Sebelum Kuliah Online, Simak Dulu Pertimbangannya di Sini!

Kuliah Online

Melakukan berbagai aktivitas secara online kini tak lagi jadi hal yang aneh. Bekerja online, berbelanja online, hingga pendidikan dan kuliah online, semua bisa dilakukan selama terhubung dengan jaringan internet aktif dan stabil. Tentu untuk Anda yang sudah bekerja dan tetap ingin mengembangkan diri, kuliah secara online bisa jadi satu pilihan yang tepat mengingat waktu kuliah yang bisa disesuaikan dengan waktu bekerja Anda.

Nah, dalam memilih kuliah online yang tepat, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Sederhana, tujuannya agar kuliah yang Anda lakukan tidak sia-sia dan membawa manfaat sesuai dengan harapan. Terlebih jika Anda bekerja di luar negeri, maka perhitungan pada kualitas, biaya, serta waktu kuliah harus dilakukan dengan cermat.

Untuk membantu Anda memilih tempat kuliah yang tepat, berikut ada beberapa pertimbangan yang bisa Anda cermati.

Cermat Memilih Jurusan Kuliah dan Passion

Untitled design1093 - Sebelum Kuliah Online, Simak Dulu Pertimbangannya di Sini!

Ketika Anda sudah bekerja, waktu yang Anda miliki akan banyak terkuras oleh pekerjaan yang Anda lakukan. Maka dari itu, penting untuk memilih jurusan kuliah yang tidak asing, sehingga akan meningkatkan efektivitas waktu kuliah yang Anda lakukan. Sesuaikan jurusan kuliah yang Anda ambil dengan ilmu yang Anda miliki atau ilmu yang Anda butuhkan.

Setelah mendapatkan gambaran, Anda juga wajib memasukkan passion Anda. Kuliah di bidang yang benar-benar diminati akan membuat Anda tetap bersemangat menjalaninya meski fisik sudah lelah bekerja. Idealnya, dengan semangat belajar yang tinggi manfaat keilmuan dan praktis bisa didapatkan dengan baik. Jadi dua hal ini wajib jadi pertimbangan pertama.

Jangan Terburu-Buru

Dalam memilih kuliah online yang akan Anda masuki, pastikan dulu Anda benar-benar menginginkan jurusan atau kampus tersebut. Jangan terburu-buru menentukan pilihan, karena banyak pilihan kuliah online yang bisa dilakukan. Ambil waktu sejenak untuk melakukan riset sederhana mengenai fasilitas, pilihan jurusan, prospek keilmuan, dan kesempatan lainnya.

Jangan sampai kamu salah memilih jurusan dan kampus karena kamu terburu-buru. Misalnya saja seperti di Malaysia, sangat banyak kampus yang bisa menjadi pilihan kuliah online. Bandingkan satu per satu fasilitas dan prospek yang ditawarkan, dan pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Biaya yang Harus Dikeluarkan

Untitled design1092 - Sebelum Kuliah Online, Simak Dulu Pertimbangannya di Sini!

Kuliah tentu tak akan lepas dari besaran biaya yang harus dikeluarkan. Mengingat Anda juga sedang bekerja, tentu ada penyesuaian yang harus dilakukan pada anggaran belanja bulanan. Jangan lupa pastikan biaya kuliah yang harus dikeluarkan agar tidak membuat pengeluaran Anda ‘bocor’ atau benar-benar tidak terkontrol.

Tidak sedikit sebenarnya kuliah online yang mematok biaya terjangkau. Anda hanya perlu melakukan sedikit riset kecil, seperti yang disampaikan pada poin kedua tadi, untuk mendapatkan yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Persiapkan Syarat dan Berkas yang Diperlukan

Setelah semua pertimbangan dilakukan dan Anda sudah menemukan kampus yang dirasa cocok, Anda akan melanjutkan ke tahap selanjutnya yakni persiapan berkas dan syarat administrasi. Ketika Anda berencana melanjutkan kuliah, jangan lupa untuk membawa segala berkas diri yang dimiliki. Meski Anda bisa mengirimkannya di kemudian hari, namun ada baiknya jika berkas-berkas ini dibawa sejak awal.

Syarat dan berkas administrasi biasanya bisa ditemukan di situs resmi dari kampus yang Anda tuju. Pastikan tidak ada berkas yang terlewat sehingga proses pendaftaran tidak akan terhambat. Jangan lupa juga untuk mengurus legalitas status kemahasiswaan jika nantinya Anda diterima di kampus yang Anda inginkan.

Internet Stabil dan Perangkat Pendukung yang Diperlukan

Untitled design1091 - Sebelum Kuliah Online, Simak Dulu Pertimbangannya di Sini!

Kuliah online sedikit berbeda dengan kuliah konvensional, karena akan memerlukan beberapa perangkat pendukung untuk proses perkuliahannya. Setidaknya, Anda memerlukan jaringan internet yang stabil, perangkat laptop atau komputer, dan perangkat headset sehingga kuliah dapat berjalan dengan lancar.

Untuk menunjang proses belajar mengajar yang efektif, perangkat ini sebaiknya dimiliki. Memang tidak kemudian jika Anda tak memiliki perangkat ini kuliah benar-benar tidak bisa dilakukan, namun efektivitasnya tentu akan menurun. Pastikan dahulu beberapa perangkat pendukung yang diperlukan agar kuliah yang Anda inginkan bisa membawa hasil terbaik untuk kehidupan dan karir Anda.

Baca Juga: Apa Saja yang Wajib Disiapkan untuk Mendapatkan Beasiswa S2 Luar Negeri?

Kuliah online sebenarnya juga sudah dilakukan sejak sebelum masa new normal. Banyak di antara kaum pekerja yang memanfaatkan konsep kuliah ini sehingga mereka tetap dapat menimba ilmu sembari bekerja. Waktu kuliah yang fleksibel menjadi alasan utama, karena pekerja juga tidak harus hadir di lokasi kuliah pagi atau siang hari.

Untuk Anda yang tertarik melaksanakan kuliah online, ada baiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu untuk memantapkan pilihan. Sama seperti konsep kuliah online yang dimaksudkan untuk memudahkan Anda yang bekerja, pengiriman uang juga kini bisa dilakukan secara online dari Malaysia ke Indonesia. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi Qelola di sini, dan kemudian Anda dapat memanfaatkan setiap fitur yang ada di dalamnya. Semoga kuliah dan pekerjaan Anda lancar ya!

 

Tags: , , , , , , , , , , , ,