Ketahui Cara Sukses Wawancara Kerja Online di Masa Pandemi

video conference 2 scaled - Ketahui Cara Sukses Wawancara Kerja Online di Masa Pandemi

Situasi pandemi Covid-19 saat ini membuat semua kegiatan yang mengharuskan tatap muka dikurangi. Dalam keadaan ini, solusi terbaiknya adalah melakukan pertemuan secara virtual atau online. Pertemuan secara online sangat bermanfaat bagi setiap orang atau perusahaan, salah satunya untuk kegiatan rekrutmen tenaga kerja. Perusahaan yang masih membutuhkan tenaga kerja yang berkualitas selama pandemi, membuat mereka harus melakukan seleksi hingga wawancara kerja secara online. Tentunya hal ini dilakukan demi mencegah penyebaran Covid-19 semakin luas. Sekarang sudah banyak aplikasi dan platform yang tersedia untuk video conference.

Namun, masih ada berbagai kendala yang bisa muncul saat melakukan wawancara kerja online. Kendala yang muncul bisa karena sebagian orang yang masih tidak terbiasa dengan sistem tersebut atau si pelamar tidak mampu menampilkan sisi terbaiknya karena tidak bertemu secara fisik. Kira-kira bagaimana tips dan trik agar wawancara kerja online-mu bisa berhasil? Yuk, lakukan tips di bawah ini agar pewawancara terpukau denganmu!

Pelajari aplikasi video conference yang digunakan

sih 700x544 - Ketahui Cara Sukses Wawancara Kerja Online di Masa Pandemi

Untuk melakukan wawancara kerja secara online pastinya perlu dukungan dari aplikasi video conference yang ada. Saat ini sudah banyak aplikasi video conference yang tersedia seperti Zoom, Google Meet, Skype dan sebagainya. Biasanya pihak perusahaan akan memberitahu detail aplikasi yang akan mereka gunakan untuk mewawancaraimu. Nah, sebelum jadwal wawancara tiba, ada baiknya kamu mempelajari cara pakai aplikasi tersebut. Pelajari fitur-fitur yang tersedia serta cara mengoperasikan aplikasi tersebut, jadi kamu tidak akan kebingungan saat hari wawancara tiba.

Gunakan laptop atau desktop saat wawancara online

smiley woman having video call office 700x467 - Ketahui Cara Sukses Wawancara Kerja Online di Masa Pandemi

Alasan menggunakan laptop atau desktop saat wawancara online adalah karena koneksi yang stabil serta bisa menghasilkan visual pelamar yang lebih baik. Untuk itu, hindari menggunakan ponsel saat wawancara online. Koneksi ponsel yang tidak baik akan lebih mudah memutuskan panggilan. Selain itu, memegang ponsel saat wawancara berlangsung memiliki risiko berguncang atau bergerak sehingga tidak memberikan visual yang baik pada pewawancara. 

Baca Juga: Trik Menyiasati Pengeluaran yang Meningkat karena Sekolah Online

Siapkan tempat yang bebas gangguan serta memiliki pencahayaan yang baik

young woman working from home 700x467 - Ketahui Cara Sukses Wawancara Kerja Online di Masa Pandemi

Agar menghasilkan wawancara yang baik dan lancar, pilihlah tempat atau ruangan yang tenang serta bebas gangguan. Perhatikan juga latar belakang yang akan menjadi tempatmu wawancara online,  pastikan dinding terlihat bersih dan sekitarnya rapi. Hal ini sederhana ini bisa memberikan kesan yang baik pada pewawancara. Setelah itu, cek pencahayaan di ruangan tersebut agar wajahmu terlihat lebih jelas saat wawancara berlangsung.

Pakailah outfit serta penampilan terbaikmu

surprise face blond woman casual outfit standing beige wall exited girl looking 700x467 - Ketahui Cara Sukses Wawancara Kerja Online di Masa Pandemi

Siapa bilang pakaian dan penampilanmu saat wawancara online tidak terlalu penting. Kesan baik seseorang bisa dilihat dari cara ia berpakaian. Semakin terlihat bersih dan rapi seseorang, maka semakin baik aura yang terpancar. Maka dari itu, pakailah outfit yang biasa kita gunakan saat wawancara kerja tatap muka. Kenakan pakaian yang formal dan sopan seperti kemeja atau blazer. Pastikan juga rambutmu tertata rapi, untuk wanita bisa gunakan make up yang terlihat natural.

Kuasai materi dan berlatih

company representatives reading applicant resume hiring 700x467 - Ketahui Cara Sukses Wawancara Kerja Online di Masa Pandemi

Ada baiknya kamu mendalami materi sebelum hari wawancara tiba. Carilah informasi mengenai perusahaan serta posisi yang kamu lamar. Ketahui juga gambaran kira-kira seperti apa jobdesc yang dimiliki posisi itu. Selanjutnya, berlatih dengan rutin. Hal ini akan memudahkan kita untuk fokus menjawab pertanyaan dari pewawancara. Jangan lupa kontak mata dengan pewawancara melalui kamera juga penting.

Selain tips di atas, kamu juga harus percaya diri serta memiliki persiapan yang matang. Dengan persiapan yang baik akan memperbesar kesempatanmu dalam mendapatkan pekerjaan tersebut. Hal ini sebanding demi meraih masa depan yang cerah walau pandemi masih ada. Selain mempersiapkan masa depan, jangan lupa untuk mengelola keuanganmu juga. Jangan khawatir, karena ada aplikasi Qelola. Qelola dirancang untukmu agar bisa mengelola keuanganmu lebih mudah dan praktis. Fitur yang tersedia juga banyak, bisa kirim uang dari Malaysia ke Indonesia serta bayar tagihan. Penasaran? langsung cek dan unduh Qelola melalui Google Playstore di handphone-mu segera!

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,