Dapatkan Beasiswa ke Malaysia dengan 4 Tips Berikut Ini!

Universitas di malaysia

Melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi pasti menjadi mimpi banyak orang, apalagi jika bisa melakukannya di negara lain. Sayangnya, kuliah di luar negeri membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun jangan patah semangat dulu, jika kamu punya prestasi akademis yang menjanjikan, masih ada solusi lain dengan mengajukan beasiswa.

Tak hanya itu saja, tujuan negara yang ingin kamu pilih untuk meneruskan pendidikan juga harus dipikirkan dengan matang. Hidup di luar negeri dan berada jauh dari keluarga pastinya tidak mudah. Oleh karena itu kamu bisa memilih negara yang paling dekat seperti Malaysia misalnya.

Lalu bagaimana cara mendapatkan beasiswa ke Malaysia? Apa saja yang harus dipersiapkan? Kampus mana saja yang menawarkan beasiswa untuk warga asing di Malaysia? Informasinya bisa kamu temukan dengan membaca artikel di bawah ini.

Berkas dan Dokumen untuk Melamar Beasiswa ke Malaysia

dokumen pendukung 700x467 - Dapatkan Beasiswa ke Malaysia dengan 4 Tips Berikut Ini!

Sumber: pexels

Syarat administratif menjadi ketentuan mutlak bagi kamu yang ingin menuntut ilmu melalui beasiswa ke luar negeri. Ada beberapa dokumen penting yang harus kamu persiapkan sebelum mengajukan beasiswa ke Malaysia. Kendati demikian, masing-masing universitas pastinya punya syarat-syarat khusus yang berbeda.

Namun secara garis besar, dokumen yang perlu disiapkan untuk melamar beasiswa pendidikan meliputi fotokopi kartu tanda penduduk, pas foto 3×4, ijazah beserta transkrip nilai yang sudah dilegalisir. Selain itu, kamu juga harus melampirkan paspor, curriculum vitae, motivation letter, hasil TOEFL/ IELTS, dan surat rekomendasi.

Tips Mendapatkan Beasiswa ke Malaysia

group students celebrating graduation together wearing face masks 700x467 - Dapatkan Beasiswa ke Malaysia dengan 4 Tips Berikut Ini!

Sumber: freepik

Tiap-tiap universitas pastinya punya kriteria tersendiri dalam memilih calon mahasiswanya yang masuk melalui jalur beasiswa. Pastinya, pihak kampus menginginkan orang-orang berprestasi dan kompeten saat melakukan seleksi penerima beasiswa. Lalu bagaimana caranya agar bisa lolos seleksi beasiswa ke Malaysia. Pelajari beberapa tips di bawah ini agar mimpimu kuliah di luar negeri lewat beasiswa bisa tercapai.

  • Punya Prestasi Akademik

Syarat mutlak yang harus kamu penuhi untuk bisa mendapatkan beasiswa di luar negeri adalah memiliki prestasi akademis yang mumpuni. Hal ini sudah jadi pakem nomor satu dalam tahapan seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur beasiswa. Oleh karena itu kamu harus mempersiapkan hal ini sejak duduk di bangku kelas 1 SMA.

Belajarlah dengan baik agar bisa menyabet nilai terbaik di tiap semesternya. Jika ada kesempatan untuk mengikuti berbagai kejuaraan akademis, alangkah lebih baik jika kamu ikut berpartisipasi dan berusaha memenangkan kompetisi tersebut.

  • Menguasai Bahasa Asing

Tiap negara pastinya punya bahasa yang berbeda untuk berkomunikasi. Walaupun Malaysia memiliki bahasa yang hampir mirip dengan Indonesia, namun bahasa Inggris juga menjadi bahasa sehari-hari bagi sebagian penduduk di sana. Oleh sebab itu kamu harus menguasai bahasa Inggris agar bisa dengan mudah beradaptasi di negeri perantauan.

Selain itu, pihak kampus biasanya juga memintamu untuk menyertakan hasil TOEFL dan IELTS sebagai syarat pengajuan beasiswa. Umumnya, rata-rata nilai TOEFL yang harus kamu penuhi adalah 550, sedangkan nilai IELTS yang memenuhi syarat yaitu diatas 6,5.

  • Menyertakan Surat Rekomendasi

Selain prestasi akademis, surat rekomendasi juga bisa menjadi jimat sakti untuk bisa mendapatkan beasiswa ke Malaysia. Kamu bisa meminta bantuan dari pihak sekolah seperti guru, wali murid, atau pelatih kelas ekstrakurikuler. Surat rekomendasi ini akan menjadi nilai tambah dalam pengajuan beasiswa karena memuat keterangan yang menunjukkan kredibilitasmu dari sudut pandang pihak sekolah.

  • Buat Motivation Letter yang Menarik

Salah satu syarat yang harus kamu kumpulkan saat pengajuan beasiswa adalah motivation letter. Dokumen ini merupakan sebuah esai yang mendeskripsikan kepribadian, tujuan hidup, latar belakang pendidikan, keahlian, dan harapanmu setelah lulus dari kampus tersebut. Melalui surat ini kamu harus menonjolkan kelebihan yang kamu miliki secara jujur dan apa adanya. Jadi, buatlah motivation letter sebaik mungkin agar esai yang kamu tulis berhasil dilirik penyedia beasiswa.

Daftar Universitas yang Membuka Beasiswa ke Malaysia

pexels thilipen rave kumar 1625603 - Dapatkan Beasiswa ke Malaysia dengan 4 Tips Berikut Ini!

Sumber: pexels

Jika kamu bersikeras untuk kuliah di Malaysia lewat jalur beasiswa, berikut adalah daftar universitas yang membuka program beasiswa baik untuk warga lokal maupun pelajar internasional di Malaysia.

  • Monash University Malaysia untuk Siswa Sarjana 2021
  • Beasiswa untuk Akademik, Olahraga, dan Seni di Kingsgate International School di Malaysia,
  • Program Sarjana dan Magister Universitas Heriot-Watt 2021 Malaysia
  • Universitas Teknologi Asia Pasifik – Malaysia
  • Beasiswa MMU Sports Excellence untuk Mahasiswa Malaysia dan Internasional, 2021
  • Program Pascasarjana Universitas AUN-DPP net Malaysia, 2021
  • Prodi Ekonomi Mahasiswa UQ Malaysia di Australia, 2021
  • Beasiswa Yayasan Jeffrey Cheah di Malaysia, 2021
  • Beasiswa Biaya Pendidikan LENGKAP di Kampus University of Nottingham, Malaysia
  • Program Gelar Penelitian Monash University Malaysia untuk Pelajar Malaysia dan Internasional, 2021
  • Program Pascasarjana untuk Mahasiswa Internasional di University of Technology di Malaysia, 2021
  • Prodi Teknik MAHSA untuk Siswa Internasional di Malaysia, 2021
  • Universitas Kedokteran Internasional untuk Siswa Asing di Malaysia, 2021
  • Program Pascasarjana Internasional di Universiti Putra Malaysia, 2021

Baca juga: Berapa Biaya Kuliah di Malaysia? Cek Informasinya Disini!

Demikian informasi penting yang bisa kamu baca tentang beasiswa ke Malaysia. Melalui artikel ini, semoga kamu bisa lebih siap dan punya referensi kampus mana yang akan dipilih untuk melanjutkan studi. Saat berhasil mendapatkan beasiswa di Malaysia nanti, gunakanlah aplikasi keuangan Qelola untuk mengatur berbagai transaksi keuanganmu secara online.

Melalui aplikasi ini kamu bisa kirim uang dari Malaysia ke Indonesia. Selain itu, kamu juga bisa bayar berbagai tagihan seperti listrik, air, BPJS, dan TV kabel. Fitur lainnya yang bisa kamu nikmati di aplikasi Qelola adalah kamu bisa beli pulsa atau kuota internet langsung dari hp. Rasakan kemudahan melakukan berbagai transaksi keuangan dengan mengunduh aplikasi Qelola disini.

Tags: , , , , , ,