download aplikasi Qelola di sini.

Tags: , , , ,