Cara Belajar Efektif untuk Anak yang Belajar Secara Daring

belajar efektif

Di tengah pandemi seperti sekarang ini, aktivitas yang semula dilakukan secara normal harus beralih. Jika sebelumnya bekerja dan belajar di lakukan di kantor maupun di sekolah, kini semuanya dilakukan secara daring alias online. Bagi para pekerja, prakteknya disebut work from home (WFH). Sedangkan bagi para pelajar, prakteknya disebut dengan school from home (SFH). Sistem pembelajaran daring ini ditujukan demi menekan laju penyebaran wabah virus yang sedang marak. Lantas, bagaimana cara belajar efektif untuk anak-anak yang harus sekolah secara daring

Apa itu Belajar Secara Daring

qelola 15 1 - Cara Belajar Efektif untuk Anak yang Belajar Secara Daring

sumber: freepik

Pembelajaran daring adalah metode belajar berbasis teknologi dengan tetap melakukan tatap muka secara virtual dengan bantuan platform ataupun media tertentu. Di Indonesia misalnya, pembelajaran daring lebih akrab disebut dengan nama PJJ yang merupakan singkatan dari Pembelajaran Jarak Jauh. Di mana pedoman mengenai PJJ ini tertuang dalam Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020.

Terkait pembelajaran daring, ternyata fakta di lapangan tidak semudah yang diucapkan. Kendala teknologi disinyalir sebagai tantangan terbesarnya, terutama bagi guru dan siswa yang tinggal di pelosok desa. Sulitnya untuk mengakses jaringan internet dan tidak adanya perangkat yang mumpuni, mengharuskan mereka mengabaikan proses pembelajaran daring. Di lain sisi, kondisi di kota-kota besar justru dihadapkan pada mulai malas dan bosannya anak-anak untuk mengikuti pembelajaran secara daring. Jika sudah begini, apa yang bisa dilakukan agar pembelajaran daring bisa berjalan dengan efektif?

Tantangan Belajar Daring di Rumah

qelola 16 - Cara Belajar Efektif untuk Anak yang Belajar Secara Daring

sumber: freepik

Sistem pembelajaran secara daring memang tidak mudah, apalagi harus menggabungkan metode belajar baru dengan materi pembelajaran yang sudah berjalan. Sistem ini tentunya menimbulkan tantangan baru baik bagi guru, murid, maupun orang tua. Nah, sebelum mengetahui bagaimana cara belajar efektif saat belajar daring dari rumah, setiap orang tua perlu tahu apa saja tantangan belajar di rumah bagi anak-anak. 

  1. Suasana belajar kurang kondusif. Masalah ini mungkin menjadi yang paling sering anak-anak rasakan saat belajar di rumah. Tentunya, suasana belajar online di rumah yang tidak kondusif bisa membuat anak-anak susah konsentrasi untuk menyimak materi yang diberikan guru.
  2. Terlalu banyak tugas sekolah. Biasanya, beberapa guru cenderung membebani anak-anak dengan tugas yang menumpuk.
  3. Mudah mengantuk. 
  4. Salah satu tantangan terbesar yang harus dihadapi anak-anak saat belajar dari rumah adalah rasa jenuh.
  5. Kurangnya pendampingan dari guru. Padahal ada beberapa mata pelajaran tertentu membutuhkan pendampingan guru saat anak-anak merasa kesulitan memahami materi pelajarannya.

Dalam penerapannya, pembelajaran secara daring memang memerlukan metode-metode yang bervariasi agar mampu mencapai hasil yang diharapkan. Di lain sisi, variasi metode pembelajaran daring juga berfungsi untuk menciptakan antusiasme dari para pelajar terutama anak-anak yang masih duduk di Sekolah Dasar. Oleh karena itu, penting bagi guru dan orang tua untuk mengetahui metode belajar online yang nyaman dan mudah diikuti oleh anak-anak.

5 Cara Belajar Efektif Saat Belajar Daring

qelola 13 1 - Cara Belajar Efektif untuk Anak yang Belajar Secara Daring

sumber: freepik

Lantas, apa yang perlu dilakukan untuk membuat pembelajaran daring semakin efektif dan menyenangkan? Berikut ini 5 tipsnya. 

  1. Cara yang paling tepat diterapkan untuk merancang cara belajar yang efektif dan menyenangkan adalah menyiapkan ruang belajar yang nyaman.
  2. Seluruh anggota keluarga sebaiknya tidak mengganggu anak-anak saat belajar online di rumah.
  3. Menjaga komunikasi dengan guru juga sangat penting untuk dilakukan. Tujuannya adalah agar anak-anak mendapatkan solusi dan cara belajar yang menyenangkan. Guru yang baik akan senang mendengarkan keluhan dan masalah yang dihadapi para siswanya.
  4. Membuat jadwal yang seimbang antara waktu belajar, istirahat, makan, bermain, olahraga, dan lainnya. Dengan begini, anak-anak bisa tetap belajar sambil menjaga kesehatan fisik dan mentalnya.
  5. Untuk mengatasi rasa jenuh anak-anak belajar online di rumah, salah satu solusinya adalah membuat kelompok belajar kecil bersama teman-teman sekelas. Kelompok belajar ini bisa dimanfaatkan untuk belajar online atau belajar kelompok di salah satu rumah anggota kelompok belajar tersebut.

Itu dia 5 cara belajar efektif untuk anak-anak yang bisa diterapkan selama belajar dari rumah. Meskipun tidak mudah, namun setiap orang tua memang dituntut untuk mendukung dan mendampingi anak selama belajar dari rumah. Dengan begitu, anak-anak tidak akan merasa terisolasi dan tidak kekurangan perhatian. Pasalnya, sistem belajar daring membuat anak-anak kurang pendampingan dari guru-gurunya. Sehingga orang tua lah yang harus mendampingi anak. 

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Work From Home dan Tips Menjalaninya dengan Nyaman 

Pakai aplikasi Qelola untuk memenuhi kebutuhan berbagai macam transaksimu. Mulai dari kirim uang antar negara, beli pulsa, bayar tagihan, dan lainnya. Dengan Qelola, kamu tidak lagi pusing kalau kuota internet habis saat anak-anak harus belajar secara daring. Karena kamu bisa transaksi pakai Qelola kapan dan di mana saja. Cukup unduh aplikasinya di Google Playstore lalu registrasi, kamu sudah bisa menikmati segala fiturnya. Sekarang giliranmu, untuk bergabung dengan pengguna Qelola lainnya.

Tags: , , , ,