Wajib Tahu! Inilah Rekomendasi Aplikasi untuk Sekolah Online di Rumah

sekolah online

Saat ini, sebagian besar sekolah telah mengikuti kemajuan teknologi dengan mengimplementasi edutech atau e-learning, baik menggunakan aplikasi belajar online buatan sekolah maupun platform yang sudah beredar di Google Play Store. Untuk mengakses aplikasi-aplikasi tersebut, tentu saja diperlukan perangkat terkini yang mendukung agar kegiatan sekolah online dapat dilakukan secara optimal.

Sekolah online yang disebut e-learning adalah pembelajaran formal maupun non formal yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi, sehingga pelajar dan pengajar melakukan proses belajar mengajar menggunakan media elektronik. E-learning ini dilakukan dalam jaringan, di mana siswa dan guru bisa mengaksesnya di mana saja dan kapan saja.

Dampak Positif dan Negatif Sekolah Online

 

qelola 19 1 - Wajib Tahu! Inilah Rekomendasi Aplikasi untuk Sekolah Online di Rumah

sumber: unsplash

Sebenarnya ada beberapa dampak positif yang ditimbulkan dari sekolah online atau e-learning. Di antaranya adalah e-learning menghemat biaya, tidak menimbulkan polusi dan ramah lingkungan, serta tidak lagi membutuhkan buku teks karena pengguna bisa memanfaatkan buku digital yang lebih mudah didapat. Selain itu, lingkungan belajar lebih bisa disesuaikan dengan kondisi, dan pelajar bisa menggunakan e-learning di mana saja.

Namun, gaya belajar yang berubah ini juga menimbulkan dampak negatif, yaitu komunikasi tatap muka menjadi sangat berkurang. Selain itu, sekolah online juga menimbulkan isolasi sosial, dan pembelajaran lebih banyak teori daripada praktek. E-learning juga tidak bisa diakses bagi mereka yang tidak memiliki perangkat pendukungnya, sehingga menjadi suatu kesulitan. Keterampilan komunikasi siswa juga kurang berkembang pada saat menggunakan pembelajaran dalam jaringan.

Rekomendasi Aplikasi Sekolah Online

qelola 12 1 - Wajib Tahu! Inilah Rekomendasi Aplikasi untuk Sekolah Online di Rumah

sumber: freepik

E-learning memang menjadi pilihan belajar di masa pandemi yang tepat. Sebenarnya beberapa aplikasi sudah banyak digunakan jauh sebelum pandemi melanda. Aplikasi-aplikasi tersebut bisa kamu coba dengan mempertimbangkan sesuai kebutuhan. 

1. Ruangguru

Ruangguru menjadi salah satu perusahaan teknologi terbesar di Indonesia yang berfokus pada layanan pendidikan. Bahkan Ruangguru sudah memiliki lebih dari belasan juta pengguna dan mengelola ratusan ribu guru dan menawarkan layanan lebih dari seratus bidang pelajaran. Ruangguru mengembangkan berbagai layanan berbasis teknologi yang meliputi layanan kelas virtual, platform ujian online, video pembelajaran berlangganan, les privat, serta konten pembelajaran lain yang bisa diakses melalui website maupun aplikasi Ruangguru.

2. Quipper

Quipper ini merupakan perusahan penyedia konten edukasi berbasis digital yang menyediakan sistem pembelajaran daring, sehingga memungkinkan pengguna untuk melakukan pembelajaran tatap muka dengan guru secara online dengan mudah. Selain itu, Quipper memiliki fitur bernama Quipper School, di mana fitur ini bisa digunakan untuk guru menciptakan kelas virtual dan memberikan tugas kepada siswa secara virtual pula. Dengan fitur ini, maka guru bisa memantau jumlah murid yang mengumpulkan tugas dan berapa nilai yang mereka dapatkan. Layanan ini bisa didapatkan secara gratis.

3. Sekolah.mu

Aplikasi ini merupakan aplikasi sekolah online dengan sistem campuran pertama yang ada di Indonesia. Sistem ini memadukan pertemuan tatap muka dengan materi online, memadukan pembelajaran di mana pengajar dan peserta didik dapat melakukan pembelajaran dengan saling memberi feedback, dan tanya jawab meskipun di dua tempat yang berbeda. Aplikasi ini sudah tersedia di Play Store, jadi pengguna Android sudah bisa mengunduh dan mendaftarkan akun ke aplikasi tersebut. 

4. Zenius

PT Zona Edukasi Nusantara sudah mengeluarkan aplikasi Zenius ini sejak tahun 2004 lalu. Aplikasi berpengalaman ini menghadirkan beberapa fitur penunjang pembelajaran mulai dari jenjang sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Fitur andalan yang ada pada aplikasi ini yaitu simulasi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Selain itu, Zenius juga menyediakan materi Tryout yang bisa dikerjakan dan melihat sendiri hasil akhirnya. Aplikasi Zenius dinobatkan sebagai aplikasi terbaik pada tahun 2019 versi Google Play Store. 

5. Brainly

Aplikasi Brainly bisa di unduh pada perangkat Android dan iOS. Selain aplikasi, Brainly juga bisa diakses melalui website resminya, yaitu Brainly.co.id. Cara menggunakannya cukup mudah baik dengan aplikasi maupun melalui website, di mana setiap pengguna bisa langsung mengetikan pertanyaan. Brainly kemudian akan memproses dan menampilkan jawaban sesuai dengan kata kunci yang dimasukan, bisa berupa potongan dari kata kuncinya atau satu kalimat penuh. Aplikasi Brainly ini menyediakan pembelajaran dari tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah atas, dan terdapat 25 kategori mata pelajaran. Di aplikasi ini, setiap pengguna bisa memberi pertanyaan atau menjawab pertanyaan orang lain untuk membantunya.

Baca juga: Ketahui Cara Sukses Wawancara Kerja Online di Masa Pandemi

Selain kelima rekomendasi aplikasi sekolah online yang telah disebutkan di atas, ada juga aplikasi yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia yang bisa dimiliki secara gratis. Aplikasi ini mendukung pembelajaran dengan menggunakan video, audio, gambar, dan animasi yang interaktif agar tidak mudah bosan. Fitur lainnya yang tersedia adalah Sumber Belajar, Laboratorium Maya, Kelas Maya, Peta Budaya, dan lain sebagainya. Bagi kamu yang saat ini berada di Malaysia, kamu bisa merekomendasikan aplikasi untuk sekolah online ini pada saudara atau teman-teman di Tanah Air. 

Nah, untuk mendukung proses pembelajaran secara online, tentunya dibutuhkan kuota internet yang cukup. Jangan khawatir, karena kamu bisa membeli kuota internet melalui aplikasi Qelola. Caranya sangat mudah, prosesnya cepat, dan transaksimu dijamin aman. Pertama, kamu harus download Qelola terlebih dahulu. Setelah aplikasinya terpasang di smartphone, langkah selanjutnya adalah melakukan registrasi. Maka, kamu sudah bisa menikmati berbagai macam fitur menariknya.

Tags: , , , , ,