Berapa Biaya Kuliah di Malaysia? Cek Informasinya Disini!

Universitas di malaysia

Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi tentu menjadi impian banyak orang. Apalagi jika bisa melakukannya di luar negeri, pastinya kamu akan merasa bangga dan mendapatkan pengalaman baru yang tak terlupakan. Namun, biaya kuliah yang harus kamu siapkan untuk bisa studi ke luar negeri pastinya tidak sedikit. Jika kamu berminat untuk mendaftar ke universitas negara lain, Malaysia mungkin bisa jadi opsinya.

Selain letaknya yang dekat dengan Indonesia, kedua negara memiliki budaya dan bahasa yang hampir sama. Oleh sebab itu kamu akan lebih mudah untuk beradaptasi di lingkungan yang baru. Selain itu, Malaysia juga punya beberapa kampus terbaik yang mematok biaya lebih rendah jika dibandingkan negara-negara maju lainnya. Nah, untuk kamu yang ingin mengambil program studi di Malaysia, berikut rincian biaya kuliah yang harus kamu ketahui.

Estimasi Biaya Kuliah di Malaysia

putting money coins saving glass bottle concept investment mutual fund finance business placed textbook content money saving education 700x467 - Berapa Biaya Kuliah di Malaysia? Cek Informasinya Disini!

Sumber: freepik oleh jcomp

Kualitas pendidikan di negeri Jiran sudah tidak perlu diragukan lagi. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa banyak orang Indonesia yang ingin menempuh pendidikan di Malaysia. Bahkan, 5 kampus di Malaysia masuk ke dalam 10 kampus terbaik di Asia Tenggara berdasarkan QS World University Rankings pada tahun 2018-2019. Besar kecilnya uang pendidikan yang harus kamu siapkan untuk belajar di Malaysia ditentukan oleh jenis kampus dan program studi yang dipilih. Nah, berikut adalah rincian biaya kuliah di negara Malaysia yang perlu kamu ketahui.

  • Universitas Negeri

Kampus negeri sering menjadi pilihan bagi mereka yang punya budget pendidikan terbatas. Tak jauh berbeda dengan di Indonesia, biaya kuliah di universitas negeri di Malaysia juga lebih ekonomis jika dibandingkan dengan kampus swasta. Namun, tiap-tiap jurusan tentunya punya biaya studi yang berbeda-beda. Apalagi jika mengambil jurusan kedokteran, pastinya kamu harus menyiapkan dana lebih walaupun memilih kampus negeri. Jika diambil rata-rata, biaya belajar di kampus publik Malaysia selama 4 tahun mencapai 145 juta sampai 290 juta rupiah.

Walaupun kampus negeri sering diremehkan, namun ada 5 kampus negeri di Malaysia yang justru masuk ke dalam top 10 universitas terbaik di Asia Tenggara. Kelima kampus tersebut adalah Universitas Malaya, Universitas Teknologi Malaysia, Universitas Putra Malaysia, Universitas Kebangsaan Malaysia, dan Universitas Sains Malaysia.

  • Universitas Swasta

Bukan rahasia lagi jika kampus swasta selalu menawarkan biaya kuliah dengan harga yang cukup fantastis. Namun, ada harga pastinya ada kualitas. Jika kamu berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan ke kampus swasta di Malaysia bersiaplah merogoh kocek dalam-dalam.

Biaya yang harus dibayarkan kira-kira mencapai 218 juta hingga 436 juta rupiah untuk masa studi 4 tahun. Namun, jika kamu ingin mengambil program kedokteran, biaya yang dibutuhkan bisa mencapai miliaran rupiah. Angka tersebut tentunya belum termasuk biaya hidup yang harus kamu keluarkan selama hidup di Malaysia.

Baca juga: Simak 7 Tips Kuliah di Malaysia, Yuk Persiapkan Mulai Sekarang!

  • Kampus Cabang Internasional

Selain universitas negeri dan swasta, di Malaysia juga terdapat kampus cabang internasional yang akan memberikanmu pengalaman belajar dengan skala dunia. Negara-negara seperti Inggris dan Australia adalah dua negara yang membuka kampus cabangnya di Malaysia. Kisaran biaya kuliah yang harus kamu siapkan untuk masuk ke kampus cabang asing adalah 335 juta hingga 727 juta rupiah.

  • Kampus dengan Twinning Program

Jika ingin merasakan pengalaman belajar sambil keliling dunia, kamu bisa memilih kampus yang menawarkan twinning program. Jika kamu mengambil program tersebut, pada dua tahun pertama pendidikan kamu akan belajar di Malaysia. Kemudian, pada dua tahun selanjutnya kamu akan dikirim ke negara lain di luar Malaysia. Biaya yang harus disiapkan pun juga sangat mahal, kamu harus mengantongi uang senilai 291 juta hingga 872 juta selama 4 tahun pembelajaran.

Selain memikirkan biaya kuliah, kamu juga harus memperkirakan biaya hidup yang harus kamu siapkan setiap bulannya. Beberapa biaya yang harus kamu pikirkan adalah biaya tempat tinggal, biaya makan dan juga transportasi. Selain itu, pengeluaran lain seperti listrik, air, dan komunikasi juga memerlukan biaya yang tidak sedikit. Belum lagi dengan dana darurat untuk berobat jika sewaktu-waktu sakit atau kebutuhan lain-lainnya.

Baca juga: Ketahui Cara Adaptasi yang Tepat Saat Kuliah di Luar Negeri

Hidup di negeri orang tentunya membuatmu harus bisa mengatur biaya kuliah dan biaya hidup dengan baik. Buat kamu yang ada di Malaysia, gunakanlah aplikasi keuangan Qelola untuk mengatur berbagai transaksi keuanganmu secara online. Melalui aplikasi ini kamu bisa kirim uang dari Malaysia ke Indonesia. Selain itu, kamu juga bisa bayar berbagai tagihan seperti listrik, air, BPJS, dan TV kabel.

Fitur lainnya yang bisa kamu nikmati di aplikasi Qelola adalah kamu bisa beli pulsa atau kuota internet langsung dari hp. Rasakan kemudahan melakukan berbagai transaksi keuangan dengan mengunduh aplikasi Qelola disini.

Tags: , , ,