6 Tips Ini Buat Motivation Letter Anda Berhasil Dilirik Penyedia Beasiswa

application essay

Saat mengajukan beasiswa baik di dalam atau luar negeri, Anda pasti diminta untuk membuat motivation letter. Surat ini harus dibuat semenarik mungkin karena bisa mempengaruhi diterima atau tidaknya lamaran beasiswa Anda. Sama halnya saat Anda membuat surat lamaran kerja ke perusahaan yang selama ini diimpikan, isi surat tersebut harus menjual sehingga pihak perekrut tertarik untuk meminang Anda sebagai karyawannya. Nah bagi Anda yang saat ini sedang kesulitan dalam merangkai kalimat untuk membuat motivation letter, simak tips dan contoh motivation letter berikut ini.

Pahami Apa Itu Motivation Letter

photo blank envelope wooden 93675 39140.jpg?size=626&ext=jpg&ga=GA1.2.1202749483 - 6 Tips Ini Buat Motivation Letter Anda Berhasil Dilirik Penyedia Beasiswa

Motivation letter sering disebut juga dengan istilah application essay. Surat ini adalah sebuah essay yang menceritakan siapa diri Anda, apa tujuan hidup Anda, background akademis, potensi yang dimiliki serta harapan di masa depan. Dengan kata lain, surat ini sebagai ajang promosi diri agar permohonan beasiswa Anda lolos seleksi. Layaknya sebuah kompetisi, surat ini harus dibuat dengan sungguh-sungguh.

Motivation letter secara tidak langsung juga mewakili jati diri Anda dalam bentuk tulisan. Tidak perlu bertele-tele dan mengada-ada, galilah potensi yang Anda miliki dan tulislah secara singkat dan padat. Ada beberapa hal yang bisa jadi pertimbangan dalam penulisan surat ini supaya berhasil dilirik. Pertama, gunakan tata bahasa dan kosa kata yang baik dan santun. Hindari typo atau kesalahan penulisan ya karena hal ini juga sangat mempengaruhi.

Kedua, usahakan surat yang Anda tulis bisa menginspirasi dan bukan biografi semata layaknya curriculum vitae. Agar esai Anda terlihat berbobot, tonjolkan skill yang Anda miliki dan tulislah berbagai pengalaman Anda di bidang sosial dan organisasi. Ketiga, pastikan tujuan Anda di masa depan berkaitan dengan bidang yang Anda geluti ya!

Baca Juga: 7 Keuntungan Memilih Kuliah di Luar Negeri yang Perlu Anda Tahu

Tips Membuat Motivation Letter Agar Dilirik

unrecognizable asian woman sitting cafe working laptop 1098 17167 - 6 Tips Ini Buat Motivation Letter Anda Berhasil Dilirik Penyedia Beasiswa

Nah karena nasib Anda ditentukan oleh surat yang bernama motivation letter ini, pahami dulu aturan-aturan cara membuatnya. Tips di bawah ini semoga membantu Anda agar bisa mendapatkan beasiswa ke luar negeri yang selama ini sudah diimpikan.

Ikuti Petunjuk di Dalam Guiding Question

Saat akan membuat motivation letter, biasanya sudah ada panduan atau guiding question yang harus Anda jawab. Berikan penjabaran yang sesuai dan mampu menjawab semua guiding question yang telah diberikan. Usahakan jangan melenceng dari aturan yang sudah ditetapkan atau malah tidak menulis sama sekali hal-hal yang berkaitan dengan guiding question.

Pakai Bahasa Baku

Walaupun bukan surat resmi, namun Anda tidak boleh sembarangan dalam menulisnya. Gunakanlah bahasa yang baku dengan tata bahasa yang baik dan benar. Perhatikan juga tanda baca dan jangan sampai salah ketik atau typo. Jangan latah untuk menyingkat kata yang menjadi yg dan kata adalah menjadi adlh seperti saat Anda sedang menulis chat dengan teman. Tulisan Anda harus mampu menggambarkan jiwa optimisme namun tidak meninggalkan kesan congkak.

Maksimalkan Batas Jumlah Kata

Tiap-tiap kampus atau penyedia beasiswa memiliki syarat masing-masing dalam menentukan batas jumlah kata walaupun sebenarnya tidak ada aturannya. Nah, usahakan kata-kata yang tertuang dalam motivation letter Anda sesuai dan pas dengan batas yang diisyaratkan. Agar penulisannya bisa maksimal, buatlah draft kasarnya terlebih dahulu. Apabila terlalu panjang Anda bisa merevisinya sedemikian rupa agar sesuai standar yang diinginkan pihak kampus.

Tonjolkan Kelebihan Anda

Sebelumnya sudah disinggung bahwa surat ini adalah ajang promosi Anda untuk menarik pihak penyedia beasiswa. Jadi jangan sampai Anda salah tulis dan menjerumuskan diri sendiri dengan menceritakan kekurangan atau kelemahan yang Anda miliki. Sebaliknya, tonjolkan segala kemampuan, kelebihan, dan bakat yang Anda miliki secara jujur agar pihak kampus yakin telah memilih orang yang tepat sebagai penerima beasiswa. 

Ceritakan Visi Anda

Motivation letter akan terlihat sangat menarik apabila Anda berhasil menggambarkan visi atau tujuan Anda di masa depan. Apalagi jika visi ini punya potensi 100% menjadi nyata melalui beasiswa yang Anda raih. Jadi pastikan visi atau tujuan hidup Anda nantinya sesuai dengan bidang yang ingin Anda pelajari. Buktikan bahwa tujuan Anda tersebut nantinya akan terwujud berkat beasiswa yang sedang Anda incar ini. 

Lakukan Proofread

Proses seleksi yang ketat membuat Anda harus memperhatikan secara detail setiap kalimat yang Anda tulis pada motivation letter. Pastikan Anda melakukan proofread atau baca ulang surat yang sudah Anda buat. Anda memang harus punya jiwa perfeksionis saat menulis surat ini karena kesalahan sekecil apapun bisa berakibat fatal. 

Penulisan kata dan pemilihan kalimat yang tidak tepat bisa Anda koreksi lagi jika melakukan proses proofread ini. Anda juga bisa minta pertolongan orang lain yang kompeten untuk menyempurnakan surat ini agar benar-benar bisa memikat penyedia beasiswa.

Demikian informasi tentang apa itu motivation letter dan bagaimana cara agar surat ini bisa menarik pihak penyedia beasiswa. Jika Anda berhasil lolos seleksi dan berangkat kuliah ke luar negeri, tentunya akan berpisah dengan keluarga di tanah air dalam waktu yang cukup lama. Untuk mengobati kerinduan Anda bisa bertukar kabar melalui panggilan telepon atau sosial media. Nah untuk pembelian pulsa dan kuota internetnya bisa Anda lakukan melalui aplikasi Qelola ya! Download aplikasi Qelola dan nikmati layanan menarik lainnya. Info selengkapnya bisa Anda baca di sini.

Tags: , , ,