Simak 7 Tips Kuliah di Malaysia, Yuk Persiapkan Mulai Sekarang!

tips kuliah di luar negeri

Kuliah di luar negeri menjadi impian sebagian orang di Indonesia. Kesempatan menuntut ilmu yang terbuka lebar membuat orang-orang berlomba meraihnya. Tentu perlu persiapan lebih jika Anda memutuskan kuliah di negeri orang. Simak tips kuliah di luar negeri sebelum berangkat dari Indonesia berikut ini agar Anda terhindar dari berbagai kesulitan nantinya.

1. Kenali Negara Malaysia, Tujuan Anda Belajar

reading young woman 1098 21321.jpg?size=626&ext=jpg&uid=A&ga=GA1.2.828127243 - Simak 7 Tips Kuliah di Malaysia, Yuk Persiapkan Mulai Sekarang!

Saat berkuliah di luar negeri, mau tidak mau Anda akan menetap bersama orang-orang asing yang baru Anda kenal di negara tersebut. Pelajari budaya-budaya yang berkembang di negara itu agar Anda tidak mengalami culture shock akibat perbedaan budaya. Pastikan Anda dapat dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru nantinya. 

Perbanyak informasi terhadap sistem pendidikan di luar negeri, lingkungan kampus, dan tempat tinggal yang akan Anda huni. Misalnya, mengenai kemudahan akses transportasi publik, kemudahan komunikasi, fasilitas publik yang tersedia hingga cuaca di sana. 

2. Ketahui Kuota untuk Mahasiswa Asing 

Malaysia menjadi salah satu negara tujuan favorit para mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan studi. Kuota penerimaan mahasiswa asing di universitas negeri di Malaysia tidak sebanyak kuota di universitas swasta. Kuota mahasiswa asing di universitas negeri hanya sekitar 5% dari total mahasiswa baru yang diterima. Sedangkan kuota mahasiswa asing di universitas swasta tidak ada batasan. Perlu diingat, selain bersaing dengan calon mahasiswa lokal dari Malaysia, Anda juga akan bersaing dengan calon mahasiswa dari negara asing lainnya, termasuk dari Indonesia sendiri.

3. Kesiapan Fisik dan Mental yang Baik

Tips kuliah di Malaysia selanjutnya adalah setiap calon mahasiswa harus memiliki fisik dan mental yang baik. Kesehatan menjadi modal utama untuk mendukung produktivitas Anda selama menuntut ilmu. Pastikan Anda mengenali informasi seputar kondisi lingkungan negara tujuan untuk menjaga kesiapan fisik dan ketahanan mental Anda selama belajar di negeri orang.

4. Asah Kemampuan dan Kefasihan dalam Berbahasa Asing

young females talking sitting couch 23 2148143188.jpg?size=626&ext=jpg&uid=A&ga=GA1.2.828127243 - Simak 7 Tips Kuliah di Malaysia, Yuk Persiapkan Mulai Sekarang!

Kemampuan dalam bahasa asing harus Anda asah dan kuasai sebelum berkuliah di luar negeri. Mahasiswa internasional dituntut untuk mampu dan fasih menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional atau bahasa nasional yang berlaku di negara tempat menuntut ilmu. Kemampuan dan kefasihan berkomunikasi dalam bahasa Inggris maupun bahasa asing lainnya ini akan membantu Anda selama bersosialisasi dan menyelesaikan kuliah di luar negeri.

5. Miliki Visa Belajar atau Student Pass

Semua mahasiswa asing yang kuliah di luar negeri wajib memiliki Visa Belajar atau Student Pass untuk izin belajar dan tinggal di sana. Berikut urutan untuk mendapatkan Student Pass di negara Malaysia.

  • Pastikan bahwa universitas yang Anda tuju telah mengantongi izin dari Ministry of Home Affairs untuk menerima pelajar asing.
  • Setelah mengantongi offer letter dari universitas, segera urus pembuatan VAL (Visa Approval Letter) di lembaga Education Malaysia Gloal Service (EMGS).
  • Setelah VAL terbit, selanjutnya buat Single Entry Visa (SEV) di kedutaan Malaysia. Visa ini berlaku selama tiga bulan, sebelum Anda mendapatkan Student Pass

Setelah membuat Student Pass, Anda juga perlu mengurus Student Bond atau Personal Bond. Dokumen ini semacam surat tanggungan biaya yang memuat pernyataan bahwa Anda telah memenuhi semua persyaratan keimigrasian untuk sekolah dan tinggal di negara tujuan. Jumlah deposito di dalam Student Bond bervariasi tergantung negara asal calon mahasiswa. Untuk mahasiswa dari Indonesia, biayanya sekitar RM500 atau sekitar Rp1.800.000. Nah, deposito ini akan dikembalikan jika masa kuliah Anda sudah selesai.

Baca Juga: Cari Tahu Info Tentang Biaya Kuliah di Malaysia Hanya di Sini

6. Lengkapi Persyaratan yang Dibutuhkan

office black document folders 144627 1733.jpg?size=626&ext=jpg&uid=A&ga=GA1.2.828127243 - Simak 7 Tips Kuliah di Malaysia, Yuk Persiapkan Mulai Sekarang!

Jika sudah memahami aturan dan menentukan universitas luar negeri mana yang akan dituju, selanjutnya Anda harus bersiap untuk memenuhi semua persyaratan. Anda harus mempersiapkan beberapa dokumen yang dibutuhkan dan siapkan selengkap-lengkapnya, seperti CV, surat referensi, visa belajar, dan juga motivation letter wajib disertakan dalam lamaran perguruan tinggi. Jadi pastikan Anda sudah melengkapi dokumen persyaratan dengan baik ya!

7. Belajar Mengelola Keuangan Sendiri

Tinggal dan menetap jauh dari orang tua dan orang terdekat akan membuat Anda harus mengatur segala hal secara mandiri, termasuk dalam hal keuangan. Mulai dari sekarang, latihlah diri Anda untuk menerapkan prinsip keuangan yang baik. Seperti bergaya hidup hemat, rajin menabung, membuat jurnal keuangan, dan lain sebagainya. Dengan memiliki kebiasaan baik tersebut, Anda akan lebih bisa mengatur keuangan sendiri untuk memenuhi segala kebutuhan hidup di luar negeri nantinya. Tidak hanya selama kuliah saja, kemampuan mengelola keuangan di luar negeri ini akan menjadi bekal ketika sudah mampu bekerja dan menghasilkan uang. 

Demikian ulasan mengenai berbagai tips kuliah di Malaysia. Selama menempuh pendidikan di Malaysia, keuangan menjadi satu hal pokok yang harus Anda kelola dengan baik. Percayakan layanan Qelola untuk mengatur biaya hidup Anda selama kuliah dan multi-billing payment untuk segala jenis tagihan bulanan yang harus Anda bayarkan. Unduh dan install aplikasi Qelola melalui smartphone Anda sekarang juga! Ajak teman-teman dan keluarga Anda juga untuk memanfaatkan layanan sesama pengguna aplikasi Qelola tanpa dikenai biaya administrasi saat kirim uang! Yuk, segera lakukan pendaftaran dan pengaktifan akun Qelola untuk melakukan kemudahan transaksi Anda. Dapatkan informasi lebih lengkap di sini.

 

Tags: , , , , , , , , , ,